Sering makan telur gulung yang dijual di depan sekolah atau beli di pinggir jalan saat kalian keluar rumah? Yuk cobain cara membuat telur gulung keju korea, supaya kalian gak bosan dengan resep telur gulung yang bentuknya gitu-gitu aja!

Cara membuat telur gulung keju korea sesuai namanya memiliki salah satu bahan penyusun yaitu keju. Tahukah kalau keju merupakan bahan makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi.

Proses koagulasi atau pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil proses ini nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara. Dari awalnya hanya produk susu biasa dapat diproduksi berbagai variasi produk keju.

Keju sudah dikenal sejak jaman prasejarah walaupun tidak ada bukti kapan pembuatan keju pertama kali dilakukan. Orang prasejarah mulai meninggalkan gaya hidup nomaden dan beralih menjadi beternak kambing, domba maupun sapi.

Alasannya adalah kebersihan yang kurang, erkena sinar matahari secara langsung atau terkena panas dari api maka susu dalam bejana tersebut menjadi asam dan kental.

Mereka tidak langsung membuangnya, akan tetapi mencobanya dan ternyata susu tersebut masih dapat dimakan, dan itulah pertama kalinya manusia menemukan keju krim asam (sour cream cheese).

Dalam budaya Yunani menyebutkan bahwa Aristaeus yang menemukan keju. Tulisan Odyssey, Homer (800 SM) mengatakan bahwa Cyclops membuat keju dengan menggunakan dan menyimpan susu domba dan kambing.

Keju yang berasal dari kambing merupakan komoditas yang penting di Yunani, dan mereka percaya bahwa keju dapat membuat perwira lebih kuat, Hippocrates pernah menggunakan keju untuk mengatasi peradangan, dan keju juga merupakan persembahan bagi dewa-dewa.

Pabrik pertama keju dibuka di Swiss tahun 1815, tetapi Amerika Serikatlah yang memproduksi keju dalam skala besar untuk pertama kali dan sukses. Saat ini, lebih dari 400 jenis kejuu yang terdapat di seluruh dunia.

Tertari untuk membuat olahan dengan keju? Cek resep dibawah!

Cara Membuat Telur Gulung Keju Korea

Bahan-Bahan:

  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt kaldu jamur, bisa diganti keju
  • 2 batang daun prei, dirajang halus
  • 1 buah wortel potong kotak-kotak kecil, bisa direbus terlebih dahulu
  • 1 buah sosis ayam/sapi, potong kotak-kotak kecil
  • 3 butir telur (bisa telur ayam atau telur bebek)
  • 1 buah tomat ukuran kecil, buang bijinya dan iris kotak

Cara Membuat Telur Gulung Keju Korea:

  1. Siapkan bahan dan kocok telur bersama garam dan penyedap.
  2. Panaskan teflon dengan api kecil, beri minyak goreng sedikit saja. Masukkan 1/4 adonan telur kocok. Ratakan membentuk lingkaran dengan cara memutar teflon. Taburkan wortel dan sedikit bawang prei. Gulung telur setelah bagian bawahnya mulai kokoh (jangan terlalu kering). Gunakan bantuan 2 spatula kayu saat menggulung supaya telur tidak robek.
  3. Bawa gulungan telur tadi ke pinggir teflon, kemudian tuang kembali adonan telur kocok. Taburi sosis dan bawang prei. Gulung telur gulung pertama, lakukan searah agar hasil lebih rapi.
  4. Pinggirkan lagi gulungan telur. Tuang kembali adonan telur kocok. Taburi dengan tomat dan bawang prei. Gulung lagi telurnya dan sisihkan di pinggir. Tuang adonan kocokan telur terakhir dan gulung lagi.
  5. Balik telur hingga semua permukaannya agak kecoklatan dan matang merata.
  6. Setelah dingin, potong telur dan sajikan.

Jadi begitu ya readers cara membuat telur gulung keju korea. Selain resep telur gulung diatas, telur juga bisa diolah menjadi sosis telur yang lebih mudah dibuat jika kalian menggunakan mesin sosis telur. Jadi step-step yang kita lakukan gak akan sebanyak cara membuat telur gulung keju korea diatas ya.

Selamat mencoba ya! Semoga berhasil dan suka dengan hasil masakan kalian!