Kambing Jawa merupakan salah satu Kambing yang banyak dagingnya, Kambing jenis ini memanglah paling sangat favorit dagingnya untuk di masak. Sangat enak jika dimasak dengan beberapa resep masakan Indonesia, mulai dari sate sampai tengkleng,Dan cara penggemukan kambing jawa tidak cukup sulit.

Waktu melahirkan, Kambing Jawa kerap melahirkan anak kembar (warnanya) bisa jadi 2 sampai 4 ekor kembar semua. Kambing Jawa sangat bagus dalam hal reproduksi dan dapat beranak sepanjang tahun dan kambing ini menjadi favorit untuk di kembangbiakan dan menjadi Kambing pedaging favorit. Kambing ini telah tersebar  kesemua pulau di Pulau Jawa.

Cara Penggemukan Kambing Jawa

Cara Penggemukan Kambing Jawa

  1. Persiapan kandang kambing

Dalam persiapan peternakan kambing terlebh daulu adalah menyiapkan kandang kambing yang nyaman karena akan mempengaruhi metabolism kambing dan kualitas pengemukan dan kesehatan kambing.

Aspek yang dibutuhkan dalam membuat kandang kambing adalah:

  • Desain kandang

Kandang didesain dengan model panggung supaya kandang tepat terjaga kebersihannya. Dengan desain panggung maka kotoran dan air seni kambing dapat turun kebawah kandang menjadi bersih, dan kotoran akan mudah dibersihkan.

 

  • Lokasi

Pilih lokasi kandang yang nyaman dan teduh, Kambing akan lebih nyaman tinggal ditempat teduh namun tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  • Kandang yang selalu bersih

Kunci sukses dalam ternak kambing adalah lokasi yang bersih. Bersih yang dimaksud disini adalah lokasi kandang  yang didesain sudah dipisahkan pembuangan kotoran, lokasi kandang jauh dari pembuangan sampah, got atau area kotor lainnya. Kandang yang bersih akan meningkatkan produktifitas penggemukan dan kesehatan kambing. Jika kondisi kandang tidak bersih sangat memungkinkan munculnya beberapa penyakit yang menyerang ternak yang dapat menyerang keselamatan hewan ternak maupun lingkungan sekitarnya.

Secara berkala setiap harinya kandang harus dibersihkan dari kotoran, serta pembuangan /penampungan kotoran dipastikan jauh dari kandang.

  • Pemilihan bibit yang bagus

Cara penggemukan kambing  agar cepat  cepat gemuk yang  harus diperhatikan lagi adalah  pemilhan bibit kambing yang tepat, Jenis kambing akan mempengaruhi bagaimana cara penggemukan kambing, pemeliharaan kambing dan jenis pakan yang sesuai untuk masing masing jenis kambing.

Secara umum jenis kambing yang lazim ditemui adalah kambing etawa, kambing Boer, kambing PE, kambing garut dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha peternakan sebaiknya kenali dulu jenis kambing agar anda mengetahui bagaimana cara penggemukan kambing tersebut,Cek juga artikel tentang cara ternak kambing jawa.

  1. Pelaksanaan ternak kambing

Cara penggemukan kambing berikutnya adalah bagaiamana manajemen pelaksanaan ternak kambing. Sebaiknya dalam menjalankan usaha penggemukan kambing tidak dijalankan dengan ala kadarnya tanpa bekal ilmu yang baik. Hal yang harus diperhatikan adalah ketersediaan pakan,  manajemen tenaga kandang, pemeliharaan kesehatan, pemeliharaan kandang dan sebagainya.

  1. Pemeliharaan kambing.

Cara Penggemukan Kambing Jawa

Cara pemeliharaan kambing untuk penggemukan kambing tidaklah sulit seperti yang kita bayangkan.  Peternak harus selalu belajar bagaimana cara memelihara kambing yang benar, berbagai informasi cara penggemukan kambing dapat diakses dimana mana baik dari buku, internet maupun workshop tentang ternak kambing.

Salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan ternak kambing adalah pemilihan pakan ternak yang tepat. Kandungan pakan yang diberikan kepada ternak harus mencukupi kebutuhan nutrisi kambing serta kecukupan pakan sangat mempengaruhi cara penggemukan kambing.

 

Untuk memenuhi pakan kambing dapat menggunakan pakan ternak instan . Pakan ternak instan  ini telah diteliti secara klinis di Laboratorium Institut Pertanian Bogor tentunya tidak diragukan lagi kandungan nutrisi dan komposisinya.\

Dan pakan ternak instan ini dibuat atas dasar keinginan untuk menjawab kebutuhan peternak dalam memenuhi kebutuhan pakan karena selama ini peternak sangat disibukkan dengan mencari pakan untuk ternaknya sehingga tidak terlalu optimal dalam pengembangan ternak,Kunjungi juga tentang cara membuat lumpia basah, Semoga artikel ini dapat membantu