Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang jenis plastik dan kegunaannya. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Hampir semua orang pasti pernah menyentuh jenis plastik. Apapun itu, yang ada di rumah ataupun di luar rumah, baik untuk kemasan makanan, bungkus obat, belanja sayuran, atau bahkan peralatan dapur.

Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan bermacam plastik dan peruntukannya yang berbeda.

Karena ketidaktahuan itu, tidak sedikit orang yang masih memakai plastik secara sembarangan tanpa memperhatikan peruntukannya.

Karena, plastik yang tidak dipakai sesuai tugasnya justru akan semakin meningkatkan bahaya yang ada di sekitarnya, lho!

Jenis Plastik dan Kegunaannya

jenis plastik dan kegunaannya

Istilah plastik tentunya sudah tak asing bagi kita, masing-masing orang pasti tentunya menggunakan plastik, terkadang sebagai tempat makanan dan minuman, tempat benda-benda tertentu dan sebagainya. Plastik adalah sebuah material yang tersusun atas berbagai macam organik sintetik atau semi sintetik yang mudah dibentuk.

Plastik umumnya mengandung polimer organik dengan massa molekul yang cukup tinggi, namun mereka banyak mengandung zat-zat lain. bersifat sintetis, sangat sering berawal dari petrokimia, tapi ada berbagai macam pula yang bersifat alami. Akibat biaya yang terbilang rendah, kemudahan manufaktur, fleksibilitas dan kedap air, plastik dipakai dalam bermacam hal.

Berikut Ini Jenis plastik dan kegunaannya:

jenis plastik dan kegunaannya

  1. Polyester (PES) digunakan pada serat dan tekstil
  2. Polyethylene terephtalate (PET) digunakan pada botol minuman berkarbonasi, botol selai kacang, plastik film, dan kemasan microwave
  3. (PE) Polyethylene digunakan sebagai tas supermarket dan botol plastik
  4. (HDPE) High Density Polyethylene dipakai untuk botol deterjen, dan botol susu
  5. (PVC) Polivinil Klorida dipakai untuk pipa keran, talang air, tirai kamar mandi, bingkai jendela, lantai, dll
  6. Polyvinylidene Klorida (PVDC) digunakan pada makanan kemasan
  7. Low Density Polyethylene (LDPE) digunakan pada outdoor furnitur, dinding, ubin lantai, tirai kamar mandi, kemasan
  8. (PP) Polypropylene digunakan untuk tutup botol, sedotan, tempat yoghurt, bumper mobil.
  9. Polystyrene (PS) digunakan untuk kemasan busa, tempat makanan, peralatan makan plastik, gelas sekali pakai, piring, sendok, garpu, CD, kotak kaset.

Tujuan Khusus dan Kegunaannya:

  1. Maleimide/bismaleimide digunakan dalam material komposit suhu tinggi
  2. Melamin formaldehida (MF) sebagai salah satu aminoplast dan digunakan sebagai alternatif untuk fenolat misalnya dalam cetakan cangkir keramik, piring, dan mangkuk untuk anak-anak.
  3. Plastarch mempunyai sifat biodegradable dan tahan panas, terdiri dari pati jagung yang telah disesuaikan.
  4. (FF) Fenolat atau fenol formaldehydes umumnya tahan panas dan tahan terhadap api biasanya dipakai untuk isolasi bagian dalam perlengkapan listrik, produk kertas laminasi, busa isolasi termal.
  5. Poliepoksida (epoxy) digunakan untuk perekat.
  6. (PEEK) Polyetheretherketone mempunyai sifat kuat, tahan panas secara termoplastik, biokompabilitas yang menjadikannya untuk dipakai dalam aplikasi implan medis dan merupakan bagian polimer komersial yang paling mahal.
  7. (PEI) Polyetherimide adalah polimer kimia yang stabil dan tidak mengkristal

Di Eropa yang negaranya sudah maju, sekitar sepertiga dari plastik dipakai dalam kemasan dan yang lainnya dipakai sebagai bahan bangunan contonya pipa serta komponen-komponen mobil. Di negara berkembang, sekitar 42 persen di India menggunakan plastik sebagai kemasan. Plastik juga memiliki kegunaan di bidang medis seperti memasukkan polimer implan.

Itulah ulasan tentang jenis plastik dan kegunaannya. selamat mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.