Cara membuat kue crepes sangatlah mudah. Bentuknya yang tipis dan renyah serta memiliki beragam varian isi dan toping membuatnya diminati oleh semua orang.

Tak heran jika jajanan satu ini tak pernah sepi dari para penikmat kuliner.

Crepes ini sendiri merupakan jajanan yang berasal dari benua Eropa namun sudah banyak tersebar ke berbagai penjuru dunia. Jika dilihat dari segi bahasa, nama ‘crepes’ berarti meringkuk, yang diambil dari bahasa Prancis, ‘crispa’.

Bila dilihat sekilas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk ketika disajikan, adonan kue crepes ini sudah dilipat-lipat terlebih dahulu.Sejak awal kemunculannya dan sampai saat ini, crepes bisa dikategorikan menjadi 2 macam. Jenis yang pertama yaitu crepes manis (crepe sucree).

Adapun bahan tambahan yang kerap digunakan untuk crepes manis adalah selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, sirup, gula, dan masih banyak lagi.

Lantaran rasanya manis, kue crepes manis sangat digemari oleh kalangan anak-anak hingga dewasa.Sedangkan untuk macam – macam kue crepes kedua adalah crepes asin/gurih atau biasa disebut crepe salee. Seperti namanya, kue satu ini memiliki rasa yang lebih gurih atau asin.

Rasa gurihnya bersumber dari bahan tambahan seperti bayam, telur, keju, jamur dan masih banyak lagi.

Kue cepres manis biasanya akan disajikan sebagai hidangan penutup (dessert) dan sedangkan untuk kue crepes asin sebagai sajian hidangan pembuka. Crepes manis sendiri seringnya dibuat dengan bahan utama tepung terigu, sedangkan crepes asin dibuat dengan tepung buckwheat.

Sebagai salah satu jajanan yang begitu populer dan digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, tidak heran jika kamu dapat menjumpai pedagang kue crepes di berbagai sudut kota.

Dan simak juga mesin pengisi cairan dan cara membuat kulit lumpia. Kami juga jual mesin pembuat bakso,kalian bisa cek dilink.

Cara Membuat Kue Crepes Yang Mudah Dan Lezat:

cara membuat kue crepes

Bahan – Bahan:

  • 75 gram Tepung terigu
  • 150 ml Susu cair sapi
  • 1 butir Telur ayam
  • Selai Cokelat secukupnya
  • Kayu manis secukupnya
  • 1 sdn margarin
  • Gula putih secukupnya

Bahan Isian / Topping :

  • Choco chip
  • Keju pisang dipotong tipis
  • Nutella coklat, messes
  • Susu
  • Dll sesuaikan dengan selera anda

Cara Membuat Kue Crepes:

  1. Langkah awal saat anda mencoba resep crepes garing adalah tuang susu cair dan telur ke dalam wadah.
  2. Kocok dengan balloon whisk hingga berbusa.
  3. Anda harus memastikan jika adonan benar-benar rata supaya adonan bisa lentur saat anda membuat crepes.
  4. Masukkan tepung terigu sambil di ayak.
  5. Pengayaan dimaksudkan agar tepung yang dihasilkan bisa lembut. Selanjutnya, mengocok dengan bolloon whisk.
  6. Lelehkan margarin lalu masukkan ke dalam adonan tepung.
  7. Aduk hingga merata. Panaskan wajan anti lengket.
  8. Setelah panas, lalu angkat dari kompor, tuang adonan crepes pada wajan, putar wajan agar adonan rata dan tipis.
  9. Letakkan kembali wajan di atas kompor. Masukkan nutella di dalam Crepes.
  10. Anda juga bisa menggunakan taburan gula putih serta kayu manis bubuk, setelah itu lipat Crepes menjadi bentuk segi tiga.
  11. Crepes sudah bisa anda sajikan.

Terdapat berbagai versi sejarah

Bila dilihat dari sejarahnya, usia Crepes sudah sangat tua. Menurut beberapa sumber, crepes dikenal ribuan tahun lalu. Pada jaman dulu orang sudah menikmati crepes dengan berbagai bentuk.

Crepes dikenal sebagai kue dadar yang dimasak di atas wajan datar. Eropa mengklaim sebagai tempat lahirnya crepes. Sementara itu sebuah teks dari Celtic, Irlandia menyebut kebiasaan masyarakat di sana menyantap crepes sejak abad 18.

Sementara itu beberapa sumber mengatakan bahwa resep crepes ditemukan pertama kali di Perancis pada tahun 1390. Memang, sudah banyak sekali teori yang menyebutkan soal sejarah crepes, bahkan dengan berbagai resepnya.

Tetapi dalam prakteknya proses pembuatan crepes tidak semudah sebagaimana yang sudah banyak ditulis.