Cara Membuat Kentang Goreng – Di Indonesia sendiri budidaya kentang pertama kali dilakukan pada saat abad ke-18 di daerah dataran tinggi Cibodas, Lembang, Pangalengan serta Tengger. Dan kemudian mulai meluas ke wilayah Sumatera tepatnya pada dataran tinggi kerinci.

Cara Membuat Kentang Goreng

cara membuat kentang goreng

Bahan-Bahan :

  • 3-4 buah kentang ukuran besar, kupas dan rendam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • 3 sdm tepung (1 sdm maizena dan 2 sdm tepung terigu)
  • 3 siung bawang putih, geprek
  • Taburan:
  • Bubuk oregano (bisa diskip)
  • secukupnya Garam halus atau bubuk kaldu

Langkah-Langkah :

  1. Potong kentang memanjang dengan ketebalan sesuai selera.
  2. Cuci bersih hingga air rendaman menjadi bening.
  3. Selanjutnya di wadah terpisah, rebus air yang sekiranya cukup untuk merendam kentang sampai mendidih. Masukkan gula pasir, garam dan bawang putih. Masukkan kentang, rebus selama 3-5 menit sampai kentang ¼ matang. Matikan kompor dan tiriskan kentang.
  4. Simpan saja kentang yang sudah di kulkas sampai dingin, kira-kira 10-15 menit. Setelah dingin, taburi kentang dengan tepung sampai merata. Agar lebih merata, masukan kentang di toples, lalu masukan tepungnya dan kocok sampai seluruh permukaan kentang berbalut tepung.
  5. Lalu, simpan kentang di freezer hingga beku, kira-kira 1-2 jam.
  6. Setelah beku, goreng di minyak panas hingga setengah matang. Pastikan menggoreng dengan minyak terendam. Jika sudah setengah matang. Tiriskan. Lalu biarkan kentang dingin.
  7. Baru digoreng lagi hingga matang. Cara menggoreng kentang ialah dengan cara memastikan minyaknya benar-benar sudah panas. Setelah minyak panas, kecilkan api dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat. Selagi panas, taburkan bubuk oregano dan garam/ bumbu kaldu sampai rasa asinnya pas.
  8. Sajikan dengan saus kesukaan
  9. Atau ditempatkan di wadah kertas ala2 Resto hihi…
  10. Selamat mencoba

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

cara membuat kentang goreng

Membentuk Tubuh Ideal Dan Menghindari Obesitas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kentang dapat menurunkan berat badan seseorang yang sedang menjalani program diet. Tetapi hindari mengolahnya dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng.

Kentang juga banyak mengandung vitamin, mineral dan juga zat-zat baik yang lainnya sebagai pertahanan tubuh untuk melawan penyakit dan juga berperan untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk bisa untuk mencegah obesitas juga.

Sayuran yang dijuluki sebagai Potato ini mempunyai serat pangan yang berfungsi untuk pengganjal, jadi bisa membuat rasa kenyang bertahan lama. Di lain sisi, kentang bisa melancarkan pencernaan juga.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dari semua nutrisi yang telah disebutkan, kentang juga rendah kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), telah menyebutkan jika kandungan kalium yang ada didalam kentang bisa menurunkan risiko kematian karena serangan penyakit jantung.

Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Sayuran kentang juga dipercaya bisa untuk mencegah kenker kolorektal. Vitamin C dan juga quercetin pada kentang bisa berfungsi sebagai antioksidan, dan melindungi sel terhadap kerusakan akibat radilkan bebas.

Mengobati Diabetes Dan Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu dikarenakan kentang dapat menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Pati yang terkandung didalam kentang bisa meningkatkan kontrol pada gula darah. Untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satu malam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin.

Selain itu, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

Baik Untuk Otot Dan Otak

Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.

Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari artikel Cara Membuat Kentang Goreng ini dan  silahkan kunjungi artikel Cara Menanam Kentang jika saja kalian penasaran atau memang sedang mencari artikel tersebut, dan kalian disana juga akan menemukan manfaatnya bagi kecantikan juga loh!