Sayur Bayam sudah menjadi salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi sebagian banyak orang. Selain bernilai gizi yang cukup tinggi, ternyata olahan sayur bayam saat ini pun sudah beraneka ragam. Dan sini akan saya membagikan Cara Membuat Keripik Bayam pada teman-teman sekalian.

Cara Membuat Keripik Bayam

cara membuat keripik bayam

Bahan-Bahan :

  • 50 lembar daun bayam segar
  • 250 gr tepung beras
  • 50 gr tepung kanji
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 cm kunyit
  • 2 butir kemiri
  • secukupnya garam
  • minyak goreng
  • secukupnya air

Langkah-Langkah :

  1. Cuci bersih daun bayam dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, dan kunyit
  3. Buat adonan tepung beras dan tepung kanji dengan air secukupnya. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan air hingga encer. Untuk adonan kripik bayam jangan terlalu kental ya bund, nanti jadi kurang kriuk.
  4. Panaskan minyak, setelah panas, kecilkan apinya. Celupkan daun bayam satu persatu. Goreng sampai kuning keemasan.
  5. Setelah dingin, simpan keripik bayam di wadah tertutup

Manfaat Sayur Bayam

cara membuat keripik bayam

1. Mencegah Anemia

Manfaat dari sayur bayam untuk kesehatan yang sangat dikenal dari dulu ialah bisa untuk mencegah penyakit anemia. Ini disebabkan karena sayur bayam ialah salah satu asupan zat besi yang sangat baik.

Sayur bayam juga banyak mengandung oksalat yang bisa menghambat penyerapan pada zat besi jika dikonsumsi. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasatinya yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

2. Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Sayur bayam memiliki manfaat besar untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan bayam mengandung folat yang sangat dibutuhkan oleh janin. Folat yang terkandung dalam bayam dapat mengembangkan sistem saraf mereka sehingga cacat pada mulut seperti celah bibir (sumbing) dapat terhindarkan.

Cacat seperti spinda bifilda (terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan saraf tulang belakang) atau bibir sumbing terjadi karena kekurangan folat. Oleh sebab itu, konsumsi bayam pada ibu hamil dan menyusui sangat dianjurkan.

3. Menjaga Tekanan Darah

Hal ini dikarenakan bayam mempunyai kandungan potasium yang bisa menurunkan tekanan pada darah. Resiko untuk terkena penyakit hipertensi pun berkurang dikarenakan folat yang bisa menenangkan pembuluh darah. Dengan tekanan darah yang selalu terjaga, maka stres pada sistem kardiovaskuler juga akan mulai berkurang. Tubuh pun akan mendapat oksigen dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Bayam yang sangat kaya untuk kandungan dari beta-karoten, xanthene dan juga lutein tentu sangatlah baik bagi kesehatan mata teman-teman. Dengan cara mengkonsumsi sayur bayam ini dengan rutin, kebutuhan vitamin A akan selalu tercukupi kebutuhannya.

Dilansir dari Hellosehat, mengonsumsi bayam juga dapat mengatasi beberapa masalah pada mata seperti mengurangi rasa gatal di mata, membantu mengobati ulkus mata dan masalah lainnya. Selain itu, kandungan lutein dan xanthene dalam bayam bertugas sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak pada mata.

5. Baik Untuk Penderita Diabetes

Dilansir dari Doktersehat, bayam memiliki manfaat yang sangat bagi untuk penderita diabetes. Bayam mengandung alpha-lipoic yang terbukti dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah perubahan oksidatif yang dipicu stres pada pasien diabetes.

Selain dari manfaat diatas, bayam ternyata juga bisa untuk menurunkan risiko neuropati perifer serta otonom bagi penderita diabetes.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari artikel Cara Membuat Keripik Bayam ini dan  silahkan kunjungi artikel Cara Menanam Bayam jika saja kalian penasaran atau memang sedang mencari manfaat bayam selengkapnya, dan kalian disana juga akan menemukan manfaatnya bagi kecantikan juga loh!