Pada artikel kali ini Akan menjelaskan Cara pasang AC Split dengan gampang dan Praktis,

Sebagai Negara tropis, Indonesia tentu memiliki suhu dan cuaca yang bisa dibilang sangat panas. Membaca kondisi yang sudah ada, maka kebutuhan akan AC tak mudah dilepaskan. Sayangnya, masyarakat masih menilai jika membeli perangkat AC membutuhkan dana dan perawatan yang mahal. Belum lagi tanggungan listrik yang lain lain seperti Kulkas, freezer yang untuk cara membuat es lilin. dan pemasangannya yang rumit membuat masyarakat masih banyak yang beralih ke kipas angina biasa. Padahal, melihat perkembangan teknologi masa kini AC pun sudah banyak yang didesain dengan teknologi, kemudahan dan hemat daya. Sebut saja AC Split, merupakan AC yang memiliki komponen yang terpisah. dan Jika anda bingung anda juga bisa panggil jasa service ac jogja.

Saya akan kasih contoh pemasangan AC ukuran 1/2 pk,3/4 pk dan 1 pk. Kenapa saya kasih contoh yang demikian, karena perlengkapan yang dipakai sama yaitu: kabel isi tiga ukuran 3×1.5 mm, pipa AC ukuran 1/4+3/8.
Apabila AC yang akan anda pasang berukuran 1.5 pk dan 2 pk maka perlengkapan yang anda pakai berbeda lagi yaitu: kabel ukuran 3×2.5 mm, pipa AC ukuran 1/4+1/2.
Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan yaitu perlengkapan dan peralatan sebagai berikut:

 a.) Perlengkapan
      1. duck tape atau blebed
      2. bracket out door/blower
      3. isolasi hitam
      4. pipa AC
      5. kabel non serabut
      6. 4 set baut dan 4 set dinabol
      7. viser 5 buah dan baut sekrup 5 buah

      8. klem kabel nomor 8

b.) Peralatan
1. tang tumpul
2. bracket out door/blower
3. 2 buah kunci inggris
4. obeng + –
5. palu
6. tatah
7. kunci pas 12-13
8. kunci L kecil
9. alat pliringan/alat pelebar ujung pipa AC
10. pemotong pipa AC
11. mata bor nomor 6 dan 10
12. mata bor untuk membobok diameter 5 cm
13. bor listrik beton
14. meteran
15. waterpas pendek bermagnet
16. waterpas panjang
17. pena
18. tangga lipat segitiga

Itulah perlengkapan dan peralatan yang wajib anda persiapkan sebelum AC dipasang supaya pada saat pemasangan berlangsung anda tidak pergi keluar untuk mencari perlengkapan dan peralatan yang belum disiapkan.
Setelah perlengkapan dan peralatan sudah siap, selanjutnya kita langsung kumpulkan semuanya termasuk unit AC nya. Sebelum kita mulai pemasangan alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu supaya diberi kelancaran dan keselamatan. Amin

Berikut Langkah-Langkah Cara Memasang AC Split dengan Mudah dan Praktis

Langkah pertama

Buka gardus indoor dan kita keluarkan indornya dari gardus dan posisikan indoor  dengan posisi tengkurap.

Langkah kedua

Ukurlah pakai alat meteran dengan cara menempatkan ujung meteran dari pangkal pipa indoor ke pinggir bracket. Setelah diukur lalu diingat berapa jaraknya dan lepas bracket indoor.

Langkah ke tiga

Setelah bracket indoor dilepas lalu balik lagi dengan posisi terlentang, tutup indoor dibuka, kemudian tutup yang ada pada kanan indoor dibuka dengan obeng.
Itu adalah tempat pemasangan kabel dan posisi kabel storm yang sudah terpasang, perlu diingat saat pemasangan kabel adalah posisi + dan -.
AC ini merupakan jenis AC yang hanya memasang kabel untuk ke outdoor saja.
karena kabel untuk ke listriknya sudah terpasang dari pabrik.
Yang satu ini adalah tempat pemasangan kabel yang belum terpasang kabel untuk ke listriknya. Simak baik-baik, karena bagi pemula akan sedikit  bingung dengan posisi seperti ini.
berikut keterangannya:
N : tempat kabel menuju listrik negatif
1  : tempat kabel menuju listrik positif
N : tempat kabel negatif menuju out door
L  : tempat kabel positif menuju out doorSetelah kabelnya terpasang lalu indoornya dibalik posisi tengkurap lalu kita arahkan pipa indoor, pipa pembuangan dan kabel menuju outdoor mengarah ke atas. Dari pangkal pipa dililit menggunakan duck tape sepanjang kira-kira satu jengkal saja. Fungsinya supaya bisa masuk pada lubang dinding yang sudah dibobok nanti.

Langkah ke 4

Berikutnya pasang bracket indoor.
Caranya bracket ditempelkan pada dinding dan diluruskan menggunakan waterpas yang kecil bermagnet supaya tidak jatuh. Setelah lurus lalu kasih tanda menggunakan pena pada lubang bracket disetiap sudut bracket dan ditengahnya juga, berarti ada 5 tanda.
Sementara kita lepas bracketnya dan tanda tadi dibor dengan kedalaman 3.5 cm menggunakan mata bor nomor 6.
Setelah dibor lalu masukan viser ke lubang bor-boran dan terapkan bracket pada lubang bor tadi. Pasang baut sekrup supaya bracket menempel dengan kuat.
Kenapa saya pilih menggunakan viser, sedangkan pakai paku saja bisa. Jadi begini, kalau pakai paku apabila dindingnya keras maka paku tidak kuat nantinya akan bengkok dan apabila dindingnya renyah maka bracket tidak bisa terpasang dengan kuat.
Setelah bracket terpasang, kita lihat ukuran untuk jarak dari pinggir bracket ke pangkal pipa. Misal panjangnya 7cm maka ukur lagi dari pinggir kanan bracket sepanjang 7cm mengarah ke kanan. Lalu ujungnya diberi tanda lagi dengan pena pada bagian pojok bawah sebelah kanan bracket. Setelah itu tinggal dibobok menggunakan mata bor khusus untuk bobok sampai dinding tembus/bolong.
Setelah selesai mari pasang indoornya, kita simak untuk pemasangan indoor.

Langkah ke 5

ambil indoor dan terapkan pada bracket yang tadi telah di pasang. caranya letakkan posisi tangga pas di bawah bracket,lalu ambil indoornya pasangkan pada bracket. adapun cara mudahnya yaitu kabel untuk ke out door di masukan pada lubang terlebih dahulu. setelah masuk tinggal pipanya dimasukan sampai benar-benar terpasang dengan rapat.
Ok .sukses sudah.

Langkah ke 6

Potonglah pipa AC sepanjang yang di butuhkan. standar panjang pipa biasanya 2m dan maksimal 7m. apabila pipa lebih dari 7m maka freon akan berkurang lebih banyak dan solusinya adalah dengan cara isi ulang freon.
setelah pipa di potong lalu ujungnya di masukin nepel atau semacam baut bagi yang belum mengenal nepel. pliring satu persatu ujung pipa.
tujuan pliring yaitu melebarkan ujung pipa supaya bisa diterapkan pada sambungan.
ditahap ini harus sangat berhati-hati karena apabila pliringan tidak center atau terlalu lebar maka ujungnya akan pecah.
total ujung yg di pliring berarti ada 4. lumayan banyak juga tahapnya,hehe
setelah semua ujung sudah dipliring,mari kita ke tahap berikutnya yaitu mememasang bracket out door.

Langkah ke 7

Cara memasang bracket out door. namanya juga out door berarti bracket harus dipasang di luar ruangan. kenapa harus di luar ruangan,karena out door/blower adalah sebuah mesin yang bekerja untuk pendinginannya. setiap mesin bekerja pasti mengeluarkan panas dan alangkah baiknya diletakan di luar ruangan.
prtama letakan tangga tepat berada di bawah tempat yang akan di pasang bracket. setelah itu kita ukur berapa panjang lubang dudukan antar kedua baut. misalnya panjang 47cm,langsung saja ambil waterpas panjang lalu tempel pada permukaan  tembok secara horisontal. ukur sepanjang 47cm dan pakaikan tanda dengan balpoin .
setelah itu bracket kita terapkan di lubang bagian atas pada tanda tadi dan lubang bagian bawah tandai juga dengan balpoin/p ena lalu yang satunya lagi demikian. berarti ada 4 tanda untuk pemasangan bracket.
tanda itu lalu di bor memakai mata bor nomor 10. setelah di bor empatnya kira” sedalam panjang dinabol,supaya dinabol bisa masuk.
setelah dinabol di masukan pada bor-boran tadi lalu kencangkan sampai benar-benar terpasang dengan kuat. OK sudah terpasang.
langkah selanjutnya yaitu memasang pipa AC.

Langkah ke 8

Cara memasang pipa AC. ambil pipa yang tadi sudah dipliring,terapkan ujung pipanya pada sambungan pipa indoor lalu kencangkan nepelnya menggunakan kunci inggris,pakai kunci tersebut dua-duanya karena yang satu untuk menahan dan satunya untuk mengencangkan. perlu di ingat saat nepel dikencangkan jangan sampai terlalu kencang atau tidak kencang bisa mengakibatkan kebocoran freon.
apabila sudah terpasang lalu arahkan ujung pipa ke sebelah kanan bracket caranya apabila pipa terlalu panjang maka pipa dibentuk melingkar. bagian ini harus sangat hati-hati karena pipa tidak bisa menekuk dengan tajam karena apabila pipa sampai terlalu menekuk dapat mengakibatkan freon tidak bisa mengalir di dalam pipa,alias mampet. solusinya pipa harus diganti lagi dan kembali ke tahap pliring.
setelah itu tempelkan kabel lalu dililit menggunakan blebed sampai ujung pipa. Jika sudah terpasang. Langsung lagi ke tahap selanjutnya yaitu meletakkan blower,memasang pipa dan memasang kabel blower.

Langkah ke 9

Memasang out door dan memasang apa yang untuk ke out door.
caranya angkat dahulu blowernya,gunakan bahu sebagai penyangga beban agar terasa lebih ringan lalu naiki tangganya letakan di bracket tersebut. yang belum terbiasa pasti akan merasakan kesusahan saat meletakan blower ke bracket. paskan lubang bautnya antara bracket dan blower supaya bisa dipasang baut pada tiap sudut blower dan kencangkan.
selanjutnya pasang ujung pipa pada sambungan disebelah kanan blower dengan cara sedikit menekuk pipanya dan arahkan ke sambungan tersebut lalu kencangkan nepelnya begitupun yang satunya demikian. cara mengencangkannya sama seperti tadi. jangan sampai terlalu kencang atau kurang kencang,kalau terlalu kencang pipa akan pecah dan akan mengalami kebocoran. kalau sampai pecah lakukan tahap pliring tadi.
selanjutnya memasang kabel untuk blower,caranya buka tutup di bagian sebelah kanan blower menggunakan obeng plus. pemasangannya sama seperti saat memasang kabel di indoor. biasanya warna coklat untuk kabel positif,warna biru untuk kabel negatif dan kuning untuk kabel ground.

setelah kabel terpasang lalu tutup lagi.
sekarang tinggal membuka freon. caranya buka tutup pengaman sebelah kanan nepel. terdapat 3 tutup pengaman,lepaskan semua dengan kunci inggris. setelah itu ambil kunci L,cari kunci yang pas lalu masukan kunci pada jalur pipa yang kecil dan putar ke kiri alias kendorkan seditlkit selama 3 detik lalu tutup lagi. lalu tekan pentil yang ada di jalur pipa besar sampai tekanan benar-benar kecil. cara ini untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam pipa supaya isinya tergantikan dengan freon. kendorkan lagi sampai pol,sampai mentok sehingga freon mengalir semua di pipa kecil terus gantian membuka pipa yang satunya lagi yaitu pipa yang besar. sampai pol juga. tutup pengaman tadi yang dilepas lalu pasang lagi seperti semula.
Langkah ke 10
memasang kabel listrik. caranya apabila sudah terpasang stop kontak maka tinggal pasang jek saja. pada saat memasang kabel jek,warna kabelnya bebas kecuali warna kuning tetap diposisi ground. setelah terpasang lalu tancapkan ke stop kontak dengan membaca doa supaya AC langsung menyala dan bekerja dengan lancar.
apabila terdengan suara “bip” maka AC sudah menyala. tinggal kabel listrik di klem supaya lebih rapi. Program remot terlebih dahulu yaitu tombol mode di posisi cool,suhu di posisi paling rendah,fan di posisi cepat.tunggu sekitar 5 detik,apabila out door sudah bekerja dan udara diruangan pasti akan dingin. maka pemasangan AC berhasil.