Nah pada kesempatan yang ini saya akan memberikan artikel tentang Resep Kentang Panggang Oven Seenak Buatan Restoran . Jenis makanan kentang panggang ini sangatlah digemari oleh banyak kalangan, baik anak – anak, dewasa, maupun orang tua sekaligus. Dan sangat nikmat ketika dimakan di waktu luang bersama keluarga anda.

Kentang panggang oven merupakan salah satu makanan yang mudah dibuat dan murah dengan menggunakan oven. Dan kentang juga sebagai sumber vitamin C, serat, kalium, dan mangan yang baik. Oleh sebab itu kentang sangat serbaguna, ada banyak cara untuk memasaknya. Berikut ini adalah beberapa resep kentang panggang yang mudah dibuat di rumah anda.

Kentang atau dengan nama lain (Solanum tuberosum L.) merupakan tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan sering disebut “kentang” pula. Banyak orang yang sudah mengenal umbi jenis kentang ini, sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di negara Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Orang yang pertama kali membawa kentang ke negara eropa adalah Penjelajah dari Spanyol dan Portugis.

Tanaman jenis kentang ini yaitu tanaman yang  berasal dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Jenis umbi – umbian ini adalah  tanaman herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Sangatlah cocok apabila ditanam di daerah tropis didataran tinggi.

3 Cara Memanggang Kentang

kentang panggang oven

1. Menggunakan oven

Untuk cara yang pertama yaitu panaskan oven sampai suhu 218 derajat Celsius. Lalu olesi kentang dengan minyak zaitun, taburi garam, dan merica kemudian tusuk dengan garpu. Anda juga dapat langsung meletakkan kentang di dalam oven atau di atas loyang. Tunggu masak selama 45-60 menit, sampai kulitnya renyah dan kentang menempel pada garpu saat ditusuk kembali. Sampai kulit kentang renyah!

2. Dengan kertas alumunium

Caranya yang kedua hapir sama dengan memasak kentang di dalam oven, namun bungkus kentang dengan kertas alumunium sebelum dimasak. Cara ini juga dapat menghasilkan kentang yang lebih lembut dan tetap hangat seandainya Anda masih harus menyiapkan topping atau masih harus menunggu anggota keluarga yang datang terlambat.

3. Memakai microwave

Cara yang terakhir yaitu dengan cara olesi kentang dengan minyak zaitun, taburi garam, dan merica lalu tusuk kentang dengan  garpu. Lalu letakkan kentang di dalam microwave pada kekuatan penuh selama lima menit. Biarkan selama 3-5 menit. Apabila masih belum matang tengahnya, masak lagi selama 1 menit sampai matang. Hasilnya, sajian kentang panggang yang lembut dan matang dengan cepat.

Resep Kentang Panggang Oven

kentang panggang oven

Bahan – Bahan yang Harus Disiapkan :

  • 300 grams kentang kualitas prima
  • 1 sdm Bawang putih bubuk
  • 1 sdm Merica bubuk
  • Garam halus secukupnya
  • 5 sdm olive oil
  • 1 genggem Fresh rosemary
  • 1 sdm Dried oregano

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Langkah pertama yaitu cara membuat saus campur semua bahan saus di dalam mangkuk besar dan aduk-aduk.
  2. Cuci bersih kentang, tiriskan hingga kering.
  3. Potong-potong kentang (selera) bersama kulitnya.
  4. Tambahkan potongan kentang ke dalam mangkuk saus dan aduk rata.
  5. Kemudian tata kentang di loyang tahan panas dan panggang di dalam oven dengan suhu 200 derajat Celsius selama kurang lebih 30-40 menit.
  6. Lalu balikkan kentang di 15 menit pertama dan lanjutkan memanggang hingga kentang matang.
  7. Terakhir ,setelah matang segera keluarkan dari oven dan sajikan hangat bersama salads, saus/sambal favorite.

Resep Kentang Panggang Saus Keju Melted

kentang panggang oven

Bahan – Bahan :

  • 4 buah kentang segar
  • 300 gr brokoli segar
  • 1 sdm tepung terigu
  • 400 ml susu cair sapi
  • 1/4 sdt merica/ lada bubuk
  • 150 gram keju cheddar
  • 3 sdm mentega
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Kentang Panggang Saus Keju Melted :

  1. Langka pertama adalah bungkus kentang dengan kertas alumunium foil, lalu panaskan oven dengan suhu 180 celcius. Panggang selama 35 menit. Angkat dan sisihkan.
  2. Ketika menunggu kentang matang kita bisa sambil memasak saus keju. Lalu panaskan mentega dalam wajan lalu masukkan terigu dan aduk hingga membentuk adonan. Kemudian tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk, Masukkan keju parut, gula, garam, dan merica. Aduk rata hingga mengental. Matikan api.
  3. Setelah itu angkat kentang lalu belah bagian atasnya, tekan sedikit supaya merekah. Olesi bagian dalam kentang dengan mentega, sisipkan brokoli, siram dengan saus keju, lalu letakkan irisan keju diatasnya. Panggang di oven bersuhu 180 celcius selama 15 menit.
  4. Resep Kentang Panggang yang telah matang siap disajikan.

Bagaimana dengan artkel saya di atas mengenai Resep Kentang Panggang Oven Seenak Buatan Restoran ? Cara yang saya bagikan tadi sangat mudah bukan untuk membuatnya?. Dan jangan lupa juga membaca artikel lain tentang  Resep kentang panggangSelamat mencoba!