Cara Membuat Selai Nanas-Selain diolah menjadi jus atau dimakan langsung, buah nanas juga bisa dimasak menjadi selai nanas. Selai nanas bisa di jadikan olesan roti atau isian kue. Kamu juga bisa membuat selai nanas sendiri lho. Untuk bahan dasar pembuatan selai ini tidak lain yaitu buah nanas yang sangat segar. Nanas yang sudah matang bisa di jadikan selai yang manis dan legit.

Selai nanas buatan sendiri tentunya malah lebih lezat dan sesuai dengan selera serta bebas pengawet. Cara membuat selai nanas pun terbilang mudah dan nggak ribet. Kamu bisa mencincang buah nanas jadi kasar. Sebaliknya jika suka selai lembut, Maka kamu tinggal memarutnya hingga lembut. Kamu bisa membuat selai nanas yang legit dan aromanya menggugah selera banget.

Untuk bisa membuat selai nanas yang enak, Pilihlah jenis nanas yang manis. Nanas madu serta nanas Palembang dan Blitar.

Setelah dikupas dan dibuang matanya hingga bersih. Lumuri sedikit garam seluruh nanas dan diamkan sebentar. Selanjutnya parutlah nanas itu dengan parutan kelapa. Cara membuat selai nanas yang legit dan tahan lama. Sebelum mengetahui seberapa untuk cara pembuatan selai nanas ini, Perhatikan dulu tips dan trik cara membuat selai nanas berikut ini.

Perpaduan rasa manis serta asam, Segar yang legit khas dari buah nanas Indonesia ini memang pas sekali untuk dibuat selai. Apalagi hampir di semua daerah kita ada buah unik yang gampang di jumpai dan harganya pun cukup murah. Yang paling penting ini, Bagaimana cara membuat selai nanas yang legit, lezat serta tahan lama ini.

1.Cara Membuat Selai Nanas yang Legit dan Tahan Lama

cara membuat selai nanas

Bahan-Bahan:

  • 1 kg buah nanas
  • 500 gr gula pasir
  • 2 buah kayu manis
  • 4 buah cengkeh
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Selai Nanas:

1. Parut nanas hingga halus.

2. Masak nanas itu ke dalam wadah hingga mendidih.

3. Masukkan kayu manis, vanili dan cengkeh.

4. Masukkan gula dan garam, aduk rata hingga meleleh dan mengental. Masak terus hingga selai itu menyusut airnya serta padat sambil di aduk.

5. Makin kering selai nanas, makin sedikit kadungan airnya, makan akan semakin tahan lama selai nanas yang kamu buat.

6. Selai nanas sudah jadi. Biarkan dingin dan simpan dalam wadah tertutup.

2. Cara Membuat Selai Nanas untuk Olesan Roti

cara membuat selai nanas

Bahan-Bahan:

  • 1 buah nanas dan cincang kurang lebih hingga menjadi 2 cup
  • 3/4 cup gula pasir
  • 1/3 cup air
  • 1 buah jeruk nipis, buang biji dan iris tipis
  • 1/2 sdm butter

Cara Membuat Selai Nanas untuk Olesan Roti:

  1. Masukkan nanas cincang itu, gula pasir, irisan jeruk nipis serta air ke dalam panci. Aduk rata. Masak dengan api sedang sampai gula pasir larut.
  2. Biarkan mendidih sambil diaduk-aduk, kemudian tambahkan butter. Aduk rata.
  3. Masak selama 30 menit dengan api sedang sampai mengental sambil di aduk, Sesuaikan lama memasak dengan kekentalan selai yang diinginkan. Angkat dan dinginkan.
  4. Jika sudah dingin di tempatkan dalam wadah kedap udara, tutup rapat dan simpan dalam kulkas.
  5. Selai nanas buatanmu siap pakai

Cukup sekian dari kami apabila ada salah kata saya mohon maaf. Dan selamat untuk membuatnya dirumah dan semoga anda menyukainya!