Kemarin saya membahas tentang resep es kopi kekinian dan sekarang saya mau membahas tentang cara menanam kopi.

Jika kamu tertarik ingin coba menanam kopi dirumah dan juga cara budidaya tanaman kopi hal yang perlu kita ketahui adalah cara menanam kopi dengan cara menanam kopi di rumah sebagai berikut ini :

Cara Menanam Kopi di Rumah

Cari Biji Kopi Yang Baik Mutunya

Asal mula cara menanam kopi yang baik dimulai dari memilih biji kopi yang unggul.

Kamu bisa mencari biji kopi dari perkebunan kawan atau balai penelitian yang telah jelas mutunya dan punya produktivitas yang cukup tinggi, tahan terhadap nematoda, tahan bubuk buah dan batang.

Jika kamu masih belum paham coba tanyakan saja mana yang hasilnya banyak dan tahan dengan hama dan penyakit.

Buah kopi yang harus kita ambil adalah yang telah merah masak, pilih yang paling bagus, tidak cacat dan besarnya normal. Jika tidak memenuhi kriteria tersebut maka disingkirkan saja karena berpengaruh untuk masa depan.

Jika sudah menyortirnya lakukan hal berikut :

  • Buah Kopi dikelupas kulitnya diinjak‐ injak dengan kaki, namun kulit tanduk jangan sampai lepas.
  • Lendir yang melekat harus dibersihkan bisa dicuci atau digosok permukaannya dengan abu dapur.
  • Setelah melakukan pembersihan biji diangin- anginkan selama 1-2 hari, jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung, melainkan harus kering dengan angin.
  • Biji‐biji yang sudah kering, kemudian dilanjutkan pemilihan yang kedua kalinya. Apabila biji kopi tersebut hampa dan bentuknya buruk, harus disortasi, tidak usah perlu disemai.

Biji Kopi Disemaikan

Biji kopi yang terpilih dalam keadaan kering bisa dilanjutkan dengan penyemaian. Butuh waktu menunggu musim yang tepat untuk itu simpanlah biji sementara waktu. Agar terhindar dari serangan hama bubuk, masukkan biji kopi dalam peti dan lakukan hal berikut :

  • Berikan minyak terpentin 1cc/100cm2 pada kain alas peti. Harus cukupkan biji setebal 5cm kemudian tutupkan kembali kain diatasnya dan begitu seterusnya sampai kotak terisi penuh.
  • Tutup rapat dan biarkan selama 3 hari 3 malam agar semua hama mati.
  • Jika ingin disimpan cukup agak lama campurlah dengan bubuk arang yang dibasahi dengan perbandingan 1kg bubuk arang: 150cc air.

Simpan Biji selama 3 bulan

Biji kopi yang sudah disimpan hingga 3 bulan kemungkinan tumbuh sekitar 90-100%. namun jika disimpan dalam 6 bulan daya tumbuhnya 60-70%. Jika memungkinkan penyimpanan dilakukan selama 2 bulan.

Kalau kamu ingin menanam kopi di kebun harus perhitungkan lahan yang ditanam dengan bibit 2 kali lipatnya. Artinya jika kamu ingin menanam 100 pohon kopi maka kamu harus perlu 200 bibit kopi.

Taburkan bibit kopi tersebut pada bulan November/ Desember yang bibit tersebut sudah berumur 3- 4 bulan.

Menyemai Biji Kopi

Dalam proses penyemaian ada 2 tahapan. Yang pertama tahap Perkecambahan dan ke- 2 pemindahan dari perkecambahan ke polybag atau media tanam.

1. Tahap Perkecambahan

Untuk perkecambahan sebelum ditanam di persemaian biji dibenamkan pada pasir harus menghadap ke bawah. Punggung biji kopi menghadap ke atas dan perut biji kopi menghadap ke bawah pasir hingga bagian teratas kelihatan rata dengan pasir.

Benamkan biji kopi secara berbaris dalam satu garis, jarak antara baris tanaman adalah 5 cm. Jarak antara biji dengan biji adalah 2,5 cm

Jika kamu menanam biji kopi di lahan setiap 1 m bisa memuat 2000- 3000 biji kopi tergantung besar kecilnya biji dan jenisnya. Setelah selesai pembenaman biji kopi berikan lagi pasir secara tipis- tipis dan jagalah agar selalu tetap lembab.

Carilah lalang atau jerami yang sudah dipotong-potong antara 0,5 – 1 cm untuk ditutup kan ke atas pasir tadi. Lakukan penyiraman 2 atau 3 kali sehari setelah berumur 4- 8 minggu sampai biji kopi tersebut berkecambah.

Biji kopi yang sudah berkecambah dapat dipindahkan ke persemaian atau tempat dederan.

Jika iklim saat proses perkecambahan panas membutuhkan waktu 3 sampai 4 minggu namun jika perkecambahan dalam cuaca dingin dapat memakan waktu 6- 8 minggu.

Kamu tidak perlu khawatir jika terjadi perhentian menumbuh ketika berumur 2-3 bulan. Bibit kopi masih menunggu sampai kulit ari lepas dan cotyledon akan bisa membesar menumbuhkan soldatje.

Kemudian cotyledon terangkat seperti masih melekat kemudian terpisah dan tumbuh sepasang keping daun yang disebut dengan kepel. Kemudian Setelah ini sudah bisa dipindahkan ke penyemaian.

2. Pemindahan bibit kopi ke polybag/ media tanam

Kecambah yang sudah berupa kepel dipindahkan ke polybag secara hati- hati agar supaya akar tidak sampai rusak. Proses pemindahan jangan dicabut melainkan harus dicongkel dengan bambu.

Isi polybag dengan media tanam terdiri dari pasir, kompos dan tanah dengan perbandingan 1:2:1. Perbaikilah bentuk akar ketika dipindahkan ke persemaian agar tidak tumbuh bengkok sehingga kurang baik.

Bibit-bibit polybag ini diberikan naungan atap agar tidak terkena hujan dan terik matahari langsung. Lakukan penyiraman tanaman sebanyak 1 sampai 2 kali sehari, tergantung kelembapan tanah dan berikan pupuk susulan minimal dilakukan pada bulan ke 3 dan ke 5.

Cara menanam kopi ke areal perkebunan

Lahan penanaman dicangkul sedalam 30cm atau lebih. Harus Usahakan tanah berstruktur baik bersih dari bebatuan dan kayu-kayu sisa atau potongan pohon setelah itu diberi pupuk organik.

Gunakan pupuk bisa berupa kompos, pupuk kandang ataupun pupuk hijau dan sebagainya.

Selanjutnya lahan menyemai dibuat petak-petak dengan ukuran 1,20m dan panjang 10m membujur ke arah utara-selatan. Cara menanam kopi dengan cara ini sangat baik jika anda ingin punya masa depan kebun kopi berhasil sempurna.

Demikian cara menanam kopi, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang berminat mempunyai tanaman pohon kopi.