Selain dapat menghilangkan dahaga kelapa muda ternyata sangat bermanfaat untuk ibu hamil, di artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kelapa muda untuk ibu hamil tua.Berikut simak berbagai manfaat kelapa muda untuk ibu hamil :

Manfaat Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Tua

Ibu hamil sebaiknya  mengonsumsi satu sampai dua gelas air kelapa muda setiap harinya. akan tetapi, jangan air kelapa instan yang terdapat dalam kalengan atau kemasan . Sebaiknya minumlah air kelapa murni dari buah kelapa muda yang masih segar, karena air kelapa muda (dugan) masih banyak  dan mudah di dapatkan di pasar-pasar atau toko buah. Air kelapa kemasan tidak dianjurkan karena kandungan bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang mungkin saja berbahaya bagi kehamilan.

1. Menjaga Stamina Tetap Energik

Agar Bunda tetap energik sepanjang kehamilan, minumlah air kelapa muda. Minuman ringan nan menyegarkan ini adalah minuman isotonik alami dengan kandungan elektrolit melimpah yang membantu menjaga tingkat energi tetap tinggi. Air kelapa bermanfaat untuk membantu mengembalikan energi dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang fungsi tiroid.

Jumlah gula, protein, dan sodiumnya yang moderat juga membantu menjaga tingkat cairan tubuh, yang penting untuk mengatasi kelesuan dan kelelahan. Minum air kelapa muda sangat cocok untuk ibu hamil yang sering merasa lesu saat menjalankan aktifitas hariannya.

2. Kelapa Muda dapat Menghentikan Mulas

Selain sembelit, mulas juga sangat sering dialami selama kehamilan karena perubahan hormonal dan tekanan pada perut akibat pertumbuhan rahim. Perlu Bunda ingat, obat sakit maag tidak dianjurkan selama kehamilan, karena dapat mempengaruhi perkembangan bayi dalam janin.

Nah, untuk itu Bunda bisa melawan masalah mulas tadi dengan air kelapa muda. Minum air kelapa muda juga menurunkan kadar asam di perut, yang pada akhirnya mencegah gangguan pencernaan dan mulas.

3. Mencegah Sembelit

Sembelit adalah masalah yang umum terjadi saat hamil. Hal ini dapat terjadi karena peningkatan hormon progesteron dalam tubuh dan sebagai akibat dari penggunaan suplemen zat besi.

Kandungan serat yang terdapat pada air kelapa  bermanfaat untuk mengobati sembelit selama kehamilan. Serat melicinkan tinja dan membuat saluran pencernaan tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Selain itu, air kelapa muda juga berfungsi sebagai pencahar alami tapi ringan yang bisa membantu menjaga kerja usus tetap teratur .

4. Mencegah Dehidrasi pada Ibu Hamil

Karena morning sickness dan muntah-muntah, ibu hamil berisiko mengalami dehidrasi. Bunda bisa mencegah dehidrasi tersebut dengan minum air kelapa muda, yang berfungsi sebagai bentuk rehidrasi oral. Selain itu, air kelapa memiliki asam amino sehat dan enzim lainnya yang membantu melawan dehidrasi dan kelelahan.

Pada saat bersamaan, air kelapa membantu meringankan mual dan muntah, salah satu penyebab utama di balik dehidrasi. Selain mengurangi energi ibu hamil, dehidrasi mengurangi elastisitas kulit, yang dapat menyebabkan stretchmark lebih menonjol yang terjadi karena kehamilan.

5. Menyediakan Potasium untuk Ibu Hamil

Salah satu nutrisi utama dalam air kelapa adalah potasium, yang membantu menjaga keseimbangan elektrolisis dalam tubuh dan memastikan pertumbuhan janin optimal. Ini juga bisa membantu mencegah kram kaki dan edema selama kehamilan.

Selain itu, kalium dalam potasium memainkan peran penting dalam pelepasan energi dari nutrisi penting seperti lemak, protein dan karbohidrat. Seiring dengan sodium, potasium juga membantu dalam mengatur tingkat tekanan darah tetap sehat. Potasium yang tidak adekuat selama kehamilan dapat menyebabkan efek samping dan komplikasi.

Karena air kelapa memiliki jumlah potasium yang baik, minum segelas setiap hari akan membantu memastikan bahwa Anda tidak kekurangan jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan.

Jadi itu tadi beberapa manfaat kelapa untuk ibu hamil, sebenarnya banyak manfaat lainnya teman-teman bisa baca di kelapa muda untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat.