Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat rujak es krim dengan mudah dan enak. Namun, tahukah kamu apa itu rujak es krim?? Mari kita simak…

Di Yogya ada sebuah kudapan yang cukup gampang dijumpai, yakni rujak es krim. Dan, salah satu wilayah Yogya yang cukup banyak penjual rujak es krim adalah area Pura Pakulaman Yogyakarta.

Area itu pula ada seorang pelopor pejual rujak es krim yang telah menjajakan rujak es krim sejak tahun 1990, yakni Paino. Hampir sama dengan rujak pada umumnya, yang berisikan buah-buahan, hidangan rujak es krim juga berisikan serutan mentimun, mangga, kedondong, pepaya, nanas, bengkoang, di siram dengan sambal kemudian di beri toping es krim.

Beberapa bahan baku yang digunakan untuk membuat sambalnya adalah asam jawa, kencur, gula jawa, cabai dan sedikit air. Cita rasa dari rujak es krim ini cukup unik, perpaduan rasa pedas, asam, manis dari rujak serut berpadu dengan rasa es krim (es puter berbahan dasar santan) yang teksturnya lembut, dingin dan segar.

Cara Membuat Rujak Es Krim Paling Uenak di Jamin Nagih Terus

rujak es krim2

Bahan :

200 g nanas, iris korek api

dan 200 gram pepaya mengkal, iris korek api

400 g gula pasir

1 ½ l air

600 g es krim

dan 200 ml Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat

200 g mentimun, buang biji, iris korek api

Bumbu Rujak:

5 bh cabai rawit merah

½ sdt terasi goreng

dan 1 sdm asam jawa

¾ sdt garam

dan 2 sdm air jeruk nipis

rujak es krim1

Cara membuat:

  1. Didihkan air. Masukkan bumbu rujak. Rebus sampai harum.
  2. Dan masukkan gula pasir, aduk rata. Masak sampai larut. Angkat.
  3. Tambahkan nanas, pepaya, mangga, dan mentimun, aduk rata.
  4. Masukkan air jeruk nipis. Dinginkan.
  5. Sajikan dengan es krim dan siraman Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat.

Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan:

Kaya Kalsium

Es krim dibuat dengan produk susu yang kaya akan kalsium dan nutrisi untuk memperkuat tulang dan menaikkan energi tubuh.

Melindungi Gigi dan Gusi

Kalsium yang terkandung dalam es krim juga berguna untuk melindungi gigi dan membangun gusi yang kuat. Jadi, mulai sekarang pikirkan lagi sebelum berhenti memberi anak Anda es krim.

Mengurangi Peradangan

Cokelat dalam es krim juga bermanfaat bagi tubuh. es krim jenis ini kaya akan flavonoid yang mengurangi peradangan arteri jantung. Dark chocolate memiliki flavonoid yang melindungi arteri jantung dari kelelahan.

Kaya Vitamin

Satu sendok es krim memiliki banyak kandungan vitamin A, D, K dan B12. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin D menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan dan menyimpannya di ginjal. Vitamin K meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuka sel darah tersumbat. Vitamin B12 meningkatkan memori dan sistem saraf.

Menurunkan Berat Badan
Es Krim ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi sesuatu yang dingin akan meningkatkan suhu tubuh dan membakar kalori serta lemak.

Banyak Protein
Tubuh membutuhkan protein setiap hari untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Sesendok es krim dapat menyediakan jumlah protein yang cukup untuk satu hari yang aktif.

Rendah Lemak
Es krim yang dibuat dengan bahan rendah lemak seperti susu skim memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak. Jika Anda khawatir tentang masalah kenaikan berat badan, hal tersebut tidak akan terjadi.

Manfaat Rujak Es Krim Bagi Kesehatan

1. Baik untuk kesehatan tulang

Bahan dasar ice cream adalah susu yang kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsium dalam ice cream bisa menjaga kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis.

2. Gak bikin gemuk

Banyak yang bilang, es krim bisa membuat gemuk. Padahal, sebenarnya tingginya nutrisi dalam es krim nggak akan membuat berat badan jadi bertambah. Kandungan energinya malah membantu tubuh untuk menurunkan berat badan karena hanya 15 persen lemak yang disumbangkan.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Es krim kerap dilarang saat sedang batuk atau pilek. Padahal, es krim sebenarnya bukan penyebab pilek atau batuk. Bahkan, es krim sendiri mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Ketika es krim yang beku masuk ke dalam tubuh, maka es krim tersebut akan cepat meleleh karena bertemu dengan suhu tubuh.

4. Melawan Virus

Di dalam es krim terdapat kandungan laktoferin, zat antiviral untuk melawan berbagai jenis virus berbahaya, seperti cytomegalovirus, influenza, dan HIV. Selain itu ice cream juga mengandung banyak vitamin B12, A, D, dan protein serta antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh

Sekian acara membuat rujak es krim ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.