Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang Kerajinan Limbah Plastik Sederhana Namun Berfaedah. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Sampah plastik merupakan jenis bahan yang paling sulit diuraikan oleh tanah, memerlukan waktu hingga ribuan tahun untuk benar-benar menghilangkan zat plastik di tanah. Oleh sebab itu, kita harus dapat memanfaatkan plastik bekas menjadi barang yang berguna.

Botol plastik bekas maupun kemasan apapun bisa kita daur ulang menjadi barang-barang yang bermanfaat. Dengan sedikit kreatifitas bekas sampah tersebut dapat kita sulap menjadi tas atau mainan yang bermanfaat bagi kita dan anak kita.

Berikut ini adalah cara memanfaatkan plastik menjadi barang-barang kerajinan bermanfaat yang tidak kalah menarik dari barang biasa.

Membuat Kerajinan Dari Plastik Sederhana Menjadi Tas Lucu

Kerajinan Limbah Plastik Sederhana

Sebagaimana yang sudah nampak di gambar, kita dapat memanfaatkan kemasan plastik bekas untuk membuat tas. Tentu saja, tidak semua bisa membuat bermacam kerajinan dari plastik dapat digunakan.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan Membuat Tas Plastik :
  • 4 plastik kemasan 450 ml dengan corak dan warna yang senada (2 buah lagi untuk sisi kiri dan kanan, 2 buah untuk sisi depan dan belakang).
  • ¬†50 cm bisban dengan menggunkan ukuran lebar 3 cm untuk bagian tali tas.
  • 1 meter bisban dengan ukuran lebar 2 cm.
  • Empat cm perekat.
  • 30 cm renda katun sebagai pemanis.
  • Jarum (ukuran 16) dan benang jahit berwarna senada.
Langkah Cara Membuat Tas Dari Plastik Bekas :
  1. Bersihkan kemasan plastik menggunakan kertas tisu basah, kalau tidak ampuh, rendam mengunakan air hangat kurang lebih 30 menit.
  2. Guntinglah 2 buah kemasan dengan ukuran sesuai yang diinginkan.
  3. potong 2 kemasan lain (untuk sisi kiri dan kanan) menjadi dua bagian lebarnya (7cm). Jahitlah bisban di bagian kemasan yang sudah dipisahkan.
  4. Pasanglah dan jahit perekat dengan memakai mesin jahit pada bagian plastik yang akan digunakan sebagai penutup tas.
  5. gabungkan dan jahit bisban dengan lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi kanan dan kiri), untuk digunakan sebagai tali tas.
  6. Selanjutnya pasang dan jahit renda katun sekaligus bisban di sisi atas lembar plastik kemasan. terus dengan langkah ini di kemasan plastik untuk sisi belakang dan depan.
  7. Hubungkan kedua kemasan plastik yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang.
  8. Sambungkan dan satukan dengan jahitan mesin, bagian tadi (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.
  9. Lalu pasang bisban pada seluruh tepinya. Tas pun sudah siap untuk digunakan.

Cara yang sama juga dapat anda lakukan untuk tas yang berukuran lebih besar, lho. Tinggal ganti ukurannya saja.

Inovasi Kreatif Dengan Kerajinan Dari Plastik 

Memang banyak sekali cara membuat kerajinan dari plastik yang bisa kita buat menggunakan bahan bahan bekas, seperti dari plastik.

Dengan kita selalu membuat hal-hal unik seperti ini jadi kita akan dapat semakin melatih inovasi kita. Tetapi jangan lupa jika kita menggunakan bahan-bahan bekas seperti botol plastik yang berbahan Polythylene terephthalate bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan sangat berbahaya jika dihirup.

Di tangan orang-orang kreatif barang barang sampah bisa disulap menjadi kerajinan tangan bahkan bisa sampai memiliki nilai jual yang tinggi. Jika kita dapat terus mengasah skill kita menggunakan kerajinan tangan tersebut terlebih lagi jika kreatifitas kita semakin berkembang, maka tidak menutup kemungkinan bahwa barang yang kita buat nantinya mempunyai nilai jual yang tinggi.

Itulah ulasan tentang Kerajinan Limbah Plastik Sederhana Namun Berfaedah. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.