Dosis pemupukan melon– Memberikan pupuk pada tanaman melon berfungsi supaya menyuplai makanan, yang berupa unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Saat ini yang biasanya kita ketahui ada 16 unsur hara (termasuk di antaranya unsur hara makro dan mikro).

Pupuk ini sangat di butuhkan terutama untuk tanaman melon. Apa bila unsur hara di dalam media tanam tidak cukup untuk melakukan metabolisme dengan baik. Maka perlu untuk diberikan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman melon ini.

Pupuk yang berlebihan juga tidak direkomendasikan karena over dosis pupuk bisa mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. Bahkan bisa juga menimbulkan kematian karena keracunan. Maksud dalam konteks ini ialah pemberian pupuk anorganik.

Kembali ke pembicaraan utama, yaitu berapa dosis pupuk yang dibutuhkan untuk tanaman melon? Jawabannya bisa anda temukan di bawah ini :

Dua Prinsip dalam Dosis Pemupukan Melon

Dosis Pemupukan Melon

1. Pemupukan dasar : Pemupukan akan diberikan ke media tanam sebelum bibit tanaman melon di tanam di media.

2. Pemupukan Susulan : Pemupukan diberikan ke tanaman melon setelah tanam sudah mencapai umur satu minggu secara berkala. Pemupukan susulan dilakukan paling sedikit satu kali dan paling banyak 5 kali.

Pertanyaannya Sekarang Berapa Dosis yang di Perlukan Pada Pemupukan Dasar dan Susulan? Sebelum Kearah dosis Ada Baiknya Jika Anda Mengetahui Pupuk Apa yang Harus Anda Sediakan.

Pupuk yang perlu anda siapkan yaitu pupuk organik berupa pupuk kompos/kandang (dosis 700kg s/d 1ton/Ha). Berguna untuk memperbaiki sifat fisik tanah dan juga menambah bahan organik dan unsur-unsur hara yang diperlukan tanaman.

Pupuk anorganik NPK 150-250 kg/ha berfungsi sebagai menambah unsur hara (unsur N, P, dan K) di dalam tanah.

Cara Mengaplikasikan

Dosis Pemupukan Melon

Pemberian pupuk dasar dilakukan waktu pembuatan guludan dengan cara disebar secara merata pada saat perataan tanah yang akan ditanam. Kemudian yaitu pada dosis pemupukan susulan apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara mengaplikasikannya.

Tentu pertama kita siapkan kebutuhan pupuk anorganik NPK 150-350 kg/Ha (sesuaikan dengan kondisi tanaman yang di lapang). Cara mengaplikasikannaya yaitu dengan melarutkan 1 sampai 1,5 gram pupuk kedalam 1 liter air untuk 5 tanaman dikocor ke lubang tanaman.

Jadi jika kapasitas tangki air untuk melarutkan pupuk kurang lebih 20 liter maka pupuk yang harus ditambahkan adalah 1,5 gram x 20 = 30 gram pupuk. Kemudian dilarutkan dengan 20 liter air dan setiap satu liter larutan pupuk untuk di siramkan ke 5 lubang tanam tersebut.

Jadi 20 liter larutan itu bisa memupuk tanaman melon sebanyak 100 tanaman. Sekarang tinggal anda hitung berapa jumlah tanaman melon yang anda tanam. Pupuk susulan bisa diberikan mulai minggu pertama (usia bibit sudah satu minggu di lahan tanam), dan interval pemberian bisa diberikan 2 minggu sekali bisa juga seminggu sekali. Pemberian pupuk susulan paling sedikit diberikan satu kali dan paling banyak 5 kali dalam satu kali bercocok tanam.

Manfaat atau Tujuan dari Pemberian Pupuk Susulan

Manfaatnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman dan menjamin pertumbuhan tanaman secara optimal dan menghasilkan produksi dengan mutu yang baik. Baiklah kami rasa cukup disini dulu ulasan dari kami, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Owh iya ada yang ketinggalan, selain pupuk untuk unsur hara di tanah seperti NPK, tanaman melon juga membutuhkan jenis pupuk daun yang bisa diberikan seminggu sekali dengan dosis yang susuai dengan petunjuk penggunaan dari produsen pupuk daun yang anda pakai.

Demikian ulasan tentang Dosis Pemupukan Untuk Melon, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca. Sekian dan terima kasih.