Rumput adalah salah suatu jenis tanaman penutup tanah yang paling umum digunakan, terutama untuk taman. Karena rumput adalah jenis tanaman yang paling bagus serta punya beberapa fungsi.
Selain bisa menyerap  air juga untuk mengurangi debu yang dari tanah yang berterbangan tertiup angin. Selain itu menutup tanah dengan rumput juga akan membuat tampilan taman makin eksotis,Simak saja artikel ini tentang macam jenis rumput taman.

Manfaat Taman Di rumah Kamu

Beberapa manfaat taman rumah antara lain sebagai berikut:

• Taman yang ada tanaman hidup memunculkan keseimbangan terhadap rumah yang dibangun dengan batu atau semen. Keseimbangan ini sangat penting untuk membuat rumah menjadi terasa lebih nyaman dan nyaman sebagai tempat tinggal.

• Tanaman yang memiliki taman akan memberikan dampak yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi penghuni rumah. Terlebih jika kita tinggal di daerah perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat daerah ini, taman dapat berperan untuk penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang sangat menyehatkan.

• Taman juga berguna sebagai wahana rekreatif yang cukup bermanfaat bagi anggota keluarga. Apalagi bila luas eksterior taman cukup besar untuk bermain atau berkumpul bersama keluarga, tentu berguna untuk meningkatkan komunikasi dan kedekatan,Baca juga tentang Macam jenis taman dan pengertianya.

Berikut Macam Jenis Rumput Taman :

1. Rumput Gajah Mini

macam jenis rumput taman

Sesuai namanya, model rumput gajah mini adalah jenis merupakan varian jenis rumput gajah yang berukuran agak lebih kecil. Jenis rumput ini yang paling mudah dipilih oleh para desainer dan interior karena ukurannya yang cukup pas untuk  desain taman di rumah, terutama di halaman rumah minimalis yang berukuran lebih kecil.

Jenis rumput ini mempunyai karakter yang sangat unik yaitu pola pertumbuhan yang menyamping. Jadi, berukuran daun yang tidak tinggi dan lebih condong merayap ke samping yang menjadikannya tidak usah pemangkasan rutin. Banyak yang menjadikan jenis rumput gajah mini menjadi jenis rumput favorit karena tidak memerlukan banyak perawatan, tahan cuaca, dan harganya yang terjangkau.

2. Rumput Gajah Mini

macam jenis rumput taman

Model rumput ini bisa disebut juga rumput gajah mini putih. Jika dipandang dari segi ukurannya, model rumput gajah varigata mepunyai ukuran yang menyerupai dengan rumput gajah mini biasa, hanya saja terdapat garis-garis putih pada jenis rumput gajah varigata ini.

Dari segi karakteristik, tanaman rumput gajah mini varigata juga cukup tahan terhadap cuaca dan minim perawatan. Akan tetapi, karena berukuran yang cukup unik, model rumput ini umumnya sedikit lebih mahal sedangkan jenis rumput gajah mini biasa.

3. Rumput Gajah Besar

 

Masih tentang jenis rumput gajah yang sama, jenis rumput gajah besar yang berukuran lebih besar dan sering dijumpai di lahan lapangan bola atau halaman rumah yang berukuran besar dan luas. Ukurannya yang besar memiliki jenis rumput gajah besar lebih tahan dan kuat terhadap pijakan kaki manusia.

Perawatanya model rumput gajah besar cukup mudah karena kamu tidak perlu terlalu sering untuk menyiraminya dengan air, cukup sesekali saja secara rutin jangan terlalu sering. Walaupun memiliki ukuran yang besar, harga model rumput ini tetap cukup terjangkau, lho!

4. Rumput Manila

Jenis rumput Manila ini merupakan jenis rumput ZM yang biasanya sering digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola. Jenis rumput ini termasuk dan berkualitas tinggi dengan adanya warna hijaunya yang pekat dan elastisitas yang baik. Kekuatan jenis rumput Manila juga cukup tinggi dan tahan terhadap pijakan kaki manusia.

Meski begitu, jenis rumput ini membutuhkan perawatan yang rutin. Kamu harus memberikan pupuk, memangkas, dan menyiraminya dengan air secara rutin agar bisa tumbuh sempurna.

Jenis rumput Manila mampu tumbuh di tanah berpasir dan sangat ideal untuk mengurangi erosi. Buat kamu yang punya budget ekstra, jenis rumput Manila ini bisa dijadikan pilihan untuk pekarangan rumah impian.

5. Rumput Peking

 

Hampir mirip dengan jenis rumput jepang ini, jenis rumput peking ini lebih tampil kurus, runcing, dan rapi. Umumnya, jenis rumput peking tumbuh lebih jarang sedangkan jenis rumput Jepang.

Jika tidak terjaga perawatanya, maka jenis rumput peking bisa tumbuh lebih lebat dan bagian bawahnya akan menguning karena sering tidak terkena cahaya matahari. Jenis rumput peking ini lebih sering ditanam di bagian yang tidak dilalui pijakan kaki manusia agar terhindar.

Kunjungi juga artikel tentang Jenis Jenis Pakan Ternak Bebek.

Demikian informasi tentang Macam macam jenis rumput taman yang dapat saya sampaikan,Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.