Kita sudah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama tempura. Makanan khas Jepang ini umumnya menggunakan bahan dasar udang, kini dapat diganti dengan bahan lainnya. Anda dapat memilih bahan sayur, sosis ataupun daging. Cara membuat tempura ikan patin pun tidak terlalu sulit.

Pengertian Tempura

Tempura merupakan makanan yang berasal dari Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda.

Cara membuat tempura patin juga mudah. Selain membahas tentang cara membuat keju parmesan, disini saya juga akan membahas tentang cara membuat tempura ikan patin.

Sejarah Tempura :

Tempura adalah Makanan olahan yang terbuat dari ikan atau sayuran, yang dibalut dengan campuran tepung gandum, air dan telur lalu digoreng dengan minyak sayur. Sufah banyak restoran yang biasa menyediakan tempura renyah yang baru matang secara sederhana hanya dengan bumbu garam.

Pada umumnya Tempura dimakan bersama bumbu kecap. Tempura yang dicampur dengan sedikit arak dan kaldu ikan ditambah dengan lobak tumbuk atau jahe tumbuk.

Pada mulanya kata tempura berasal dari Bahasa Portugal atau juga dari Bahasa Spanyol. Pada abad ke 16 – 17, ada Fritter, makanan yang datang dari Barat, Fritter inilah yang diperkirakan kemudian berkembang menjadi bentuk Tempura di Jepang saat ini.

Cara Membuat Tempura Ikan Patin

Bahan-Bahan :

  • 500 gr ikan patin
  • 2 bawang putih
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1/2 baking powder
  • secukupnya Minyak goreng
  • 1 sdm garam dapur
  • 1 butir telur ambil putihnya saja
  • Air es
  • secukupnya Air
  • 5 sdm tepung terigu

Cara Membuat Tempura Ikan Patin

  1. Siapkan ikan patin segar kemudian fillet ambil dagingnya saja. Hati-hati saat mengfillet dagingnya jangan sampai lemak dan duri tercampur.
  2. Haluskan daging yang telah di fillet tadi hingga benar-benar halus.
  3. Ikan patin yang sudah halus tambahkan baking powder haduk merata. Tambahkan tepung terigu aduk terus.
  4. Siapkan bumbu seperti bawang putih, gula pasir dan lada bubuk hingga halus. Aduk hingga merata.
  5. Siapkan air mendidih.
  6. Masukan daging yang telah dimasukan kedalam plastik / daun pisang.
  7. Tunggu hingga benar-benar mendidih.
  8. Siapkan air dingin tunggu hingga membeku lalu potong sesuai selera.
  9. Tempura ikan siap disajikan.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Patin

1. Mengurangi Kolesterol

Manfaat ikan patin yang pertama adalah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Setiap manusia pasti mempunyai kolesterol. Namun perbedaannya ada pada kadarnya, wajar, atau berlebihan. Jika kolesterol terlalu menumpuk, pembuluh darah bisa tersumbat. Ini akan memicu beragam penyakit seperti darah tinggi sampai jantung.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, kolesterol bisa memicu penyakit jantung. Kamu pasti tahu jika penyakit ini merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia bukan? Dengan mengonsumsi ikan patin, kamu bisa sedikit menghindari kambuh atau terjadinya penyakit jantung. Semua ini berasal dari lemak tak jenuh yang dikandung kan patin. Sebab lemak tak jenuh ini akan menghambat pembuluh darah.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat ikan patin berikutnya yakni mempercepat proses penyembuhan luka. Rata-rata luka kecil misalnya tergores atau lecet akan sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari. Namun jika lukanya serius, maka membutuhkan proses yang lebih lagi. Apalagi jika mempunyai riwayat penyakit hemofilia, diabetes, dan lainnya yang menjadikan tubuh sulit menyembuhkan diri.

4. Menguatkan Tulang Dan Gigi

Tidak hanya daging ikan patin saja yang bermanfaat. Ternyata tulang alias durinya juga mempunyai kandungan fosfor dan kalsium cukup tinggi. Kedua kandungan ini juga berperan penting untuk kebutuhan fosfor dan kalsium tubuh kita.

5. Baik Untuk Sistim Syaraf

Tak hanya baik untuk sistem peredaran darah, ikan patin juga bermanfaat untuk memperlancar sistem syaraf. Tugas sistem syaraf adalah untuk menerima informasi yang membuat rangsangan. Jika sistem syaraf tidak beres adalah sakit kepala berlebihan di kepala.

Nah, itulah cara membuat tempura ikan patin. Semoga artikel diatas dapat berguna untuk para pembaca. Selamat Mencoba sendiri dirumah.