Cara Menanam Semangka dalam Polybag di Halaman Rumah

Buah semangka pada umumnya di tanam di daerah tegalan serta di sawah. ternyata menanam buah semangka juga bisa di dilakukan di dalam polybag dan di halaman rumah yang sempit. Menanam semangka dalam polybag sangat mudah dan bisa Anda lakukan lahan di rumah.

Cara Menanam Semangka dalam Polybag

Menanam Semangka dalam Polybag- biasanya sudah dapat dipanen dalam waktu tiga bulan setelah tanam buah semangka. oleh karena itu, sangat menyenangkan jika Anda mau menanam tanaman semangka sendiri di halaman rumah dan memetik buah semangka dengan waktu yang relatif singkat.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menanam semangka dalam polybag.

  1. Penyemaian bibit semangka dalam polybag 

Penyemaian benih biji buah semangka bisa dilakukan dengan cara dibenamkan dalam polybag yang telah disediakan. Adapun media yang digunakan untuk benih biji buah semangka, yaitu tanah yang dicampur dengan pupuk kandang. Berikut ini cara membuatnya media tanamnya.

Cara Menanam Semangka dalam Polybag

  • Persiapkan tanah liat dan pupuk kandang secukupnya, kemudian tanah dan pupuk kandang tersebut dicampurkan dengan perbandingan 1 banding 1 yang dilumatkan menjadi satu.
  • Setelah tanah dan pupuk kandang tersebut di campur menjadi satu, masukkan campuran pupuk tersebut dalam polybag dengan ketinggian 3 sampai 4 polybag.
  • Sesudah media tanam buah semangka siap untuk ditanami, masukkan atau benamkan benih biji buah semangka di dalam polybag. Masukkan 2 biji benih buah semangka pada tiap polybag yang terisi campuran tanah dan pupuk kandang.
  • Letakkan polybag yang sudah ditanami biji benih buah semangka di halaman rumah dan usahakan terkena panparan sinar matahari pagi yang cukup.
  • Lakukan penyiraman pada polybag setiap hari.
  1. Mengolah tanah untuk tanaman semangka

Sebelum bibit semangka dari polybag dipindahkan ke halaman rumah, sangat diperlukan untuk melakukan pengolahan tanah. Pengolahan tanah bisa dilakukan dengan cara menggemburkankannya terlebih dahulu. Lalu tanah dicampur dengan pupuk kandang.

  1. Menanam bibit semangka

Menanam Semangka dalam Polybag- Setelah sepuluh hari dari penyemaian biji benih semangka di polybag, maka bibit semangka sudah bisa dipindah ke halaman rumah yang terkena sinar matahari dari pagi hingga sore. Setelah bibit ditanam di halaman rumah, lakukan pemupukan menggunakan pupuk urea.

  1. Pemupukan untuk tanaman semangka

Larutkan satu sendok urea dalam 10 liter air. Kemudian, siram menggunakan air secara perlahan dan merata ke tempat penanaman bibit buah semangka. Hal tersebut dilakukan karena tanaman buah semangka termasuk jenis tanaman yang cepat pertumbuhannya sehingga tanaman buah semangka membutuhkan nutrisi serta nitrogen dalam jumlah yang lumayan banyak.

  1. Merawat semangka

Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam budidaya buah semangka yaitu perawatannya. Ini karena buah tanaman semangka termasuk tanaman yang rentan terserang hama dan penyakit.

oleh karena itu, dianjurkan supaya Anda menyemprotnya dengan insektisida dan fungisida seminggu sekali selama tanaman buah semangka masih dalam masa pertumbuhan. Dosis penyemprotan tanaman buah semangka, yaitu sebanyak satu sendok teh dalam 10 liter air. Biasanya tanaman buah semangka mudah sekali terkena hama dan penyakit saat musim hujan. Karena itu, penyemprotan tanaman buah smangka pada musim hujan harus sangat diperhatikan.

6. Manfaat semangka

 Menyehatkan Jantung

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi buah semangka oleh wanita lanjut usia yang mengalami kekakuan aorta (pembuluh nadi pada bilik kiri jantung), selama enam minggu berturut-turut, bisa melemaskan kekakuan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi semangka.

Semangka mengandung vitamin A yang tinggi, dan vitamin tersebut sangat baik untuk kulit Anda. Secangkir jus buah semangka mengandung seperempat dari asupan vitamin A harian. vitamin A bisa bantu menjaga kulit dan rambut agar tetap lembab.