Halo guys, pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat popcorn caramel dengan microwave. Nah, banyak orang yang mengetahui bahwa microwave hanya digunakan untuk memanggang. Tahukah kalian? bahwa popcorn ini bisa di goreng atau di panggangloh. Sebelum membahas cara membuat popcorn caramel dengan microwive, saya akan membahas sedikit mengenai popcorn.

Cara Membuat Popcorn Caramel Dengan Microwave dan Penjelasan Popcorn.

Popcorn merupakan salah satu makanan sumber antioksidan. Popcorn ini juga rendah kadar air dan memiliki kadar antioksidan yang lebih pekat dari buah dan sayuran. Tapi meski begitu sayuran dan buah-buahan lainnya yang kaya akan polifenol juga mengandung vitamin dan mineral yang bagus.

7 Manfaat Kesehatan Konsumsi Popcorn

1. Bisa menurunkan berat badan
Tahukah Anda bahwa popcorn dikatakan normal karena mengandung 30 kalori yang 5 kali lebih sedikit daripada keripik kentang berminyak? Dan tahukan anda bahwa kandungan serat dalam popcorn dapat membuat Anda merasa kenyang dan menghambat pelepasan hormon kelaparan.

 

2. Menurunkan tingkat kolesterol
Popcorn mengandung serat yang bisa menghilangkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri, sehingga mengurangi keseluruhan kadar kolesterol Anda. Ini juga dapat membantu menurunkan kemungkinan kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

 

3. Memperbaiki pencernaan
Popcorn merupakan biji utuh yang didalamnya mengandung endosperm, kuman dan dedak. Brondong jagung ini mengandung semua serat yang bisa membantu mengobati pencernaan. Ini membantu buang air besar (BAB) yang tepat dan akan mencegah sembelit.

 

4. Kontrol tingkat gula darah
Popcorn memiliki jumlah serat yang cukup banyak, ini mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin. Ini akan menjaga kadar gula darah sehingga mencegah diabetes. Jadi, meningkatkan asupan popcorn organik untuk mencegah diabetes.


5. Mencegah kanker
Popcorn mengandung sejumlah besar senyawa poli-fenolik, salah satu jenis antioksidan lebih kuat yang dapat Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Antioksidan adalah zat pertahanan kuat yang bisa menghilangkan radikal bebas.

 

6. Mendukung pertumbuhan tulang sehat
Popcorn mengandung sejumlah mangan yang bisa membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Mangan membantu untuk mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, arthritis dan osteoartritis.

 

7. Pengganti gandum atau oatmeal
Popcorn merupakan satu-satunya camilan yang 100 persen diproses dari biji. Tahukah Anda bahwa satu porsi popcorn mengandung lebih dari 70 persen asupan gandum harian yang direkomendasikan. Jika Anda bosan makan oatmeal, Anda bisa mengonsumsi popcorn sesekali.

Cara Membuat Popcorn Caramel Dengan Microwave

Bahan-bahan :

  • 1/4 cawan jagung kering
  • 1 bag kertas – maz guna bag burger makanan segera (boleh guna apa bag kertas yang sesuai)
  • 1/4 cawan gula perang (maz guna dark soft brown sugar)
  • 2 sudu besar mentega tanpa garam
  • 1-2 cubit garam – abaikan jika guna mentega biasa

Cara Membuat Popcorn Caramel Dengan Microwave

  1.  Masukkan separuh dari jagung kering (tujuannya agar ada ruang yg cukup bila jagung tu meletup, sebab bag kertas tak besar dan ruang dalam microwave yang kecik). Maksudnya 2x buat.
  2. Lipat kemas sikit bahagian atas bag kertas dan masukkan dalam microwave. Masak selama 1 minit 30 saat. Kemudian keluarkan dan masuk dalam bekas.
  3. Masukkan separuh lagi jagung tadi dalam bag keras dan buat sama macam yang memula tadi.
  4. Dalam mangkuk besar dan boleh masuk microwave, masukkan mentega, gula dan garam (jika guna). Masukkan dalam microwave dan masak selama 2 minit. Keluarkan dan kacau sikit. Masuk balik dalam microwave dan masak lagi selama 2 minit.
  5. Masukkan jagung tadi, gaul biar sebati. Kemudian ratakan atas loyang dan biar sejuk sekejap. Sedia untuk dinikmati. Nota ilhamdapur : boleh juga buat karamel tu atas dapur, satukan semua bahan dan masak biar berbuih/gula larut. Sediakan popcorn dulu, sebab kena masukkan terus bertih jagung tu bila karamel dah siap.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai popcorn dan cara membuat popcorn caramel dengan menggunakan microwave.

Selamat Mencoba, semoga bermanfaat 🙂