Cara Membuat Sushi Enak Dan Murah inilah topik hari ini yang akan kita bicarakan dan nanti juga akan saya bagikan kepada teman-teman resep sushinya. Sebelum itu, ini ada sedikit info tentang sushi disimak ya.

Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang sangat ikonik dan telah dikenal luas oleh banyak orang di berbagai negara. Bisa dibilang, sushi menjadi salah satu kuliner yang paling dicari banyak orang saat sedang berkunjung ke Negeri Sakura.

Cara Membuat Sushi Enak Dan Murah

cara membuat sushi murah meriah

Bahan-Bahan :

  • 6 buah Tahu pong
  • 200 gr Nasi panas pulen
  • 1 pack Nori panggang mamasuka
  • 1/2 sdm Wijen sangrai
  • 400 ml Air untuk merebus dan membuang sisa minyak di kulit tahu

Untuk Merebus Tahu Pong :

  • 150 ml Air
  • 2 sdm Kecap asin
  • 1 sdm Gula pasir

Larutan Untuk Nasi Sushi :

  • 1/4 sdt Cuka makan (karena aku gak nemu cuka beras berlabel halal)
  • 1/2 sdm Air hangat
  • 1 sdt peres Gula pasir
  • 1/4 sdt peres Garam
  • Setetes Minyak wijen (tambahan dariku)

Untuk Topping (Opsional) :

  • 6 ekor Udang kupas
  • 1 batang Crab stick
  • 1/2 lembar Nori panggang (ambil aja jatah nori diatas ☝)
  • 1 sdm Mayonaise
  • Secubit garam dan merica bubuk

Langkah-Langkah :

  1. Potong sedikit salah satu sisi dari tahu pong sambil sekalian dikoreksi ukurannya biar seragam. Korek perlahan bagian dalamnya sehingga hanya tersisa kulit coklatnya saja.
  2. Rebus tahu dengan 400 ml air. Fungsinya disini untuk mengurangi minyak yang ada dikulit tahu. Buang air rebusannya. Bila Campur semua bahan untuk merebus tahu (air + kecap asin + gula pasir) rebus sampai mendidih. Masukkan tahu, masak sampai mendidih kembali. Matikan api. Biarkan dalam cairan sampai suhu turun. Tiriskan di saringan. Setelah dingin, peras tahu agar lebih kering.s tahu dengan air biasa lalu peras.
  3. Gunting kecil-kecil lembaran nori seperti serpihan. Jangan lupa sisihkan setengah lembar untuk topping nanti. Rebus udang dan crab stick sebentar saja. Setelah dingin potong jadi dua crab stick lalu suwir-suwir.
  4. Campur mayonais + merica bubuk + garam. Aduk rata. Lumuri udang dan crab stick suwir secara terpisah. Sisihkan.
  5. Campur semua bahan larutan untuk nasi sushi. Aduk sampai gula dan garam larut sempurna.
  6. Di baskom, masukkan nasi, wijen sangrai, dan serpihan nori. Tuang merata larutan cuka untuk nasi sushi. Aduk merata.
  7. Isi tiap kantung tahu dengan nasi nori, padatkan dengan cara menekannya lembut. Jika diberi topping, beri ruang/space sedikit, kalau polos saja tanpa topping, isi sampai penuh.
  8. Tata topping sesuai selera. Siap sajikan.

Manfaat Sushi

cara membuat sushi murah meriah

Sushi banyak digandrungi oleh masyarakat. Ternyata, makanan khas Jepang ini banyak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

1. Kaya Kandungan Omega-3

Bahan utama dalam pembuatan sushi ialah daging ikan dan jenis ikan yang paling sering dipakai yakni ikan tuna atau ikan salmon yang sangat kaya akan kandungan omega-3. Ikan yang masih mentah dan segar, masih memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi. Sehingga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan otak, dan mencegah hipertensi.

2. Mencegah Hipertensi

Pencampuran cuka beras pada nasi saat pembuatan sushi, bertujuan supaya memberi sedikit rasa asam pada nasi. Sehingga rasa dari daging ikannya dapat lebih terasa nikmat dan lezat. Manfaat dari cuka beras adalah sebagai antibakteri tinggi yang memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi atau darah tinggi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tidak hanya sushi, makanan pendamping yang disebut gari, memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit sistem imun, seperti flu dan batuk. Sebab, gari terbuat dari ginseng.

4. Melancarkan Pencernaan

Menurut Neng, kecap asin atau soyu memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan lambung dari bakteri jahat. Karena, soyu mempunyai kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi.

5. Meningkatkan Metabolisme

Sushi bisa meningkatkan metabolisme tubuh dikarenakan adanya nori sebagai pembungkusnya. Nori merupakan sejenis rumput laut yang berbentuk seperti kertas tipis. Selain itu, nori juga memiliki kandungan mineral, vitamin dan iodine yang bagi kesehatan tubuh.

6. Mengandung Zat Antibakteri

Wasabi adalah bahan pembuatan sushi yang memiliki cita rasa pedas sebagai penambah cita rasa. Wasabi juga sangat bermanfaat untuk membunuh kuman bakteri yang ada didalam tubuh serta juga tinggi akan kandungan vitamin C.

7. Mencegah Kanker

Minuman sebagai pelengkap sushi yang patut untuk tidak dipisahkan ialah Ocha. Ocha adalah minuman teh hijau khas dari Jepang yang sangat tinggi akan kandungan antioksidan.

Manfaat antioksidan itu sendiri adalah menangkal radikal bebas akibat polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Ocha juga bisa melancarkan pencernaan serta membunuh bakteri yang bisa mengakibatkan keracunan makanan.

Itu lah beberapa manfaat dari Cara Membuat Sushi Enak Dan Murah yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Cara Membuat Sushi teman-teman juga akan menemukan tips cara membuat sushi yang baik dan benar juga sejarah sushi disana, semoga bermanfaat semua yang sudah saya share disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!