Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat keripik singkong pedas dengan mudah dan enak. Namun, tahukah kamu apa itu keripik singkong pedas?? mari kita simak…

Singkong, ketela pohon, ubi kayu atau apapun sebutan dari umbi umbian ini, yang kita ketahui bahwa jenis umbi ini sudah sangat familier bagi masyarakat Indonesia. Tumbuhan ketela pohon ini selain dari umbi atau akarnya, daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan. Umbi singkong memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi tetapi sangat sedikit sekali proteinnya.

Umbi singkong mulai sejak lama sampai saat ini masih sangat diperlukan sekali terutama dalam Industri pembuatan tepung tapioka yang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat olahan makanan contoh saja kerupuk yang sangat mengandalkan tepung ini sebagai bahan utama, bahkan saat ini singkong juga mulai diolah menjadi Modified Cassava Flour (Mocaf) yaitu bahan tepung pengganti tepung terigu Import.

Keripik singkong juga salah satu hasil kreasi pengolahan dari umbi singkong yang telah lama dikenal oleh masyarakat mulai semenjak beberapa generasi terdahulu, keripik singkong dalam perkembangan saat ini sudah tidak dianggap sebagai makanan yang tidak berkelas, karena dari segi pengolahan, cita rasa maupun tampilan semakin membaik serta munculnya kreasi baru dalam pengolahan dan kemasan membuat keripik singkong semakin populer di jajaran makanan ringan.

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Bikin Dower

keripik singkong balado

Bahan-bahan adonan keripik singkong:

  • 1 kg singkong
  • 3 sdm gula pasir untuk bumbu
  • 5 sdm garam untuk rendaman
  • 4 siung bawang putih, haluskan untuk rendaman
  • 1 sdm kapur sirih
  • 300 ml air matang
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan-bahan bumbu adonan halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 150 gram cabai merah keriting
  • Garam dapur secukupnya

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan:

1. Mengendalikan diabetes

Khasihat Keripik Singkong yang pertama dapat membantu mengandalikan diabetes. Kandungan serat yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah sehingga bisa mengontrol diabetes anda agar tetap dalam batas normal. Oleh karena itu, anda bisa mulai mengkonsumsi makanan ini.

2. Mencegah penyakit jantung

Jika anda salah satu penderita penyakit jantung maka anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi keripik singkong. Hal ini dikarenakan kandungan sumber serat yang ada di dalamnya mampu menjaga kesehatan jantung sehingga bisa mencegah anda dari resiko penyakit jantung.

3. Menguatkan tulang

Tulang berfungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul. Untuk menjaga tulang agar tetap kuat bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan vitamin K yang ada di dalamnya berfungsi untuk membangun masa tulang sehingga tulang akan tetap kuat dan juga sehat.

4. Membantu produksi sel darah merah

Selain bermanfaat untuk menguatkan tulang, keripik singkong juga sangat bermanfaat untuk membantu produksi sel darah merah. Kandungan vitamin B kompleks yang ada dalam makanan ini membantu memproduksi sel darah merah sehingga bisa mencegah dari penyakit anemia.

5. Mencegah resiko kanker usus besar

Kanker usus besar merupakan kanker yang menyerang pada bagian usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan serat yang ada di dalamnya bermanfaat untuk mencegah resiko kanker usus besar.

6. Membantu pertumbuhan tubuh

Mengkonsumsi keripik singkong juga sangat efektif membantu pertumbuhan tubuh. Kandungan yang bernama riboflavin yang terdapat dalam makanan ini berguna untuk membantu pertumbuhan tubuh sehingga anda bisa mengkonsumsinya untuk pertumbuhan tubuh yang baik dan juga sehat.

7. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat disebabkan karena banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat bisa mengkonsumsi keripik singkong ini. Kandungan kalium yang ada di dalamnya mampu mengantur tekanan darah sehingga kadar kolesterol jahat bisa menurun.

8. Mencegah penyakit alzeimer

Untuk mencegah penyakit alzeimer anda bisa mengkonsumsi keripik singkong. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk mencegah resiko penyakit alzeimer.

9. Melancarkan proses pencernaan

Keripik singkong juga sangat berkhasit untuk melancarkan proses pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalamnya membantu proses buang air besar menjadi lancar sehingga bisa mencegah anda dari resiko gangguan pencernaan.

Sekian cara membuat keripik singkong pedas ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.