Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Selada Padang dan sudah pasti teman-teman juga akan menemukan resep memasak sayur selada, dan juga manfaat selada bagi tubuh. Yuk, langsung saja simak baik-baik caranya dibawah ini.

Cara Membuat Selada Padang

cara membuat selada padang

Bahan-Bahan :

  • 4 butir telur rebus
  • 1 bonggol kecil selada
  • 1 buah ketimun
  • 4 buah tahu ukuran kecil
  • 1/3 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 130 ml air (sesuaikan)
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdm bawang goreng untuk taburan

Langkah-Langkah :

  1. Siapkan bahan. Cuci bersih ketimun dan daun selada. Daun selada dipotong-potong, ketimun diiris serong.
  2. Potong tahu jadi 4 bagian lalu digoreng. Telur dibelah dua, sisihkan bagian kuningnya sementara bagian putihnya dipotong memanjang.
  3. Untuk sausnya, haluskan kuning telur, campur dengan merica, garam, air jeruk nipis dan air. Aduk hingga kekentalan yang diinginkan.
  4. Penyajian: siapkan piring, taruh selada, irisan ketimun, tahu goreng dan putih telur. Siram dengan saus dan taburi bawang goreng.

Manfaat Selada Bagi Tubuh

cara membuat selada padang

1. Menyehatkan Jantung

Tingginya kandungan asam folat didalam sayur selada ini sangat bisa untuk mengurangi risiko dari penyakit stroke, penyakit pada jantung koroner atau bahkan penyakit emboli pada paru-paru loh. Vitamin A serta vit C yang terkandung didalam selada juga sangat bisa untuk bertindak sebagai antioksidan yang bisa mencegah timbulnya penyakit pada organ jantung.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan juga C yang terkandung bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, halus dan juga kencang. Selain itu, sayur selada yang kaya akan kandungan air yang sangat bermanfaat untuk membangkitkan kelembapan alami dari kulit.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin dalam selada dapat memperkuat sel-sel kekebalan tubuh, sehingga berbagai virus dan patogen dapat lebih terkontrol. Contohnya, vitamin A bisa mengatasi peradangan, infeksi dan juga kerusakan pada sel didalam tubuh.

4. Menyehatkan Mata

Sudah banyak diketahui jika vitamin A didalam daun selada bisa untuk membantu kesehatan pada mata. Dengan mengkonsumi selada secara teratur, dapat mencegah perkembangan penyakit seperti glaukoma, katarak dan pandangan kabur pada orang tua.

5. Mencegah Pengeroposan Tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium yang tinggi dalam selada dapat menyebabkan pencegahan penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

6. Baik untuk Wanita Hamil

Kandungan asam folat dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat. Selain dari pada itu, kandungan dari vitamin K bisa untuk mencegah perdarahan setelah ibu melahirkan. Dikarena alasan ini lah, wanita hamil sangat dianjurkan supaya mengkonsumsi sayur daun selada.

7. Menurunkan Berat Badan

Daun selada mengandung serat dan selulosa. Manfaat selada bisa memperlancar pencernaan. Bisa memperbaiki pencernaan mungkin kedengaran nya memang tidak bagus untuk bisa menurunkan berat badan kalian, tetapi sebenarnya sangat penting untuk mengontrol berat badan pada tubuh untuk jangka panjang.

Serat makanan juga membantu menghilangkan garam empedu dari tubuh. Ketika tubuh menggantikan garam-garam ini, itu memecah kolesterol untuk melakukannya. Itu sebabnya selada baik untuk hati.

8. Mengatasi Insomnia

Cairan putih yang keluar dari selada saat dipotong disebut Lactucarium. Cairan ini mempunyai sifat yang bisa membuat kita rileks, mirip dengan opium, tetapi tidak ada efek samping yang begitu kuat. Makan beberapa helai daun selada atau minum jus selada bisa mengatasi insomnia.

9. Menyingkirkan Racun

Kandung mineral di dalam selada bisa membantu untuk menyingkirkan racun dan juga menjaga keseimbangan asam ataupun basa. Setelah seimbang pada level ini, ada sejumlah manfaat, termasuk lebih banyak energi, pemikiran yang lebih jernih, tidur nyenyak dan peremajaan kulit.

10. Mengontrol Gula Darah

Sayur daun selada ini mempunyai banyak indeks glikemik yang rata-ratanya sekitar 15, tetapi dikarenakan juga mengandung sangat sedikit kalori, beban dari glikemik jadi dianggap nol. Makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah sangatlah bagus supaya mengatasi gula darah ataupun mengatur berat badan tubuh. Pastinya, sayur selada tidak mengandung gula putih ataupun gula halus.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari artikel Cara Membuat Selada Padang ini danĀ  silahkan kunjungi artikel Cara Menanam Selada jika saja kalian penasaran atau memang sedang mencari cara menanam selada, juga ada manfaat seledri untuk kecantikan selengkapnya disana.