Cara menanam melon di polybag– Buah melon masih satu keluarga dengan buah semagka dan juga buah jenis labu labuan. Melon dengan rasa yang manis dan segar biasanya digunakan untuk hidangan pencuci mulut. Dan juga dibuat jus segar untuk menghilangkan dahaga.

Salah satu keistimewaan melon ini yaitu memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Selain itu cara budidaya melon juga sangat mudah dan tidak harus di tanah yang luas.

Cukup dengan bermodal polybag saja anda sudah bisa memiliki kebun melon di halaman rumah anda sendiri. Tanaman melon ini sendiri termasuk dalam tanaman semusim atau setahun yang mempunyai karakteristik menjalar dengan daun berbentuk menjadi dan memiliki batang membelit serta beralur kasar.

Kali ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara menanam melon di halaman rumah anda sendiri dengan memakai pot ataupun polybag. Caranya sangat mudah anda hanya harus mengikuti langkah – langkahnya saja.

Cara Menanam Melon di Polybag- Syarat Tumbuh Melon

Cara menanam Melon di Polybag

Dengan adanya melon di halaman rumah bisa membuat rumah anda menjadi lebih hijau dan sangat baik untuk lingkungan tinggal anda. Untuk hasil budidayanya, karena mempunyai nilai ekonomis tinggi melon dapat anda jual untuk mendapatkan keuntungan ataupun bisa anda konsumsi sendiri.

Ada beberapa tahapan yang harus anda perhatikan saat akan menanam melon memakai polybag. Supaya melon bisa tumbuh dengan baik dan sehat, sebelumnya ada beberapa syarat tumbuh yang harus anda penuhi terlebih dahulu. Syarat tumbuh ini sebenarnya bersifat wajib, karena kalau salah satu syarat ini tidak dapat terpenuhi maka pertumbuhan melon tidak akan optimal.

  • Pertumbuhan melon akan sangat optimal dengan ketinggian 250 sampai 800 meter dari permukaan laut
  • Iklim hujan sekitar 1.500 sampai 2.500 mm/tahun
  • Kelebaban udara sekitar 50 sampai 70%
  • Tanah yang digunakan yaitu andosol atau tanah liat berpasir dengan kandungan organik yang tinggi

Mempersiapkan Bibit

Bibit melon dapat dibeli di toko pertanian dengan memilih bibit yang unggul dan juga tahan hama supaya tidak repot lagi ke depannya. Untuk mempersiapkan bibit ada beberapa hal yang perlu anda lakukan.

  • Rendam bibit di dalam air yang telah dicampur dengan fungisida semalaman.
  • Tiriskan bibit lalu simpan dalam tempat gelap selama 12 sampai 14 hari hingga menjadi kecambah
  • Benih siap untuk dipindah ke media semai

Untuk mempersiapkan media semai, lakukan 2 fase berikut

  • Campurkan tanah dengan pupuk kandang, gunakan perbandingan dosisnya 2:1
  • Masukkan ke dalam polybag atau pot

Benih yang telah siap untuk dimasukkan media semai dipersipkan untuk masuk ke dalam media semai. Perhatikan dengan baik benih yang runcing harus dihadapkan kebawah dan pastikan media semai tidak terkena sinar matahari langsung. Siram media semai 2 hari sekali supaya mencegah media semai dari kekeringan.

Pemindahan ke Media Tanam

Bibit yang sudah berumur 2 sampai 3 minggu sejak masuk ke dalam media semai bisa dipindahkan ke media tanam. Saat ini biasanya tunas telah mencapai ukuran 10cm.

Sebelum media tanam bisa dipergunakan, terlebih dahulu siram media tanam dengan air agar akar cepat beradaptasi dengan media tanam. Waktu terbaik untuk memindahkan dari media semai ke media tanam pada saat pagi hari atau sore hari.

Hindari pemindahan pada siang hari karena dapat membuat akar menjadi rusak. Biasanya tanaman melon mulai menjalar pada usia 5 sampai 8 hari setelah masuk ke media tanam. Pada usia ini sebaiknya pasang lanjaran supaya arah rambatan dapat diatur.

Cara Menanam Melon di Polybag- Pemanenan Buah

Cara Menanam Melon di Polybag

Bisanya buah mulai tumbuh pada umur 20 hari atau lebih setelah tanaman melon ini ditanam. Anda bisa merawatnya hingga umur 60 hari sampai buah siap untuk dipanen. Untuk bisa mengetahui buah siap dipanen atau tidak, anda dapat melihat ciri ciri berikut ini:

  • Warna kulit buah sudah putih kekuningan
  • Pada bagian tangkai terdapat cincin bisa juga lingaran retak
  • Aroma harum bisa dicium dari buah melon

Tidak terlalu susah untuk melakukan budidaya tanaman melon di halaman rumah sendiri. Yang perlu anda lakukan hanyalah sedikit ketelatenan dalam merawatnya.

Anda dapat menjadikan tanaman melon ini sebagai penghias taman ataupun ruangan, atau bisa juga dimasukkan dalam daftar agribisnis anda karena melon mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi

Demikian artikel tentang cara menanam melon di polybag. Apabila anda kurang puas dengan artikel ini anda bisa mengunjugi website cara budidaya melon. Sekian dan terima kasih.