Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat permen jahe tradisional anti lengket dan tentunya anti gagal. Rasanya juga tak kalah dengan yang dijual dipasaran, dan permen ini juga cocok untuk dijadikan bisnis rumahan.

Sudah sangat terkenal di negeri ini soal pembuatannya pun sangat mudah dan dapat di lakukan oleh semua orang bahan-bahannya pun sangat mudah di peroleh dan sudah sangat di kenal di semua kalangan,permen jahe yang memiliki rasa manis pedas dan memberikan kesegaran saat mengkonsumsinya, permen jahe yang pasti ke untungan dan manfaat permen jahe mampu menghangatkan tubuh dan mengatasi masuk angin.

Saat ini memang sudah sangat banyak permen jaheyang terjual dipasaran di dalam negeri maupun luar negeri. Jahe yang merupakan bahan utama untuk membuat penganan ini mempunyai fungsi yang sangat luar biasa. Jahe mengandung berbagai jenis nutrisi seperti magnesium, tembaga, vitamin C, mangan, kalium.

Dan juga berbagai jenis bahan antioksidan alami yang bisa membuat badan menjadi lebih segar. Rempah ini juga berfungsi mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot hingga penanganan kanker, pusing, nyeri menstruasi, mencegah morning sickness, osteoarthritis, mual dan muntah usai operasi.

Permen Jahe Tradisional

Permen tradisional ini tercatat dalam buku karya seorang petualang asal Inggris bernama John Joseph Stockdale yang berjudul Island of Java. Ia sendiri memang menyatakan dalam bukunya jika Belanda mengirimkan sebanyak 5.000 kilogram candied ginger atau biasa disebut permen jahe dari daerah Batavia ke Eropa sekitar tahun 1778. Jumlah yang cukup besar pada zaman itu.

Masyarakat Eropa sangat gemar akan penganan tradisional ini dikarenakan kondisi iklim Eropa yang dingin membuat mereka perlu makanan yang dapat menghangatkan badan. Disamping itu, permen jahe ini juga mempunyai kemampuan untuk menyegarkan tenggorokan dan juga dapat menyembuhkan kembung.

Permen jahe ini sendiri memang bisa dengan lebih mudah ditemukan di pasar pasar  tradisional maupun supermarket di mall. Akan tetapi anda juga dapat membuat permen jahe sendiri, lho. Selain lebih jahe lebih aman juga bagi anak-anak karena menggunakan bahan-bahan yang alami, anda juga dapat menyediakan stok permen jahe ini untuk si kecil dirumah.

Bila si kecil sedang masuk angin, batuk, mual atau pun mabuk dalam perjalanan langsung saja berikan permen jahe karena permen ini dapat digunakan sebagai penghangat dan juga obat alternatif yang sangat aman bagi anak-anak, selain itu permen ini juga sangat disukai oleh anak-anak. Permen ini juga cocok untuk dipadukan dengan eskrim rosella karena permen ini sedikit kenyal.

Cara Membuat Permen Jahe Tradisional

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • 1 batang jahe ukuran cukup besar
  • 240ml air
  • 110gr gula pasir
  • Madu secukupnya
  • ½ buah lemon, peras
  • 1/8 sendok teh bubuk cengkeh
  • Gula bubuk
  • Kertas roti

Cara Membuat Permen Jahe Tradisional:

  1. Cuci bersih dan kupas jahe, kemudian iris tipis-tipis.
  2. Tumbuk jahe menggunakan mortar hingga halus. Jika tidak ada mortar, bisa menggunakan cobek atau blender.
  3. Campur bahan-bahan berikut: jahe yang sudah dihaluskan, air, gula pasir, madu, air perasan lemon dan bubuk cengkeh, ke dalam panci dan rebus di atas api sedang, aduk perlahan.
  4. Setelah 15-20 menit, angkat dan dinginkan sebentar.
  5. Ambil campuran tersebut sedikit demi sedikit menggunakan sendok dan bentuklah sebesar yang diinginkan (sebaiknya pas untuk diemut di dalam mulut anak-anak) di atas kertas roti, sebelum mengental dan mengeras seutuhnya.
  6. Taburkan gula bubuk diatasnya.
  7. Diamkan dan kemas dalam botol/wadah tertutup untuk penyimpanannya. Permen jahe siap dibawa kemana saja.

Manfaat Jahe

1.Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat jahe ini mempunyai sejarah panjang untuk mengatasi masalah pencernaan. Sangat dikenal dari berbagai generasi ke generasi, jahe ini sendiri merupakan salah satu bahan alternatif agar dapat memperlancar sistem pada pencernaan.

Kandungan phenolic yang terdapat didalam jahe juga dapat berfungsi sebagai peredaan untuk  gejala iritasi pada gastrointestinal, menstimulasi air liur, dan juga mencegah terjadinya kontraksi pada perut, sampai bisa membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di sistem pencernaan.

Jahe ini juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang bisa membantu untuk mengeluarkan gas yang berlebih pada sistem pencernaan tubuh anda. Masalah pencernaan yang seperti kolik dan dispepsia bisa diatasi menggunakan jahe.

2.Mengatasi Mual

Dapat meredakan mual yang disebabkan dari morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan penyakit kanker. Sebenarnya anda juga bisa memakan jahe dengan cara mentah mentah atau juga bisa menjadikanya sebagai minuman, jahe dalam bentuk permen ini juga dapat bekerja dengan baik terutama untuk mengatasi mual yang diderita pada ibu ibu hamil.

Mungkin hanya itu tadi ulasan tentang cara membuat permen jahe tradisional yang enak. Selamat Mencoba!