Terima kasih telah berkunjung!!! artikel ini berisi tentang cara membuat Kerajinan Dari Limbah Plastik Kopi Yang Lucu . Siapa tahu setelah membaca artikel ini anda bisa membuka bisnis sendiri dengan bahan plastik, ya sudah kita langsung bahas saja ya, berikut pembahasannya.

Menjamurnya usaha warung kopi di kampung-kampung tidak diimbangi dengan pengelolaan sampah plastik sachet minuman. Biasanya, plastik-plastik tersebut dibuang atau dibakar begitu saja tanpa memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan sekitarnya.

Cara Membuat Kerajinan Dari Limbah Plastik Kopi Menjadi Dompet

Kerajinan Dari Limbah Plastik Kopi

Nah Sekarang ini kita akan menciptakan dompet dari bungkus kopi. Di simak ya,, 🙂

Bahan-bahan :

  • Siapkan bekas bungkus kopi setidaknya 98 bungkus atau lebih, besar kecilnya dompet tergantung dari yang ingin kita bikin.
  • Benang & Jarum jahit besar
  • Resleting

Cara Membuat Dompet dari Bungkus Kopi:

  1. Potong bungkus berukuran kisaran lebar 5cm atau dapat disamakan dengan keinginan anda. Potong juga di samping bekas bungkus sehingga bungkus bisa di lebarkan
  2. Lipat bagian kanan dan kiri bungkus hingga bertemu dibagian tengah bungkus seperti gambar
  3. Setelah itu lipat dua bungkus tersebut.
  4. Lipat bagian dan bawah hingga bertemu dibagian tengah seperti gambar
  5. Lipat dua bungkusnya kemudian lipat menjadi yang diinginkan
  6. Kait kan satu persatu bungkus kopi yang sudah dilipat tadi tehingga terbentuk seperti gambar diatas. Susun sampai 14 bungkus atau sesuai keinginan.
  7. Bagian ujung kedua bungkus dibuka kemudian disatukan.
  8. Setelah kedua ujung disatukan maka akan menjadi seperti gambar disamping. Buat seperti  ini sebanyak 7 buah.
  9. Ketujuh bekas bungkus kopi yang telah dibuat lalu disusun dan dijahit. Kemudian tambahkan resleting dibagian atas.
  10. Jadilah dompet yang terbuat dari bungkus kopi. 🙂
    Untuk ukuran dan asesoris bisa dikreasikan sesuai dengan selera dan keinginan kita.

Membuat Karya Tas Cantik

Tiap rumah umumnya menghasilkan limbah rumah tangga dengan wujud sampah. Bisa itu sampah organik atau sampah anorganik yang wajib kita sortir sebelum anda membuangnya di tempat pembuangan sampah sementara.

Maka telah sewajarnya tiap rumah memiliki tempat sampah sesuai dengan jenisnya. Sampah organik seperti sisa daun atau sayuran bisa di tempatkan di bak sampah berwarna hijau, kelak sampah dari bak ini dipilah lagi untuk diolah  menjadi pupuk kompos.

Biasanya sampah anorganik seperti kertas, kayu dan plastik ditempatkan di bak sampah berwarna kuning yang kelak bisa dipilah untuk didaur ulang menjadi aneka kerajinan tangan. Sampah anorganik berbahaya sama halnya pecahan kaca, botol bekas, paku, isi hekter dan benda-benda tajam lainnya di buang di tempat sampah berwarna merah.

Kemudian sampah plastik juga bisa di daur ulang menjadi tas, jas hujan dan aneka kerajinan tangan lainnya yang bermanfaat.

Manfaat  Kerajinan Dari Limbah Plastik Kopi

Pada umumnya kerajinan tangan ini bermaksud untuk meminimalisir sampah bungkus yang ada disekeliling kita. Terutama untuk sampah rumah tangga. Dengan kata lain selain dengan menggunakan bungkus kopi, kreasi ini dapat anda gunakan dengan bahan sampah lain yang sejenis. Misal, bungkus mie instan, bungkus permen, bungkus pewangi, bungkus minyak goreng, dan lain lain.

Nanti tinggal anda sesuaikan ukuran warna dan penempatannya. Jadi selain dapat mengelolah bungkus kopi, anda bisah pula mengurangi bungkus sampah yang lain. Hal ini sangat mempengaruhi lingkungan kita, dikarenakan sampah yang kita gunakan adalah jenis sampah yang tidak dapat membusuk dan hancur.

Jadi mulailah sekarang, dari pada anda membuang sampah yang seandainya bisa di daur ulang, alangka baik disimpan sampai cukup untuk membuat karya yang bagus semacam ini.

Selain bisa mengurangi sampah, jika pembuatan nya ditekuni tentu akan menjadi prospek bisnis yang bagus. Bisnis sambil go green tentunya. Sampah berkurang, rezekipun datang. 🙂 terima kasih…