Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang kemasan selain plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapatkan ide, kreasi serta wawasan untuk teman-teman tentunya.

Pada dasarnya orang pasti tidak akan lupa dengan namanya limbah plastik dalam aktivitasnya sehari-hari. Ya, benar plastik telah menjadi suatu hal penting dalam kehidupan kita saat ini dan pengaruhnya telah menggantikan kayu dan logam karena kelebihan yang ada antara lain ringan dan kuat.

Sifat-sifat bahan plastik merupakan hal yang sulit dalam pembuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya untuk berbagai aplikasi khususnya dalam kehidupan sehari-hari seperti dari kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik sampai dengan komponen otomotif.

Peningkatan pemakai bahan plastik ini menyebabkan peningkatan produksi limbah plastik dari tahun ke tahun. Sehingga dapat diperkirakan sebesar itulah sampah plastik yang dihasilkan.

Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa plastik sangat sulit diurai dalam tanah, memerlukan waktu bertahun-tahun dan ini akan menyebabkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya. Pembuangan di Tempat Akhir (TPA) sampah tidaklah solusi yang bijak dalam daur ulang sampah plastik ini.

Banyaknya sampah plastik di Indonesia makin memprihatinkan. Untuk mengurangi penggunaannya, berbagai daerah mulai melarang penggunaan plastik sekali pakai. Semisal tidak boleh pakai kantong plastik sekali pakai sebagai wadah makanan, kira-kira wadah apa ya yang cocok untuk membungkusnya?

Selain kemasan selain plastik, Baca juga ilmu tentang cara memanfaatkan limbah plastik Jadi bermanfaat lumayan kan untuk menambah kreatifitas dalam berimajinasi.

Berikut Enam Rekomendasi Wadah Makanan Kemasan Selain Plastik.

1. Boks Kertas

Penggunaan boks kertas sebagai wadah makanan mulai dilirik sebagai pengganti kemasan selain plastik. Harga boks kertas pun juga tidak begitu mahal dibanding wadah lainnya. Itu makin cocok deh kalau dipakai oleh para panitia kurban untuk membungkus daging.

2. Daun Pisang

Bisa banget, nih kalau pakai daun pisang sebagai ganti plastik sekali pakai. Selain harganya terjangkau, daun pisang tidak mencemarkan lingkungan.

3. Besek Rotan

Besek rotan yang sering digunakan sebagai wadah oleh-oleh juga cocok lho dijadikan tempat daging kurban. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 1.ooo. Selain itu, rongga yang ada di besek rotan bisa membuat makanan yang dikemas tetap terjaga kesegarannya.

4. Biofoam

Sepintas bentuk biofoam serupa dengan styrofoam. Tapi ternyata bahan dasar kemasannya yang membuat berbeda. Bahan baku biofoam terbuat dari pati ubi kayu dan tambahan serat. Tambahan serat tersebut untuk memperkuat struktur kemasan. Kedua bahan tersebut membuat biofoam aman dan bebas plastik, dong.

5. Besek Plastik

Walau masih terbuat dari plastik, setidaknya besek plastik bukan wadah sekali pakai. Setelah dipakai untuk menaruh daging kurban, wadah ini bisa dicuci dan dipakai lagi kemudian hari.

6. Food Container

Sama seperti besek plastik, penggunaan food container juga bisa dipakai berulang kali. Sehabis dipakai jadi wadah makanan, tinggal cuci saja lagi tempatnya untuk digunakan lagi.

Daur Ulang Limbah Plastik

Bisnis daur ulang limbah plastik telah menyentuh banyak kalangan karena sangat di didukung dengan mesin pengelolaannya yaitu dengan menggunakan mesin pengolah limbah plastik yang bisa mengelola limbah plastik anda. Jadi, siapkan modal dan cari informasi berapa kira-kira pemulung dan pengepul menjual sampah plastik per kg-nya.

Selain itu dengan cara mengatasi sampah plastik anda bisa mendaur ulang sampah plastik akan menjadi lebih kreatifitas agar anda dapat semakin kreatif dan juga produktif.

Itulah ulasan tentang kemasan selain plastik. semoga anda bisa memngurangi penggunaan plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi. Semoga sukses!