cara membuat Molen membunakan gilingan yang praktis dan Sederhana Sebagian besar teman teman pasti sudah tahu dong bagaimana kelezatan pisang molen kartika sari. Ya, resep molen dengan isi pisang di bagian dalamnya ini memang terkenal. Tidak hanya di pulau Jawa, cara membuat molen bandung ini bahkan sampai ke luar daerah pun banyak yang suka. Sebenarnya, tidak hanya pisang molen saja yang rasanya enak, resep molen yang sederhana ini yang banyak di jual di pinggir jalan pun tidak kalah enak. Dengan balutan kulit molen  yang berpadu dengan pisang yang manis akan dihasilkan rasa yang benar-benar enak di lidah kita.

Sesuai dengan namanya, resep molen kali ini menggunakan bahan pisang sebagai bahan utamanya dan dipadu dengan kulit pisang molen. Untuk itu, salah satu cara untuk membuat resep pisang molen yang enak dan lezat terletak pada pemilihan bahan buah pisang yang akan digunakan. Untuk hasil yang baik, teman-teman bisa menggunakan Pisang Raja.

Resep Pisang Molen Enak

 

Bahan bahan Resep Pisang Molen Enak

  • Sesuaidengan namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah buah pisang raja  yang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 16 buah pisang raja. Gunakan pisang raja yang sudah masak, tetapi jangan terlalu matang. selain Pisang raja juga bisa diganti dengan menguunakan pisang kepok kuning, pisang uli atau jenis pisang lainnya sesuai selera kalian.
  • Kemudian Tepung Terigu yang halus kurang lebih sebanyak 500 gram. Gunakan tepung terigu yang bermerek bagus dan berkualitas supaya nanti hasilnya lebih enak. Sebelum digunakan, tepung sebaiknya di ayak terlebih dahulu.
  • Selanjutnya ,  Tambahkan baking powder atau pengempang kue yang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  • Gula pasir atau disebut juga gula bubuk kurang lebih sebanyak 120-140 gram.
  • Telur ayam berukuran sedang kurang lebih sebanyak 2-3 butir.
  • Air  yang matang kemudiantambahkan air dingin secukupnya (kurang lebih yang dibutuhkan cuma 2 sendok makan).
  • Selanjutnya tambahkan Margarin yang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 130-140 gram.
  • Terakhir tambahkan Minyak goreng yang masih baru secukupnya untuk menggoreng.

Cara Membuat

  1. Langkah pertama adalah siapkan wadah yang cukup besar untuk tempat adonan utama.
  2. Kedua , Masukkan tepung terigu, dua sendok pengembang kue dan gula pasir kemudian aduk sebentar memakai spatula supaya semua adonan dan bahan tercampur rata.
  3. Ketiga , Ayak ketiga bahan supaya kotoran yang mungkin menempel bisa hilang.
  4. Keempat , Tambahkan telur ayam dan margarin yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam adonan lalu Campur dan aduk aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  5. Kelima , Masukkan air yang matang kemudian tambahkan air dingin yang sudah dipersiapkan masukkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk. aduk dengan mengunakan tangan sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Langkah berikutnya adalah membentuk adonan kulit pisang molen.
  7. Kemudian , Siapkan gilingan yang biasa digunakan untuk membuat mie atau roller pin. Bisa juga menggunakan botol tetapi agak sudah cukup untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan.
  8. Slnjutnya , Masukkan adonan ke dalam penggilingan lalu giling adonan mulai dari yang tebal sampai di dapatkan tingkat kulit pisang molen yang diinginkan.
  9. Selanjutnya setelah ketebalan adonan sudah didapat, potong dengan lebar sesuai yang diinginkan atau kurang lebih selebar 1 sampai 1.5 cm.
  10. Kupas kulit pasang dan potong sedikit  pada bagian ujung pisang yang akan digunakan. Teman teman bisa memotong buah pisang menjadi dua dengan potongan menyerong apabila dirasa terlalu besar.
  11. Kemudian , Tutupi dan selimuti pisang dengan kulit molen sampai semua bagian tertutup rata. Ulangi sampai pisang habis.
  12. Lalu , Siapkan penggorengan dan beri minyak  yang banyak supaya hasil gorengan rata dan warnanya cantik.
  13. Selanjutnya , Tunggu sampai minyak benar benar panas.
  14. Kemudian , Masukkan molen ke dalamnya setelah minyak benar benar panas. Sekali kali bolak balik  molen supaya kulit molen nya tidak gosong dan matang secara merata.
  15. Terakhir , Angkat setelah molen sudah matang dan warnanya kuning kecoklatan.