Kali ini saya akan membuat artikel tentang salah satu jajanan pasar yaitu maco atau sering disebut juga dengan onde-onde kacang hijau. makanan ini berbentuk bulat, dibalut wijen dan diisi dengan kacang hijau yang lembut. tidak hanya onde-onde yang memakai kacang hijau banyak kue-kue lain cek artikel cara bikin kue kacang.

Resep Kue Maco Kacang Hijau. Sebenarnya, hampir semua jenis kue tadi mempunya bahan baku yang sama, yang membuat perbedaan adalah cara membuat onde onde nya saja yang berbeda. Selain gampang sekali dijumpai penjual kue satu ini, harga yang cukup murah juga membuat Kue Maco menjadi salah satu favorit jajanan buat masyarkat Indonesia. Mulai dari yang kecil atau besar dengan bermacam-macam isinya ada yang isi coklat, ketan hitam atau isi lainnya gampang kita jumpai di sekitar kita. 

Cara Membuat Kue Maco Kacang Hijau

kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk membuat Resep Maco Isi Kacang Hijau. Selain pemilihan bahan tepung beras dan tepung ketan yang baik dan tidak apek, pemilihan kualitas kacang hijau dan wijen yang digunakan sebagai isi dan penghias lapisan luarnya juga merupakan salah satu faktor penting. Untuk proses pembuatan kue maco dan bahan bahan yang harus dipersiapkan nanti akan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bahan adonan utamanya dan bahan isinya.

Resep Kue Maco Kacang Hijau

Bahan Utama buat Kue Maco Isi kacang Hijau:

  • 40 gram Tepung Beras yang baik dan tidak apek. Gunakan tepung yang berkualitas supaya hasilnya empuk.
  • 250 gram Tepung Ketan kualitas baik.
  • Bubuk Vanila secukupnya atau sekitar seperempat sendok kecil / sendok teh.
  • Setengah sendok teh garam dapur beryodium.
  • 200 ml Santan kental
  • 135 Gula Pasir putih. Pastikan hanya menggunakan gula pasir yang putih bersih supaya tidak tercium aroma tebu di hasil jadi Onde ondenya.
  • Air matang masak secukupnya.
  • Wijen untuk lapisan luar adonan jadi.

Bahan yang Harus Dipersiapkan untuk Isi Kue Maco:

  • 130 gram Kacang Hijau yang bagus yang sudah dibuang kulitnya.
  • 1/4 sendok kecil garam dapur
  • 50 gram Gula Pasir Putih
  • Vanila bubuk secukupnya atau kurang lebih 1/8 sendok teh kecil.

Cara Membuat Kue Maco

  1. Pertama tama kita bikin isi kacang hijaunya dulu.
  2. Rendam kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya ke dalam air bersih selama kurang lebih 4 jam.
  3. Ambil panci kecili dan rebus kacang hijau sampai matang dan lunak. Angkat dan tiriskan.
  4. Masukkan sedikit vanila, 1/4 sendok garam dapur dan 50 gram gula pasir. Aduk secara perlahan lahan sampai semua bahan tercampur sempurna.
  5. Masukkan air masak sedikit demi sedikit kedalam bahan isi diatas sambil diaduk perlahan. Setelah campuran isi kacang hijau nya terlihat cukup lembek, hentikan penambahan air matangnya.
  6. Langkah kedua untuk membuat adonan kue Onde ondenya.
  7. Ambil wadah ukuran sedang. Masukkan 250 gram tepung ketan dan tepung berasnya. Aduk sampai kedua tepung tadi tercampur.
  8. Masukkan 135 gram gula pasir, garam dapur beryodium dan seperempat sendok teh vanila. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur.
  9. Masukkan sedikit demi sedikit santan ke dalam adonan kue di atas. Aduk perlahan sampai adonan terasa kalis. Tambahkan air matang kalau diperlukan. Diamkan sekitar kurang lebih satu jam.
  10. Ambil adonan onde onde secukupnya (tergantung ukuran kue yang akan di buat). Bentuk bulatan dan masukkan isi kacang hijau kedalam bulatan tadi.
  11. Siapkan satu piring kecil dan tuang wijen di atasnya. Gulingkan kue onde mentah di atasnya sampai semua bagian tertutupi dengan wijen.
  12. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Masukkan kue mentah di atas pelan pelan supaya minyak tidak muncrat. Goreng sampai warna kecoklatan.

Selamat Mencoba Teman-teman:))