10 Jenis Usaha Kuliner Yang Paling Laku Di Indonesia-Bicara tentang jenis usaha kuliner paling laku yang marak belakangan ini, tentu menjadi sebuah topik yang menarik untuk disimak. Tak hanya laris, usaha kuliner tersebut juga tergolong mudah dijalankan. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Berbeda jika ingin menbuka warug makan atau restoran, tentu membutuhkan modal dan tenaga yang sangat besar.Anda juga bisa mengunjungi mesin cetak bakso,agar anda bisa membuka usaha bakso sendiri

salah satu jenis makanan paling laris untuk dijual adalah dari golongan jajanan ringan atau snack. Selain cara pembuatannya yang banyak ditemui, usaha ini juga bisa dijalankan dengan membeli sebuah merk waralaba terkenal. Selain itu, usaha makanan ringan ini juga bisa dikembangkan menjadi beragam jenis kuliner yang juga berpotensi memiliki nilai jual tinggi. Seperti apa jenis usaha kuliner tersebut? simak ulasan berikut.

jenis usaha kuliner

1. Tahu Crispy

Tak dipungkiri, makanan ringan seperti tahu crispy ini, menjadi salah satu jajanan favorit yang digemari mulai dari kalangan atas hingga menengah ke bawah. Selain itu, tahu crispy ini tergolong sebagai bisnis makanan yang menguntungkan, baik dari penjualan, hingga modalnya yang kecil. Tak heran jika banyak bisnis waralaba modern, mengusung bisnis kuliner dengan menu tersebut.

2. Singkong keju

Selain mudah didapat, singkong ternyata bsa diolah menjadi sebuah kuliner yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Salah satunya adalah dengan cara diolah menjadi singkong keju. Selain mempunyai rasa yang lezat, singkong keju juga merupakan salah satu usaha makanan unik dengan modal kecil. Bentuk dan rasanya yang unik dan khas, bisa menjadi nilai jual yang ekonomis. Sementara itu, bahan utamanya yang mudah dicari, menejadikan usaha kuliner ini tidak memerlukan modal yang besar.

3. Aneka Gorengan

Mudah di buat dan peminatnya yang banyak, membuat usaha makanan unik dan kreatif ini menjadi salah satu bisnis yang poternsial untuk dijalankan. Selain membutuhkan modal tak seberapa besar, usaha aneka gorengan itu tergolong sebagai bisnis kuliner rakyat yang sangat disukai konsumen. Untuk menambah nilai jualnya, usaha kuliner aneka gorengan ini bisa dibuat secara bervariasi, baik rasa, kemasan hingga cara penyajiannya. Selain itu, strategi menjual yang baik juga bisa diterapkan agar usaha ini bisa berkembang dengan baik.

4. Roti Bakar

Siapa yang tidak suka dengan kuliner satu ini? Selain rasanya yang bervariasi, usaha kuliner roti bakar juga merupakan sebuah bisnis yang mempunyai prospek bisnis yang cerah. Selain bermain dalam varian rasa maupun kemasannya, kesuksesan usaha ini juga berantung pada kulaitas roti yang dsajikan. Untuk itu, pilih jenis roti yang cocok untuk diolah menjadi sebuah roti bakar. Langkah berikutnya, pelajari teknik membakar roti tersebut agar sesuai dengan lidah konsumen.

5. Aneka Jus Buah

Kemasannya yang menarik dan rasanya yang segar, membuat usaha kuliner aneka jus buah ini tergolong sebagai 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di Indonesia. Berbekal buah-buahan segar yang mudah diperoleh di pasaran, usaha kuliner sudah bisa dijalankan. Selain itu untuk menambah nilai ekonomisnya, jus tersebt bisa diolah dengan beragam cara. Salah satunya dengan menambahkan susu segar, potongan buah hingga bermain di sisi kemasan.

6. Keripik pisang

Selain diolah menjadi gorengan, buah ini ternyata sanagt laris diburu pembeli jika diolah menjadi keripik. Tak kalah dengan singkong dan kentang, menjalankan bisnis kuliner keripik pisang ternyata juga sanagt menguntungkan. Tak hanya sekedar keripik biasa, ada beberapa kiat jitu agar kuliner tersebut mempunyai keunikan dan nilai ekonomis yang tinggi. Keripik pisang tersebut bisa diolah  denga beragam rasa seperti manis dan renyah, pedas asam, hingga keripik pisang salju. Kemasan yang unik juga bisa mendongkrak nilai jual dari kuliner tersebut.

7. Bubur Kacang Hijau

Rasanya yang lezat dan nikmat ketika disajikan dalam kondisi hangat dan dingin, membuat bubur kacang hijau menjadi bisnis yang sangat potensial. Selain kandungan gizinya yang komplit, bubur kacang hijau tergolong salah satu kuliner yang bisa mengganjal perut sementara. Selain bahan bakunya mudah didapatkan dengan modal yang kecil, usahanya ini sangat menjanjika, terutama jika dijual di sekolah-sekolah, areal perkantoran maupun keramaian seperti mall dan pasar.

8. Pepes ikan

Bagi penggemar kuliner ndeso, usaha pepes ikan bisa menjadi alternatof usaha yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Tak perlu mengeluarkan modal besar, bahan-bahan seperti ikan dan bumbu pelengkapnya, bisa didapatkan dengan mudah di pasar. Selain itu, pepes ikian jiga bisa digunakan sebagai lauk makan tambahan, disamping sayuran maupun lauk lainnya.

9. Kulit Ayam kremes

Tak dipungkiri, kulit ayam ternyata juga bisa diolah menjadi sebuah kuliner yang sangat menguntungkan. Bahkan, banyak dari usaha waralaba, mencantumkan olahan kuliner ini pada menu mereka.  Kulit ayam kremes ini biasa diolah dengna cara digoreng dalam minyak panas hingga kering. Jika ingin menekuni usaha ini, ada baiknya jika mencoba berimprovisasi pada bagain bumbu tabur yang digunakan.

10. Es Tebu

Rasanya yang segar dan khas, menjadikan jenis minuman yang satu ini sanagt disukai pembeli. Untuk menjalankannya pun tergolong sanagt mudah. Selain bermodalkan mesin penggiling, bahan baku seperti tebu dan gula pasir sebagai racikan minuman tersebut, sangat mudah didapatkan. Agar usaha ini bisa berjalan dengan baik, bisa dicoba dengan menggunakan kemasan yang unik dan modern. Penambahan varian rasa yang bisa di mix, juga bisa menaikkan nilai jual dari minuman tersebut.

Dari sekian jenis bisnis makanan yang ada, 10 jenis usaha kuliner paling laku seperti contoh diatas, bisa menjadi acuan yang tepat untuk memulai berwiraswasta. Meski begitu, pilihlah dengan bijak, salah satu jenis usaha kuliner diatas, yang sesuai dengan minat serta kemampuan. Jangan samapi usaha tersebut nantinya malah menyusahkan di kemudian hari.