Makanan Kambinadalah jenis pakan kambing etawa yang baik. Merupakan daftar makanan yang aman dan memiliki kandungan gizi yang melimpah. Sehingga menunjang pertumbuhan kambing.

Sebagai binatang herbivora, otomatis kambing hanya mau makan makanan yang berjenis tumbuhan. Seperti rumput-rumputan dan dedaunan. Tapi tak menutup kemungkinan juga doyan makan buah-buahan.

Apa Itu Pakan Ternak ?

Pakan adalah sebuah jenis bahan yang secara kesuluruhan atau sebagian dapat di makan dan di cerna oleh hewan ternak tanpa mengganggu kesehatan ternak. Bahan pakan ternak dapat bersumber dari tumbuhan atau bukan tumbuhan.

Kualitas oleh bahan pakan ternak tergantung dari kandungan nutrisi dan komposisi kimianya, dan kandungan zat anti-nutrisi di dalamnya. Zat yang paling penting dalam pakan adalah protein. Bahan bahan pakan yang berkualitas harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin yang seimbang,Cek juga cara membuat keripik bayam.

Berikut Jenis Pakan Kambing Etawa :

1. Suase

Suase adalah sebuah pakan ternak hijau hijauan yang di simpan dalam keadaan bentuk segar. Berbeda dengan silase yang di simpan dalam keadaan kering agar untuk jangka waktu panjang, maka suase di simpan hanya untuk jangka waktu pendek saja.

Yaitu hanya untuk beberapa hari saja yang dengan tujuan hanya untuk efisiensi tenaga, karena peternak tidak perlu mencari hijauan bagi setiap harinya.Biasanya pakan suase berasal dari tanaman seperti padi padian, dan rerumputan. Dengan adanya suase dapat membuat ketersediaan makanan kambing bertambah lebih banyak dan dapat di berikan kapan saja.

2. Hijauan Kering dan Jerami

Pakan hijauan kering atau di sebut juga silase merupakan pakan hijauan kering yang di awetkan dan di simpan dalam keadaan terbungkus kantong plastik yang kedap udara, drum. Dan tentunya sudah mengalami proses fermentasi dan dalam keadaan tanpa udara atau di sebut juga dengan anaerob.

Silase adalah sebuah rumput segar yang langsung di keringkan sampai dengan kandungan air 60%, lalu di simpan ke dalam keadaan anearob. Proses silase melibatkan semua bakteri atau mikroba yang akan membentuk dalam asam susu. Yaitu Lactis Acidi dan Streptococcus yang bisa hidup dengan cara anerob dan dalam derajat keasaman 4 (pH 4).

Oleh demikian proses silase terjadi dalam keadaan kantung yang kedap udara, sehingga pakan tidak akan cepat membusuk oleh bakteri lain atau juga jamur.

Pakan yang tergolong ke dalam pakan hijau kering adalah semua dari jenis jerami atau pakan hijauan ternak yang di potong potong lalu di jemur. Manfaat serat kasar dari pakan hijauan kering adalah lebih 18%.

3. Kulit Pisang

Pakan alternatif kambing biasanya dibutuhkan untuk menyeimbangkan gizi. Rumput memang baik bagi kambing, tapi kalau bisa juga menambah jenis makanan yang lain, maka akan jauh lebih baik kandunganya. Rahasia sukses untuk para peternak kambing rupanya mereka lebih suka memberikan makanan kambing yang berupa kulit pisang. Ya, kulit buah pisang.

4. Mineral

Mineral atau zat-zat garam sangat dibutuhkan untuk kebutuhan hewat ternak perah. Zat anorganik yang di butuhkan juga oleh tubuh ternak juga bermacam macam. Kandungan Di Mineral yang di butuhkan juga pada ternak ada dua macam adalah mineral makro dan mineral mikro.

Fungsi dari sebuah mineral makro adalah untuk mbentuk organ tubuh pada sebuah hewan ternak dan itu di butuhkan dalam jumlah besar. Mineral mikro yang di butuhkan hewan ternak untuk tidak banyak dan umumnya terdapat dalam jaringan dengan kondisi konsentrasi yang kecil.

5. Pakan Konsentrat Kambing

Makanan kambing dan pakan alternatif bagi kambing juga terkadang terbuat dalam wujud berbentuk konsentrat cairan. Jadi ini akan bertekstur seperti minuman maupun bubur untuk kambing. Terbuat dari aneka macam jenis bahan, terutama kalsium dan garam dapur.

Kunjungi juga artikel tentang jenis pakan kambing yang baik untuk peternakan.

Semoga adanya artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pakan kambing yang baik, dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lain.