Pada artikel akan membahs tentang cara membuat seblak mie kuah. Begitu banyak masakan khas Indonesia yang enak dan patut kamu cicipi, seperti misalnya seblak. Makanan khas Bandung ini memiliki cita rasa pedas.

Kini seblak tak hanya populer di Jawa Barat tapi, juga di daerah-daerah lain. Bahkan kini makanan yang tergolong ringan ini bisa kamu temukan di jajanan gerobak pinggir jalan.

Bahan dasarnya adalah kerupuk mentah yang sengaja direndam terlebih dahulu dengan air panas. Kerupuk ini kemudian dimasak bersama bahan lain sehingga menghasilkan rasa yang sangat menggugah selera.

Seblak sendiri ada banyak variannya. Mulai dari seblak ceker, seblak kuah, seblak bakso, seblak mie, seblak makaroni, seblak kering dan masih banyak lagi. Bicara mengenai seblak, variasi rasa dan toppingnya beragam.

Ukuran pedasnya pun bisa kamu sesuaikan sesuai selera kamu. Untuk siapa saja yang ingin mencoba memasaknya sendiri di rumah bisa banget, karena cara memasaknya mudah.

Nah kamu tidak perlu repot tentang bahan dan bumbu-bumbunya karena bisa dengan mudah kamu dapatkan, karena kini sudah banyak yang menjual bahan instannya.

Manfaat SeblakĀ  Untuk Tubuh

Seblak digemari karena menggunkan beragam bumbu-bumbu yang menggoda lidah. Mengonsumsi seblak memiliki banyak manfaat asalkan dikonsumsi sesuai waktu yang tepat. Diantara manfaat seblak yaitu mencegah kanker, menghilangkan stres pikiran dan menjaga menurunkan berat badan.

Seblak dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja dari siang hari sampai malam, karena di waktu itulah seseorang sudah memikirkan kebutuhan dan beban pekerjaan.

Hal itu karena kandungan gizi pada seblak cukup banyak dan memiliki cita rasa pedas yang dapat menghilangkan beban pikiran. Dengan Mengonsumsi seblak untuk para pekerja yang dibuat pusing oleh pekerjaan dapat mengkonsumsi seblak sebagai jajanan sesudah makan agar keceriaan kembali.

Berikut cara membuat seblak mie kuah sederhana, enak dan mudah dibuat,

Cara Membuat Seblak Mie Kuah

cara membuat seblak mie kuah

Bahan :

  • 1 buah mi instan (sesuai selera)
  • 4 buah pentol baso
  • 5 buah ceker ayam (sesuai selera)
  • 1 buah sayap ayam
  • 1 buah telur
  • 2 buah tahu pong aci
  • Secukupnya daun bawang
  • Secukupnya merica
  • Penyedap rasa
  • Secukupnya minyak goreng
  • Jeruk

Bumbu halus:

  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai keriting
  • Sedikit kencur

Cara Membuat Seblak Mie Kuah :

  1. Rebus ceker ayam dan sayap ayam, beri sedikit merica dan bawang putih yang digeprek. Tunggu sampai matang, lalu sisihkan kaldunya.
  2. Tuang minyak goreng ke wajan, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum.
  3. Saat bau sudah tercium dengan bau harum, tuang air kaldu bekas rebusan ceker tadi secukupnya, pencahkan telur dan aduk aduk telurnya.
  4. Masukkan mi instan, sayap ayam, ceker ayam, dan pentol basonya. Aduk-aduk sampai matang. Ketika sudah matang taburi dengan daun bawang dan jeruk di atasnya.
  5. Seblak kuah mi instant siap dihidangkan.

Tips Membuat Seblak Yang Lezat

Sejatinya saat membuat seblak sangat wajib memperhatikan beberapa tips agar sajian seblak lezat dan menggugah selera. Ada banyak jenis seblak dan dapat dibuat sesuai keinginan. Untuk itu wajib memperhatikan tips dibawah ini saat membuat seblak, diantaranya adalah:

  1. Usahakan seimbangkan antara bumbu-bumbu agar cita rasanya terjaga. Misalnya seimbangkan bawang merah, bawang putih, minyak dan lainnya.
  2. Saat membuat seblak jangan langsung porsi banyak. Tapi hitunglah sekitaran berapa orang yang akan menyantap seblak. Hal itu berguna agar seblak disantap saat masih hangat. Seblak sangat nikmat dimkonsumsi saat masih hangat.
  3. Bahan-bahan atau bumbu-bumbu yang masih fresh mempengaruhi keadaan seblak maka gunakanlah bahan dan bumbu yang fresh agar sajian seblak semakin nikmat.
  4. Cuci dahulu bahan dan bumbu sebelum menguleg agar kesehatannya terjamin dan bebas bakteri.
  5. Gunakan wajan anti lengket agar saat menumis bumbu tidak ada bumbu yang menempel pada wajan dan membuat bumbu menjadi berkurang. Namun bagi yang tidak ada wajan anti lengket, dapat menggunakan wajan biasa yang penting sudah dicuci bersih.

Sejatinya resep seblak dapat dimanfaatkan untuk semua orang. Baik untuk konsumsi pribadi bersama keluarga, maupun untuk berjualan.