Apakah anda tahu bagaimana cara membuat susu kunyit? Susu kunyit merupakan minuman khas India. Cara membuat susu kunyit juga terbilang cukup mudah jika anda penasaran dan ingin membuatnya sendiri di rumah. Selain susu kunyit, kunyit juga biasa digunakan dalam berbagai makanan. Salah satunya sayur sop.

Disamping pembuatan susu kunyit itu mudah, cara menanam kunyit itu sendiri pun mudah lho.

Saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat susu kunyit dengan mudah. Berikut ini cara lengkapnya.

APA ITU SUSU KUNYIT?

Secara tradisional, susu kunyit (haldi doodh) berasal dari praktik Ayurveda dan lazim dalam budaya dan masakan India.

Dalam bentuk yang paling sederhana, ini adalah kombinasi susu hangat dan kunyit. Kebanyakan resep tradisional akan menggabungkan kunyit dengan susu sapi utuh, tetapi dengan putaran kami pada susu asli yang lezat ini, Anda dapat menggantinya dengan susu apa pun yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda. Baik itu susu almond tanpa pemanis, susu mete, susu oat, atau susu lain yang Anda sukai!

Anda juga dapat menambahkan komponen tambahan seperti bumbu dapur, rempah-rempah, dan pemanis untuk meningkatkan rasa serta kepadatan nutrisi setelah dihangatkan.

MANFAAT KESEHATAN SUSU KUNYIT

Resep khusus susu kunyit ini merupakan sumber antioksidan, senyawa anti inflamasi, lemak sehat, mangan dan zat besi yang baik. Bahan-bahan tersebut sebenarnya bekerja sama secara sinergis untuk membantu meningkatkan nilai gizi satu sama lain.

Kunyit sendiri juga telah dikenal sebagai “bumbu penyembuh” dan telah digunakan untuk membantu banyak penyakit.

Dari sakit tenggorokan, pilek, dan flu hingga penyembuhan luka dan pengobatan lecet (karena sifat antibakteri dan antimikrobanya).

Kunyit adalah bumbu yang sangat bergizi sehingga saya juga suka menggunakannya dalam semua jenis hidangan, seperti One Bowl Skillet Meal saya , Kari Kelapa Pedas dengan Nasi Melati Manis ,  Sup Kembang Kol Kare serta dressing dan saus.

CARA MENGGUNAKAN SUSU KUNYIT

Sebagian besar dari kita pernah mendengar setidaknya satu kali atau yang lain bahwa minum susu hangat sebelum tidur akan membantu kita tertidur. Secara ilmiah, teori ini berasal dari fakta bahwa terdapat triptofan dalam susu (teori yang sama di balik kalkun membuat Anda mengantuk).

Namun, hanya ada sedikit penelitian yang mendukung teori ini ( nyatanya, penelitian ini mengatakan sebaliknya). Karena itu, komponen penghangat sederhana dari susu ini menjadikannya minuman favorit saya sebelum tidur! Ini cara yang bagus untuk membantu bersantai setelah hari yang melelahkan.

Tetapi jangan berpikir bahwa itu harus dimiliki pada malam hari! Ini juga dapat digunakan sebagai latte pagi yang enak untuk memulai hari Anda dengan nutrisi.

CARA MEMBUAT SUSU KUNYIT

Jangan takut untuk membuat resep ini sendiri! Anda dapat mendapatkan ASI apa adanya, atau menggunakan salah satu penyesuaian halus yang tercantum di bawah.

Selain itu, jika Anda umumnya merasa rasa kunyit terlalu kuat, Anda dapat memulai dengan menambahkan lebih banyak madu atau sirup maple untuk sedikit mempermanisnya. Seiring waktu, Anda dapat mengurangi jumlah pemanis secara bertahap saat Anda sudah terbiasa dengan rasanya.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa semakin lama Anda merebus bahan dengan api kecil-sedang, semakin kuat dan kuat rasanya.

Saya juga punya tips cepat untuk Anda jika Anda ingin menyiapkan susu kunyit lebih cepat! Tambahkan sekitar 1/2 sendok teh kunyit bubuk, sedikit kayu manis, dan sedikit garam laut ke dalam susu almond. Kemudian goyangkan saja dan Anda siap berangkat!

Itu dia tadi bagaimana cara membuat susu kunyit dengan mudah, baik dan benar. Apakah anda tertarik mencoba membuatnya di rumah sendiri? Semoga informasi tentang cara membuat susu kunyit ini dapat bermanfaat bagi semua orang dan selamat mencoba!