Bubble merupakan salah satu jenis olahan yang terbuat dari tepung tapioka dan lain sebaganya yang dimasak bersama-sama. Pada umumnya bubble di jadikan sebagai bahan campuran membuat minuman segar yang sedang hits di indonesia yaitu bubble tea atau pearl milk. Berikut ini kami akan memberitahukan jenis jenis bubble dan cara membuatnya.

Minuman jenis ini sekarang menjadi salah satu minuman yang sedang hits di Indonesia yang terdiri dari bahan dasar teh dan susu. Yang menjadikan minuman asal taiwan ini semakin di gemari adalah tambahan pearl atau bubble yang terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dan memberikan sensasi yang unik.

Minuman yang berasal dari Taiwan ini merupakan sajian teh yang dikombinasikan dengan susu atau perasa lainnya, lalu dikocok hingga berbusa. Kemudian, minuman tersebut ditambahkan dengan beragam topping mulai dari puding, jeli, hingga yang paling populer bernama boba. Untuk cara pembuatannya anda bisa mengunjungi artikel ini cara membuat bubble.

jenis jenis bubble

Jenis Jenis Bubble :

1. Clear Boba

Bubble ini warnanya bening dan terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk menjadi bola-bola seukuran mutiara. Karena tak diberi tambahan perasa, jenis boba tersebut memiliki cita rasa yang hambar, sehingga kerap dipadukan bersama bubble tea berbasis susu yang manis.

2. Black Boba

Sama saja seperti clear boba warnanya bening, namun boba yang ini diberi campuran gula merah atau karamel. Campuran bahan tersebutlah yang membuat bubble memiliki tampilan berwarna gelap. Bubble jenis ini juga akan menghasilkan rasa manis yang tipis saat disantap, karena ada tambahan gula atau karamel.

3. Flavored Boba

Bubble yang satu ini merupakan bola-bola topping yang dibalut dengan sirup sebagai penambah rasa. Dilansir Spoon University, cita rasa dari sirup tambahan tersebut sangatlah beragam, mulai dari rasa buah-buahan, hingga cita rasa eksotik seperti kelapa atau lidah buaya.

Biasanya, bubble jenis ini digunakan dalam sajian smoothies atau jenis teh seduh klasik, contohnya teh hitam atau teh hijau. Selain itu, bubble beraneka rasa juga sering digunakan sebagai topping pada sajian es krim ataupun frozen yogurt yang menyegarkan.

4. Popping Boba

Jika jenis boba yang sebelumnya hanya berupa bola-bola kenyal, beda halnya dengan popping boba. Jenis boba ini diberi ‘suntikan’ berbagai macam sirup perasa sebagai isian, sehingga memberikan sensasi meledak saat berada di dalam mulut.

Metode pembuatannya pun cukup unik, menggunakan teknik molecular gastronomy, cairan yang sudah diberi tambahan perisa rasa dikombinasikan bersama sodium alginat. Kemudian campuran tersebut dimasukkan ke dalam mangkok yang berisikan kalsium klorida, dan juga ditambahkan sedikit air hingga membentuk gelembung.

Gelembung itulah yang akan bertransformasi menjadi bola boba. Karena bahan baku dan cara pembuatannya tidak sama, hal ini menjadikan tekstur dari popping boba ini juga tidak kenyal seperti jenis boba lainnya.

5. Mini Boba

Sesuai dengan namanya bubble jenis ini ukurannya sangat kecil, sehingga bisa masuk ke dalam sedotan. Tak cuma lebih mudah disantap menggunakan sedotan, ukurannya yang lebih mini juga membuat teksturnya tak terlalu kenyal, sehingga lebih mudah dikunyah. Selain itu, karena  ukurannya yang lebih kecil, bubble ini memerlukan waktu memasak yang lebih sedikit dan cepat.

Mungkin hanya itu artikel yang hanya bisa saya sampaikan mengenai jenis jenis bubble. Terimakasih untuk teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir, semoga bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf, sampai jumpa diartikel berikutnya.