Kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat tepung jagung yang sangat enak dan anti gagal. Tepung ini sangat kaya manfaat dan pastinya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Jagung

Jagung adalah tanaman jenis monokotil atau bisa disebut dengan tanaman berkeping tunggal. Untuk beberapa penduduk di daerah amerika dan juga didaerah indonesia jagung ini sudah merupakan makanan yang sangat pokok.

Menjadi makanan pokok bagi setiap beberapa penduduk karena jagung ini juga termasuk makanan yang berkarbohidrat terpenting di dunia, setelah gandum dan juga padi. Bagi kita yang orang didaerah timur, jagung ini biasanya lebih dimanfaatkan sebagai makanan pelengkap.

Beberapa makanan pelengkap berbahan dari jagung adalah berupa bakwan jagung, sayur jagung (sup jagung), jagung bakar, rolade jagung, pudding jagung, martabak jagung, bubur jagung, es jagung, roti isi jagung, hingga sweet corn.

Namun kali ini, penulis tidak membahas contoh-contoh makanan tersebut, melainkan akan membahas tentang tepung jagung. Tepung jagung ini juga tentunya terbuat dari biji jagung yang bisa diolah menjadi makanan baru tang sagat enak.

Tepung Jagung

Merupakan produk olahan dari tanaman jagung. Jagung adalah salah satu hasil pertanian yang mengandung karbohidrat. Di dunia, jagung merupakan bahan makanan pokok yang menduduki urutan ketiga setelah gandum dan padi.

Tanaman jagung berasal dari Amerika, kemudian tersebar ke seluruh dunia berkat para pedagang yang berlayar mencari atau menjual barang dagangannya. Di Indonesia, jagung sangat mudah didapat dengan harga yang relatif murah.

Banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Banyak masyarakat di indonesia seperti yang ada di pulau madura dan daerah sulawesi yang menjadikan jagung untuk bahan makanan pokok utama sebagai pengganti nasi.

Tepung ini memiliki ciri-ciri warna yang kuning dan tekstur yang kasar. Jenis tepung ini terbuat dari jagung putih kering yang digiling atau ditumbuk sampai menjadi tepung dengan butiran seperti pasir. Tepung polenta atau tepung jagung ini biasanya dijual dalam kemasan yang berukuran kira kira 250 gram hingga1 kilo.

Ada dua macam tepung polenta yaitu tepung polenta kuning dan juga tepung polenta putih, akan tetapi yang lebih sering diolah adalah tepung polenta yang berwarna kuning. Nama tepung polenta ini sendiri merupakan sebutan untuk hidangan dengan jenis bubur jagung yang pertama kali berasal dari Italia Utara.

Tepung polenta satu ini sangat cocok untuk dijadikan bubur, puding, campuran schotel, biskuit, cake atau sebagai camilan lainnya. Selain itu, sosis goreng yang dibalut dengan tepung yang sangat tenar dengan nama corn dogs ini juga dibalut menggunakan adonan tepung polenta juga. Tepung polenta biasanya juga digunakan sebagai bahan baku tortilla.

Cara Membuat Tepung Jagung

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • Jagung secukupnya

Alat yang Digunakan:

  • Alat Pemipil Jagung
  • Blender
  • Ayakan atau Penyaring

Cara Membuat Tepung Jagung:

    1. Pertama hal yang harus dilakukan untuk pembuatan tepung jagung ini adalah dalam pemilihan jagung. Jagung yang harus dipilih haruslah jagung yang sudah berumur cukup tua. Jagung yang tua ini akan menghasilkan kualitas tepung yang lebih baik daripada jagung yang masih muda.
    2. Langkah selanjutnya, jagung ini harus dikupas kulitnya dan juga dibersihkan dari serabut rambut jagung.
    3. Jemur jagung menggunakan terik matahari langsung sampai benar benar kering, kemudian jika sudah mengering, pipilah jagung tadi menggunakan mesin pemipil jagung. Pemipilan jagung di sini adalah untuk proses pelepasan biji jagung dari bonggol jagung.
    4. Proses selanjutnya adalah menghaluskan biji jagung tersebut menggunakan blender sampai benar benar lembut. Pastikan tidak ada biji jagung yang masih kasar sehingga dalam pemblenderan dapat dilakukan berulang-ulang hingga mendapatkan hasil yang benar-benar lembut.
    5. Pisahkan antara biji jagung yang lembut dan kasar menggunakan ayakan atau pun penyaring jika masih ada biji jagung yang terlalu kasar. Biji jagung yang kasar tersebut masih dapat diblender ulang sehingga tidak perlu dibuang.
    6. Jemur kembali jagung yang sudah diblender tadi di bawah sinar matahari langsung biji yang telah menjadi tepung tersebut untuk mengurangi kandungan airnya yang masih  ada di dalamnya.
    7. Tepung yang sudah dijemur dan tidak lembab sudah dapat langsung digunakan.

Jadi itu tadi ulasan tentang cara membuat tepung yang sangat mudah dan sederhana. Selamat Mencoba!