Kerajinan dari Plastik Mudah

Artikel yang akan membahas seputar dunia kerajinan dari plastik mudah dan tanpa ribet untuk kamu para pemula seni khususnya seni bernilai jual.  Mendaur ulang plastik akan menjadi pilihan utama dalam pencegahan

Kerajinan dari Plastik Mudah

Kerajinan dari barang bekas merupakan alternatif untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai, sehingga menjadi kerajinan tangan yang unik dan menarik, bahkan bernilai jual tinggi. Apalagi banyak yang memandang sebelah mata barang bekas, bahkan ia bisa saja dijual sangat murah atau dibuang. Akan tetapi, jika barang tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif, tentu saja bisa menjadi barang berharga yang bernilai jual tinggi.

Selain itu, kerajinan tangan adalah upaya untuk memanfaatkan kembali barang bekas tersebut. Tentu saja lewat bentuk-bentuk kreativitas kerajinan yang bernilai guna. Di tengah-tengah masyarakat sendiri, kerajinan tangan barang bekas saat ini sudah menjadi trend karena selain memberikan nilai ekonomis, penggunaan barang bekas pun dapat meminimalisir penumpukan sampah plastik yang ada. Nah, Kami akan memberikan ide kreatif kerajinan dari barang bekas yang bisa dijadikan dekorasi anak kost di bawah ini!

Kerajinan Barang Bekas Kreatif yang Mudah Dibuat

kerajinan dari barang bekas

Kerajinan Tangan dari Bahan Kardus Bekas

Sampah plastik semakin hari kian semakin menumpuk. Inilah yang tentu saja bisa memberikan dampak buruk untuk lingkungan sekitar. Oleh karena itu, banyak masyarakat mulai meminimalisir pemakaian plastik yang sekali pakai, yaitu dengan membuat tas belanja sendiri.

Tas belanja bisa menjadi alternative Kamu karena bisa diproduksi dari hasil kerajinan tangan. Adapun bahan utama tas belanja yang bisa Kamu buat ialah dari kardus bekas, ini artinya tas tersebut lebih praktis dibuat, murah, dan juga ramah lingkungan. Bahkan cara pembuatannya juga sangat simpel.

Jika Kamu ingin membuat tas ini, hanya tinggal membentuk kardus tadi menjadi berbentuk balok yang satu sisinya dibuat terbuka. Lalu lapisi permukaan pada tas tersebut menggunakan kertas kado, dan jahit di tiap bagian yang bertemu supaya lebih kokoh.

Selain itu, jangan lupa pula untuk menambahkan tali ke dalam tas supaya Kamu bisa dengan mudah membawanya. Tali tersebut dapat terbuat bahan tali rafia.

Kerajinan ini bisa digunakan untuk kamu belanja atau membawa beberapa pernak-pernik saat kamu ingin pindah kost misalnya.

Kerajinan Tangan Berbentuk Bingkai Kaca

Tahukah Kamu jika CD sebenarnya terbuat dari gabungan material plastik dan aluminium? Ya, kita tahu bahwa kedua bahan tersebut bernilai tinggi jika dijadikan sebagai produk kerajinan tangan. Nah, dengan melakukan daur ulang kepingan CD tentu saja Kamu bisa ikut mengurangi potensi terjadinya kerusakan pada bumi.

Sebab pembuangan CD bisa membuat tanah akan sulit mendegradasi atau menguraikan kedua bahan tadi. Adapun salah satu upaya untuk memanfaatkannya ialah dengan cara menempelkan kepingan CD ke dalam bingkai kaca. Maka dijamin kaca tersebut akan bernilai seni tinggi dan juga menjadi bentuk yang menarik.

Jika Kamu memotong CD tersebut menjadi bagian terkecil, selanjutnya tempelkan potongan CD tadi dengan rapi agar hasilnya pun semakin indah.

Lampu Hias dari Botol Bekas

Kerajinan barang bekas lainnya ialah membuat lampu hias dari botol bekas. Sering kita jumpai bahwa lampu hias yang dijual di pasaran harganya cukup fantastis. Namun kini Kamu tak perlu lagi khawatir, sebab sebenarnya Kamu dapat menciptakan lampu hias dari botol bekas di sekitar rumah. Nah, caranya sangat sederhana, Kamu cukup memotong bagian sisi belakang pada botol lalu susun sampai menyerupai bentuk bunga. Bagaimana, sangat simpel bukan?

Sesudah itu, resleting tadi langsung dilem sampai kedua bagiannya menjadi satu. Nah, kerajinan tangan ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu hadiah untuk anak atau adik Kamu agar mereka lebih rajin menabung.

Lampu Tidur Berbentuk Burung Hantu

Nah, dekorasi anak kost lainnya yang bisa Kamu buat ialah lampu tidur berbentuk burung hantu. Adapun yang Kamu perlukan di sini ialah botol plastik dari bekas kemasan minuman bersoda yang berukuran 1 liter. Lalu potong botol tersebut menjadi 2 bagian. Pakai bagian bawahnya, mewarnai botol menggunakan cat berwarna putih atau hitam, kemudian gambar bentuk pola wajah dari burung hantu.

Kamu bisa memotongnya sesuai pole memakai silet. Kemudian lukis detail pada garis-garis burung hantu. Selanjutnya pasang lampu LED pada botol tersebut. Nah, mudah kan?

Kotak Perhiasan dari Kardus Bekas Kapur Tulis

Jika Kamu anak kost yang juga mengajar bimbel tapi masih menggunakan media kapur tulis, tak ada salahnya lho memanfaatkan kardus bekas kapur tulis untuk dijadikan kotak perhiasan cantik. Selain itu, pastikan Kamu memiliki aksesoris kecil, berupa kalung, anting atau gelang. Kamu pun bisa membuat kotak perhiasan cantik di atas meja rias.

Adapun yang Kamu butuhkan untuk membuat tempat perhiasan ini ialah dus bekas kapur tulis, lem, gunting, sedotan, aksesoris, dan tambahkan kreativitas Kamu.

Pertama, Kamu bisa gunting sedotan yang sudah dipersiapkan sebelumnya sesuai ukuran kardus bekas kapur tulis. Kemudian tempelkan potongan demi potongan sedotan tadi ke seluruh bagian permukaan kardus sampai tertutup sempurna.

Baru sesudah itu, Kamu bisa memberi hiasan atau aksesoris sesuka hati. Tempelkan 2 buah kancing di sisi depan dan atas kotak tersebut, kemudian tambahkan rantai kecil. Nah, rantai inilah yang berguna untuk pengunci kotak agar selalu tertutup rapat.

Celengan Unik dari Botol Bekas

kerajinan dari barang bekas

 

Celengan unik yang terbuat dari bahan botol bekas juga sangat kreatif sekaligus bernilai guna. Caranya pun sangat mudah, Kamu hanya memakai 2 pantat botol bekas saja, lalu keduanya dapat disambungkan menggunakan resleting.

Kerajinan Tangan dari Bahan Batok Kelapa

Batok kelapa adalah salah satu jenis barang  bekas yang bisa dikreasikan sebagai benda-benda seni bernilai jual tinggi. Tidak hanya menarik dan mudah diperoleh, tapi cara mengkreasikan bahan batok kelapa juga cukup mudah.

Dimana Kamu bisa membuat celengan yang berbentuk babi ini untuk dijadikan sebagai souvenir pernikahan. Tidak hanya bentuknya yang terlihat unik saja, tetapi celengan yang satu ini juga menawarkan kegunaan yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari, yakni menyimpan uang.

Adapun cara membuat kerajinan barang bekas ini yaitu dengan cara menyatukan 2 buah batok kelapa memakai lem sampai membentuk bola. Kemudian bentuk lubang pada bagian atasnya sebagai tempat untuk masuknya uang.

Sesudah itu, Kamu bisa amplas bagian permukaan batok supaya lebih halus, dengan begitu cat plitur bisa menempel sempurna pada batok kelapa. Sesudah dicat dan diamplas, bisa beri hiasan berbentuk hidung, mata dan telinga. Jadilah kerajinan tangan dari bahan batok kelapa yang bisa dijadikan hiasan di kamar kosan kamu.

Bunga Lavender dari Bahan Sedotan Plastik

Kamu tentu pernah memakai sedotan plastik, kan? Nah, ternyata sedotan plastik yang biasanya langsung dibuang ini dapat diubah menjadi kerajinan tangan bunga lavender cantik lho!

Untuk pembuatannya itu sendiri, Kamu harus mempersiapkan sedotan yang berwarna putih, hijau, dan biru. Dimana sedotan biru ini nantinya akan dijadikan kelopak bunga lavender, sementara sedotan putih sendiri dapat dijadikan sebagai tangkainya.

Langkah pertama, Kamu bisa ambil sedotan berwarna biru, kemudian gunting pada salah satu bagian atau sisinya sampai ke sisi lainnya. Namun harus perlahan melakukannya, jangan sampai Kamu memutuskan sedotannya. Cara ini bisa dilakukan sampai ujung bagian sedotan.

Lalu, Kamu bisa menempelkan double sided tape di ujung sedotan yang berwarna putih sesudah membentuk potongan berumbai di salah satu bagian ujung sedotan.

Selanjutnya sedotan biri dililitkan pada sedotan berwarna putih memakai double sided tape. Kemudian gunting sedotan berwarna hijau sampai membentuk daun.