Kerajinan Tangan dari Sendok Plastik – Sendok plastik tentu bukan barang yang sulit ditemukan. Kamu bisa membelinya di mana saja, bahkan harganya juga sangat terjangkau. Selain berguna untuk makan, sendok plastik juga bisa difungsikan sebagai barang lain yang bisa mempercantik hunianmu.

Nah, di artikel ini bakal ada cara membuat kerajinan tangan dari sendok plastik. Bahkan, untuk membuatnya saja kamu hanya butuh waktu sebentar kok.

Kerajinan Tangan dari Sendok Plastik – Lampu Hias

kerajinan tangan dari sendok plastik

Lampu Hias merupakan salah satu kerajinan yang sering sekali dibuat menggunakan barang bekas sebagai bahan utamanya. Dan ternyata sendok plastik ini juga bisa dibuat menjadi sebuah lampu hias yang unik dan sangat indah.

Bentuk yang dihasilkan oleh sendok plastik ini menyerupai buah nanas yang ketika digantung kemudian lampunya dinyalakan itu memberikan kesenangan tersendiri. Bentuk lampu hias seperti ini masih sangat jarang sekali yang membuatnya.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Sendok makan plastik bekas yang banyak. Boleh yang berwarna warni kalau ada.
  • Cutter atau silet / Gunting.
  • Botol plastik besar / Toples plastik.
  • Lem tembak.
  • Lampu dan sangkarnya.
  • Kabel listrik dan colokannya.

Langkah Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik – Lampu Hias :

  1. Langkah pertama, potonglah gagang sendok plastik menggunakan cutter atau silet, gagangnya sisakan sedikit dari gagang sendok plastik tadi, untuk pegangan.
  2. Langkah kedua, ambillah botol plastik yang besar kemudian belah dua sesuai dengan ukuran yang anda kehendaki, bagian atas dari botol plastik yang anda perlukan sisanya, bisa anda buang atau mau dipakai untuk variasi juga bisa, namun bagi anda yang baru belajar lebih baik tak digunakan.
  3. Langkah ketiga, ambillah lem tembak, kemudian gunakan pada gagang sendok yang sedikit tadi dengan lem, kemudian tempel sendok secara perlahan ke botol bekas, yang tadi anda sudah belah. Dimulai dari bawah kemudian terus mengelilingi hingga botol plastik tadi tertutupi dengan sendok secara sempurna.
  4. Langkah ke empat, ambillah kabel dan masukkan dari bawah botol plastik tadi secara perlahan, sambungkan colokan dan sangkar lampu setelah itu, panjang kabel sesuaikan dengan jarak lampu yang ingin di pasang.
  5. Sesudah terpasang semua, langkah terakhir adalah memasang bohlam lampu, lalu lampu hias sendok buatan kalian sudah menyala dengan indah.

Peluang Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Sebuah Kerajinan

Muhammad Baedowy adalah salah satu pengusaha sukses dari bisnis daur ulang sampah plastik. Ia adalah pemilik CV Majestic Buana yang sudah 13 tahun bergelut dalam bisnis ini. Sudah tentu, pendapatannya per tahun tidaklah sedikit, mencapai hingga miliaran rupiah.

Salah satu alasan ia terjun di bidang pengolahan sampah plastik adalah karena bidang ini memiliki risiko yang minim dengan potensi yang masih sangat besar. Laporan CNN Indonesia, pada tahun 2018 ada sebanyak 350 ton yang terdiri hanya dari sampah botol plastik saja. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 216 ribu ton saja yang berhasil didaur ulang kembali.

Selain itu, Indonesia masih sangat bergantung pada plastik untuk berbagai kebutuhan. Tidak heran, Indonesia pun jadi negara dengan produksi sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah China. Dihitung secara rata-rata, Indonesia memproduksi 175 ribu ton sampah plastik per hari atau sekitar 63,9 juta ton sampah plastik per tahun.

Sebagian besar plastik tersebut masih belum diolah dan didaur ulang dengan baik karena kurangnya orang yang bergelut di bidang ini. Modal yang dibutuhkan untuk memulasi bisnis ini pun terbilang masih cukup terjangkau dibandingkan dengan usaha-usaha modern seperti waralaba minuman kopi misalnya. Hanya dengan modal belasan juta, anda sudah bisa memulai bisnis daur ulang sampah plastik dengan lancar.

Itulah kerajinan tangan dari sendok plastik, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mencacah sampah plastikmu. Kamu juga bisa tau kerajinan dari sendok plastik dengan sangat simpel. Selamat mencoba!