Kalian pingin tahu cara membuat martabak telur kulit lumpia? Kulit lumpia? Ya, kabar gembira buat kalian yang gak suka repot atau susah-susah membuat kulit martabak telur secara manual. Kini resep martabak telur ada yang menggunakan lumpia sebagai kulitnya. Penasaran? Yuk cobain!

Varian resep martabak telur jaman sekarang sangat bervariasi, bahkan jika kalian tidak bisa membuat adonan seperti bapak-bapak penjual martabak di pinggir jalan, kalian masih bisa memanfaatkan kulit dari lumpia lho. Selain mudah didapat, harga kulit lumpia juga sangat murah lho!

Martabak telur menjadi idola semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena rasanya yang gurih dan lezat di lidah. Gak berhenti sampai memanjakan lidah saja, bahan utama dari olahan ini, yaitu telur, juga memiliki kandungan protein yang tinggi.

Karena populer, martabak juga menjadi sajian yang umum ditemukan di Arab Saudi (wilayah di Hijaz), Yaman, Malaisya, Singapura, dan Brunei. Ternyata martabak telur mendunia sekali ya readers!

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak asin atau yang biasa disebut martabak telur.

Martabak manis terbuat dari adonan terigu, telur, gula, yang ditaburi bubuk kacang tanah dan cokelat, kemudian dipanggang dan dilipat. Sedangkan untuk martabak telur terbuat dari adonan tepung terigu adonan telur, daging giling (cincang), dan rempah (bagian isi) yang kemudian digoreng.

Daripada lama-lama, yuk kalian langsung praktik di dapur masing-masing cara membuat martabak telur kulit lumpia ini!

Cara Membuat Martabak Telur Kulit Lumpia

Bahan yang Harus Disediakan :

  • Kulit lumpia 13 lembar
  • Tepung terigu 2 sendok makan (larutkan dengan 2 sendok makan air sebagai perekat)
  • Daging sapi giling 200 gram
  • Cabai merah 2 buah (iris halu)
  • Bawang putih 3 siung (iris halus)
  • Bawang merah 6 siung (iris halus)
  • Kari bubuk 2 sendok teh
  • Garam dapur 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Daun bawang 1 batang (iris halus )
  • Minyak goreng 1 sendok makan (untuk menumis)
  • Telur bebek 2 butir (kocok lepas)

Cara Membuat Martabak Telur Kulit Lumpia :

  1. Buat terlebih dahulu untuk isi martabak dengan cara memanaskan terlebih minyak goreng secukupnya kemudian masukkan bawang merah, bawang putih serta cabai yang sudah di iris ke dalamnya.
  2. Tumis hingga mengeluarkan aroma sedap, lalu tambahkan daging giling sambil terus diaduk hingga merata dan berubah warna serta matang.
  3. Tambahkan garam dapur, kari bubuk, merica bubuk, serta gula pasir sambil diaduk hingga merata.
  4. Lalu tambahkan pula daun bawang yang telah diiris – iris sambil kembali diaduk-aduk hingga rata.
  5. Selanjutnya angkat dan tuangkan telur bebek yang telah di kocok sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata.
  6. Ambil selembar kulit lumpia kemudian taruh dengan isi yang telah dibuat tadi di atasnya secukupnya saja kemudian lipat menyerupai amplop.
  7. Lakukan hal yang sama sampai semuanya habis tak tersisa.
  8. Berikutnya tuangkan minyak goreng secukupnya lalu panaskan.
  9. Masukkan martabak kulit lumpia yang telah dibuat ke dalamnya dan goreng sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan dahulu.
  10. Tata diatas piring saji dan segera sajikan.

Selain cara membuat martabak telur kulit lumpia, telur bisa dijadikan peluang usaha yang sukses, seperti memulai usaha olahan sosis telur yang sedang melejit. Proses pembuatan dapat lebih singat jika kalian memiliki mesin sosis telur yang bisa mempermudah pekerjaan kalian.

Selamat mencoba resep martabak telur kulit lumpia tersebut! Semoga kalian berhasil dan suka dengan hasil martabak telur kulit lumpia kalian.