Pada artikel kali ini saya akan membahas artikel tentang tentang Cara Membuat Puding Susu Coklat Ntrijel Yang Enak dan Spesial. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Apa Itu Puding ?

Pudding merupakan nama untuk berbagai hidangan penutup (dessert) yang umumnya dibuat dari bahan- bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah pudding juga dipakai berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau pun buah-buahan yang dipanggang.

Pudding dapat diartikan sebagai makanan penutup yang mempunyai rasa manis dan terbuat dari agar- agar. Tetapi ada jenis pudding yang bukan terbuat dari agar- agar, yaitu puding dari telur serta dengan campuran tepung pati.

Pudding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur disajikan setelah didinginkan terlebih dulu. Pudding seperti ini rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, ataupun buah- buahan.

Tepung pudding instan memudahkan banyak orang membuat pudding karena hanya perlu dicampur susu atau pun air panas. Di Indonesia terdapat berbagai jenis pudding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan.

Buah- buahan yang dipakai untuk pudding misalnya dengan: jeruk, nanas, sirsak, mangga. Di Indonesia sering disebut dengan istilah Podeng.

Resep Puding Susu Coklat Nutrijel

puding

Bahan Membuat Puding Susu Coklat Nutrijel :

  • Nutrijel rasa cokelat sebanyak 1 bungkus
  • Agar-agar serbuk rasa cokelat sebanyak 1 bungkus
  • Susu bubuk rasa cokelat sebanyak 5 sendok makan
  • Gula pasir  8 sendok makan, dapat disesuaikan dengan selera masing-masing
  • Biskuit rasa keju (dapat menggunakan merk Nissin Crispy)
  • Air sebanyak 7 gelas

Cara Membuat Puding Susu Coklat Nutrijel :

  1. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mencampurkan semua bahan seperti serbuk agar-agar serbuk rasa cokelat, nutrijel rasa cokelat, susu cokelat bubuk, dan gula pasir. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Langkah selanjutnya yaitu tuangkan air lalu panaskan adonan tadi sambil di aduk secara perlahan hingga adonan mendidih. Setelah mendidih, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, siapkan satu loyang dan tuangkan adonan puding tadi hingga kurang lebih setinggi 2 cm.
  4. Kemudian susun biskuit keju di atas adonan puding tadi secara mendatar sehingga semua permukaan puding tidak terlihat dan tertutup biskuit.
  5. Untuk langkah selanjutnya yakni menunangkan kembali adonan puding pertama tadi di atas biskuit yang telah di susun secara perlahan agar biskuit tidak bergeser atau berubah posisi. Agar lebih aman, Anda dapat menuangkan adonan puding dengan menggunakan sendok sedikit demi sedikit secara perlahan.
  6. Lakukan cara tersebut hingga seluruh adonan puding habis dan berlapis-lapis. Diamkan hingga puding mengeras sempurna atau dapat Anda masukan juga terlebih dahulu ke dalam lemari es bagi yang suka kudapan dingin.
  7. Setelah mengeras, potong-potong puding cokelat nutrijel hasil kreasi Anda dan hidangkan selagi dingin.

Manfaat Puding

  1. Mencegah Kardiovaskular

Menurut para ilmuwan Jepang, ekstrak rumput laut dalam puding ini bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Untuk mempunyai pengidap stroke, rumput laut juga berguna untuk menyerap kelebihan garam pada tubuh.

  1. Pencegah Kanker

Penelitian di Harvard School of Public Health di Amerika mengungkapkan bahwa wanita premenopause di Jepang terkena tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara daripada wanita yang ada di Amerika. Soalnya, wanita yang ada di  Jepang punya pola makan yang selalu menambahkan rumput laut ke dalam menu mereka.

  1. Makanan Diet

Kandungan serat pada rumput laut ini  sangat tinggi bersifat mengenyangkan dan memperlancarkan proses metabolisme tubuh. Karena itu, puding ini yang mengandung rumput laut pun sangat baik dikonsumsi oleh mempunyai penderita obesitas.

Demikian tadi artikel yang saya buat. Makanan Puding Susu Coklat Nutrijel ini cocok disantap dengan Resep Kue Brownies. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dan disajikan untuk keluarga anda tercinta. Selamat mencoba ya.