Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara membuat kerupuk bawang. Kerupuk bawang sangat cocok dimakan saat santai atau sangat cocok dimakan bersama keluarga. selain itu kerupuk bawang sangat cocok digunakan saat sedang makan

Cara Membuat Kerupuk Bawang 

cara membuat kerupuk bawang

Selain untuk camilan, anda juga bisa menggunakan kerupuk bawang ini untuk peluang usaha loh, sebagai permulaan anda bisa mencoba untuk memasarkan kerupuk bawang kepada tetangga di rumah atau kepada saudara – saudara terdekat.

Di negri kita sendiri sendiri, banyak sekali orang yang suka dengan kerupuk bawang. Tersedia banyak jenis dan rasa untuk kerupuk bawang ini, contohnya kerupuk bawang ekonomis, kerupuk bawang putih telur, kerupuk bawang pedas, dan lain – lain. Tinggal tergantung mana yang anda suka.

Nah dengan begitu, saya disini akan mencoba sharing tentang bagaimana cara membuat kerupuk bawang pedas. Mulai dari bahan-bahan apa sajakah yang harus disiapkan sampai bagaimana cara membuat kerupuk bawang tersebut. Oke, langsung saja kita bahas yuk cara membuat kerupuk bawang pedas.

Bahan – Bahan Kerupuk Bawang :

  • 750 gram tepung terigu
  • 175 gram tepung kanji
  • 10 gram baking powder
  • 15 gram kaldu ayam bubuk
  • 15 sdt garam
  • 200 gram bawang merah (diiris dan dihaluskan)
  • 5 butir telur ayam
  • 75 ml santan kental
  • 25 buah batang kucai atau seledri

Bahan – Bahan Bumbu Tabur :

  • 80 gr cabai bubuk.
  • 200 gr bubuk jagung bakar (bisa diganti dengan rasa yang lain).

Cara Membuat Kerupuk Bawang :

  1. Campurkan bahan seperti tepung terigu, tepung kanji, baking powder, kaldu ayam bubuk dan juga garam.
  2. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan rata.
  3. Tambahkan dengan bawang merah, telur, santan dan kucai, aduk hingga merata dan gumpalkan.
  4. Setelah itu giling tipis adonan. Potong-potong sesuai dengan bentuk seleramu.
  5. Kemudian goreng adonan ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai matang dan kering. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  6. Taburkan bumbu tabur yang telah disiapkan.
  7.  Kerupuk bawang pedas yang kamu buat sudah jadi dan siap untuk dihidangkan.

Berikut Tips Membuat Kerupuk Bawang Yang Enak, Tipis, Renyah, Dan Tahan Lama

Terlebih Dahulu lelehkan Margarin di Dalam Santan

Tidak heran kerupuk ini sangat begitu gurih. Ternyata santan digunakan sebagai bahan cair dalam adonannya. Kandungan lemak nabati yang terdapat di dalam bawang mampu membuat kerupuk jadi lebih gurih dan harum.

Pertama-tama, kita masukan santan terlebih dahulu sambil melelehkan margarin di dalamnya. Langkah ini bertujuan supaya adonan kerupuk bawang ini nantinya lebih halus, tidak bertekstur crumbly, dan tercampur dengan rata.

Jangan Gantikan Santan Dengan Air

Penggunaan santan akan membuat citra rasa kerupuk bawang yang lebih gurih, harum, dan renyah. Hasilnya juga tidak akan keras dan cukup rapuh sehingga siapa saja bisa menikmatinya. Hasil yang seperti inilah yang tidak bisa anda dapatkan jika anda menggunakan air sebagai pengganti santan.

Memastikan Semua Bahan Bersuhu Ruang

Bahan-bahan, terutama santan, harus dimasukkan ke dalam adonan dalam suhu ruang.  Jika suhu pada api yang tidak tepat akan sangat berpengaruh pada suatu adonan, yang selanjutnya akan merubah tekstur akhir kerupuk bawang tersebut.

Gunakan Irisan Bawang untuk Kerupuk Lebih Bertekstur

Dalam proses pembuatan kerupuk bawang, anda bisa menghaluskan bawangnya lalu jika sudah campurkan ke dalam adonan. Jika ingin kerupuk bawangnya menjadi lebih renyah, kalian bisa pilih untuk mengiris bawangnya tipis-tipis agar semakin gurih dan campurkan ke dalam adonan dan masukan irisan seledri.

Menggiling Tipis Adonan

Kerupuk bawang pastinya akan lebih enak jika bentuknya tipis, sehingga lebih renyah. Agar kerupuk bawang punya ketebalan yang sama, tipiskan adonan kerupuk bawang dengan menggunakan alat gilingan mie.

Jika anda tidak punya, anda bisa tipsikan adonan secara manual, memipihkannya bisa dengan rolling pin atau botol kaca. Pipihkan adonan secara berulang kali sehingga ketebalanya sesuai dengan yang anda inginkan.

Menggoreng dan Menyimpan Kerupuk

Jika ingin kerupuk bawang beraroma sedap dan tidak berbau tengik, gunakan minyak goreng yang masih fresh. Goreng menggunakan api kecil hingga sedang sesuai keinginan anda  sampai kerupuk bawang matang, kering, dan kecokelatan. Segera angkat dan tiriskan.

Kerupuk bawang pun siap anda nikmati dan simpan di wadah kedap udara saat sudah dingin. Hindari penyimpanan kerupuk ke dalam wadah saat masih keadaan panas karena ia akan melempem.

Ternyata cabai bubuk memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kita, lho! Sebagai sistem stimulan pada jantung, bubuk cabai berfungsi menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam tubuh, serta mengatur tekanan darah. Namun tidak kalah dari cabai, bawang pun memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kerupuk Bawang

cara membuat kerupuk bawang

Bawang merah adalah jenis tumbuhan tanah yang menjadi dasar dalam bumbu masakan di berbagai penjuru dunia, yang berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan yang ada di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di wilayah dingin, sub-tropis maupun tropis.

Umbi bawang juga dapat dimakan langsung secara mentah, bisa digunakan untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, dan kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan juga daunnya dapat digunakan untuk campuran masakan sayur. Berikut ini adalah berbagai manfaat – manfaat yang terdapat pada bawang merah.

 1. Mencegah Kanker

Bawang merah terkenal sebagai salah satu obat mujarab untuk menghancurkan penyakit kanker sel kolon dan payudara. Kandungan yang terdapat dalam bawang merah dipercaya dapat menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bagi Anda yang memiliki penyakit jantung, anda bisa mencoba mengonsumsi bawang merah secara rutin. karena kandungan yang terdapat pada flavonoid di bawang merah dapat membantu kerja jantung.

Selain itu, kandungan organosulfur pada bawang merah juga dapat mencegah resiko datangnya penyakit kardiovaskuler. Tiosulfinat yang terdapat pada bawang merah juga dapat menurunkan resiko penyakit stroke.

3. Kadar Gula Darah Menurun

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah juga dipercaya mampu menurunkan gula darah. Oleh karena itu, bagi anda yang mepunyai masalah terkait gula darah, coba tambahkan bawang merah ke dalam menu makanan anda.

4. Melancarkan Pencernaan

Bagi anda yang memiliki masalah gangguan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi bawang merah jika bisa secara rutin. pada dasarnya, bawang merah memiliki kandungan serat yang baik bagi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bawang merah juga dapat  mencegah diare dan sembelit.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Beberapa hasil penelitianpun menyebutkan bahwa bawang merah dapat mencegah osteoporosis. Selain itu, bawang merah juga dapat dipercaya menjaga kesehatan tulang dengan menjaga massa tulang.

6. Mencegah Peradangan

Bagi anda yang selalu mengalami radang, terutama radang pada tenggorokan, mulailah untuk mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, quercetin kandungan  yang terdapat pada bawang merah juga dipercaya dapat meredakan radang.

Selain dari itu, Bawang merah juga dapat membantu mengurangi sakit kepala seperti sinus dan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan sulfur pada bawang merah yang dapat menghancurkan mukus.

7. Memperkuat Sistem Imun

Bawang merah memiliki kandungan selenium, yang dipercaya dapat meningkatkan sistem imun. Dengan mengonsumsi bawang merah ini, sistem imun akan bekerja dan Anda akan terhindar dari infeksi penyakit. Jika anda menginginkan sistem imun yang kuat, cobalah untuk mengonsumsi bawang merah, baik mentah maupun matang.

8. Memperlancar Sistem Pernafasan

Bawang merah juga merupakan salah satu obat antiradang. Oleh karena itu, para penderita asma dan alergi sangat disarankan mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini. Bawang merah juga dipercaya dapat memperlancar sistem pernafasan.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika anda orang yang sulit tertidur pulas, cobalah untuk mulai mengonsumsi bawang merah. Bawang merah ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress. Selain itu, bakteri baik yang terdapat pada bawang merah bisa dipercaya mampu merangsang kinerja otak.

10. Baik untuk Kesehatan Mata

Sulfur kandungan yang terdapat pada bawang merah ternyata sangat baik untuk kesehatan mata. Zat sulfur tersebut mampu menghasilkan produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terdapat pada bawang sangat baik untuk kesehatan mata.

KANDUNGAN YANG TERDAPAT PADA BAWANG MERAH

Komposisi per 100 gr bagian bawang merah yang telah dimakan oleh kita:

Energi (Kcal) 25,5
Air (ml) 87,6
Karbohidrat (g) 5.3
Serat (g) 1,8
Kalium (mg) 180
Magnesium (mg) 4.2
Vitamin B6 (mg) 0,13
Vitamin C (mg) 7
Folat (mcg) 7

Bawang merah memiliki kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, kalium dan seng dan nitrogen, juga mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, piridoksin, dan asam folat.

Demikian tadi artikel cara membuat kerupuk bawang untuk kerupuk bawang yang mau disimpan Anda bisa mengemasnya menggunakan alat pres plastik, supaya kerupuk bawangnya lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan terimakasih.