Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat keripik pisang balado dengan enak dan mudah. Namun, tahukah kamua apa itu keripik pisang balado?? Mari kita simak…

Beberapa pasti berpikiran bahwa cara membuat keripik pisang itu sangat susah, padahal sebenarnya mudah lho. Salah satu olahan keripik pisang ini terkenal dan banyak disukai orang karena rasa yang nikmat dan banyak variasinya. Beda dengan ketika kita makan langsung buah pisang tanpa diolah.

Cara membuat keripik pisang aneka rasa ini bisa dikatakan gampang karena buah pisang sendiri merupakan buah yang tidak mengenal musim alias selalu ada di setiap saat. Kita tidak perlu untuk menunggu musim tertentu untuk memanen buah pisang.

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan olahan pisang yang lain, cara membuat keripik pisang bisa dikatakan sedikit lebih rumit. Sedikit lho ya. Cuma sedikit kok. Olahan pisang lainnya yang jauh lebih mudah adalah pisang goreng yang tentu saja mudah ditemui terutama di penjual gorengan.

Eits, tapi jangan menyerah dulu. Meskipun cara membuat keripik pisang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan pisang goreng, tapi rasanya tentu lebih wah dong. Apalagi kriuk-kriuk renyahnya yang bikin mulut jadi termanjakan banget. Dan juga keripik pisang memiliki banyak variasi loh seperti keripik pisang asin, keripik pisang manis, keripik pisang coklat, dan masih banyak lagi yang  lainnya.

Cara Membuat Keripik Pisang Balado Pedasnya Bikin Nagih

keripik pisang balado

Bahan :

  1. Pisang ambon 10 buah
  2. Kapur sirih 1 sdt
  3. Air bersih 1 L
  4. Bumbu bubuk balado 2 sdm
  5. Garam halus 1 sdt
  6. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Balado:

  1. Kupas semua kulit pisang lalu iris dengan tipis seperti logam koin.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan wadah bersih lainnya.
  6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  9. Campurkan bumbu bubuk balado dengan garam hingga tercampur sempurna.
  10. Siapkan wadah tertutup, masukkan pisang lalu masukkan pula bumbu.
  11. Tutup wadah lalu kocok wadah hingga bumbu menempel pada pisang.
  12. Keripik pisang rasa balado yang gurih siap disajikan.
Berikut beberapa manfaat serat untuk tubuh kita :
  • Serat tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh, tapi juga mengurangi masalah pencernaan, termasuk memangkas resiko kanker kolon.
  • Beberapa penelitian menunjukkan, dalam jumlah besar serat bisa membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Ini sebabnya, orang yang sering mengkonsumsi serat cenderung lebih langsing.
  • Asupan serat tinggi terbukti memperlambat timbulnya plak oleh kolesterol pada wanita yang menderita penyakit jantung.
  • Konsumsi serat yang cukup akan melindungi jantung dengan menurunkan kolesterol jahat tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Ini karena pangan tinggi serat umumnya rendah kandungan lemak jenuh dan kolesterol.
  • Serat membuat makan jadi lebih lambat dan perut cepat terasa penuh, sehingga cocok untuk metode menurunkan berat badan dan mengontrol kalori.
  • Adanya serat meningkatkan pelepasan enzim pencernaan dan mengatur hormon pankreas.
  • Serat yang cukup membantu kerja usus, mengurangi resiko divertikulosis, wasir, serta meningkatkan kecepatan melenyapkan zat-zat berbahaya dalam makanan.
  • Serat yang larut sangat lembut dan dapat menolong mereka mengalami iritasi pada usus
Jadi, mengkonsumsi cemilan keripik pisang untuk kesehatan tubuh adalah salah satu pilihan yang baik. Selain dari rasanya yang lezat, ternyata keripik pisang juga bermanfaat untuk kesehatan.

Sekian cara membuat keripik pisang balado ini, semoga cara ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.