Pada arikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat susu kedelai dengan mudah dan enak. Namun tahukah kamu apa itu susu kedelai?? mari kita simak..

Sudah adalah rahasia umum jika susu kedelai murni kaya akan gizi dan nutrisi yang tentu saja bagus untuk kesehatan. Tentu saja berbeda dengan susu sapi, kita tidak memerah susu dari tanaman kedelai namun cara membuatnya dari memblender biji kedelai dengan air. Cara membuat susu kedelai tentu sangat mudah. Selain membuat susu kedelai sendiri bisa tahu kebersihannya, susu kedelai dapat menjadi peluang usaha yang bagus.

Tidak hanya menjadi konsumsi pribadi, susu kedelai juga bisa dijadikan susu pengganti untuk bayi. Memang harusnya asi menjadi sumber utama makanan untuk bayi, namun pada beberapa kasus ASI bisa digantikan perannya dengan susu kedelai. Atau susu kedelai dapat menggantikan susu formula untuk bayi atau anak yang alergi terhadap protein susu sapi.

Susu kedelai memang kalah populer jika dibandingkan dengan susu sapi. Beberapa beralasan karena rasa dari susu kedelai murni aneh atau kurang lezat, untuk itu perlu disiasati pula dengan memberi campuran rasa baik rasa coklat maupun rasa buah lainnya. Langsung saja simak cara membuat susu kedelai murni atau cara membuat susu kedelai untuk bayi mesin giling kedelai.

Cara Membuat Susu Kedelai yang Sehat dan Bergizi

Bahan :

  • Biji kedelai kg
  • Air mineral 10 L
  • Gula 4 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 3 lembar

Cara membuat :

  1. Cuci bersih biji kedelai lalu rendam biji kedelai itu dengan air selama 8 jam. Lalu uci lagi dan buang kulitnya.
  2. Lalu blender biji kedelai yang sudah direndam dengan 10 L air mineral. Lalu saring dengan kain katun bersih sebelum direbus.
  3. Rebus susu kedelai dengan api sedang. Masukkan pula gula dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih.
  4. Saring susu kedelai menggunakan kain katun bersih.
  5. Susu kedelai siap disajikan.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan:

susu kedelai2

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Turunkan Tekanan Darah

Kandungan protein dalam susu kedelai sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis, termasuk jantung.

Kandungan asam amino dan isoflavone dalam susu kedelai juga sangat berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Beberapa ahli gizi telah melakukan penelitian dengan membandingkan susu kedelai dan susu sapi. Hasilnya menyatakan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan susu sapi.

2. Melawan Sel Kanker

Susu kedelai berfungsi untuk melawan sel kanker. Minuman tersebut mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Anda bisa mengonsumsi susu kedelai secara rutin untuk mengurangi risiko segala jenis kanker. Minuman ini bisa menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

3. Mengontrol Berat Badan

Susu kedelai mampu mengurangi risiko obesitas dan mengontrol berat badan. Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Mengingat susu kedelai kaya akan kandungan protein dan serat, sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, kedelai juga dapat dipercaya ampuh meninggikan badan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Sendi

Susu kedelai memang mengandung yang kalsium lebih rendah dari pada susu sapi. Namun susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Terlebih, kedelai juga mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi susu kedelai secara rutin, maka Anda dapat memelihara kesehatan otot dan sendi.

Sekian cara membuat susu kedelai ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.