Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana cara membuat jasuke dan berbagai manfaatnya. Nah ini dia jajanan favorit mulai dari anak-anak hingga sampai tua pun masih banyak yang menyukainya loh, namanya itu jasuke, singkatan dari jagung, susu, keju.

Enak nya itu biasanya saat hujan atau pun saat cuaca nya dingin. Dan di makan nya itu pas lagi baru matang, dan terbukti dari dulu sampai sekarang makanan yang bernama jasuke itu masih banyak penikmat yang sering membeli/menjual jasuke.

Berikut ini ada resep jasuke yang lezat dan sangat mudah untuk di praktikkan.

Cara Membuat Jasuke

Bahan-bahan:

  • 2 buah jagung manis
  • 1 sendok makan margarin
  • Susu kental manis secukupnya
  • keju cheddar parut secukupnya

Bahan nya tidak terlalu banyak memang, tetapi rasa nya itu yang sangat enak sekali. Dan selanjutnya akan di beri tahu kepada anda semua tentang cara membuat jasuke yang benar dan baik.

Cara Membuat Jasuke (Jagung Susu Keju):

cara membuat jasuke

 

1. Pipil jagung manis terlebih dahulu, setelah itu kalian kukus jagung yang sudah kalian pipil jagung nya selama 20 menit.

2. Selagi jagung masih dalam keadaan panas, lalu kalian segera kalian campurkan dengan margarin. Setelah itu kalian aduk-aduk hingga merata.

3. Kemudian sajikan jagung manis di mangkuk atau gelas sesuka kalian. Tuangi susu kental manis secukupnya, lalu taburi keju parut sesuka selera.

Itulah cara membuat jasuke atau jagung, susu, keju. Selanjut akan kami kasih tau manfaat dalam mengkonsumsi jagung, ternyata baik juga untuk kesehatan manusia loh kalau boleh kalian tau.

Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang cukup mudah kita dapatkan dengan harga yang relatif murah. Ternyata juga bisa diolah secara sederhana misalnya di rebus ataupun diolah menjadi berbagai makanan yang lezat lainnya.

Dan jagung merupakan jenis makanan pangan yang relatif mudah didapatkan di indonesia. Selain cukup mudah diolah, jagung juga memiliki rasa yang sangat enak dan juga kaya manfaat. Ada juga di sebuah daerah jagung digunakan untuk makanan pengganti nya nasi.

Oleh karena itu cemilan seperti jasuke cukup bisa mengenyangkan perut kita, selain harga nya yang murah jasuke pun sangat enak dengan campuran toping-toping nya. Dan di jaman sekarang kebanyakan makanan lebih di modifikasi.

Dengan campuran-campuran makanan yang lainnya contoh nya jasuke sekarang ada yang menggunakan toping keju, coklat, dan lain-lain

Hampir semua orang menyukai makanan berbahan dasar jagung, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut, pas di hampir semua lidah semua orang. Nah di bawah ini adalah manfaat dalam mengkonsumsi Jagung :

Manfaat dari Memakan Jagung:

cara membuat jasuke

1. Baik Untuk Pencernaan

Jagung adalah salah satu dari makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Dan ada juga jika mengkonsumsi jagung bisa membuat apabila saat buang air besar bisa lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, bahkan hingga kanker usus besar.

2. Mencegah Anemia

Jagung juga mengandung, vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang bisa menghindarkan dari anemia atau kekurangan darah.

3. Sumber Energi

Makanan jagung merupakan termasuk dalam sayuran bertepung yang dapat memberikan energi pada tubuh. Jenis termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi saat makan akan memberikan rasa kenyang yang cukup lebih lama sehingga energi pun berlangsung akan stabil.

4. Menurunkan Kolesterol LDL

Makanan jagung memang terdapat kaya Vitamin C, bioflavonoid dan karotenoid, yang dapat menjaga jantung sehat dengan cara mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu dapat mengurangi penyerepan kolesterol dalam tubuh.

5. Bantu Naikkan Berat Badan

Makanan jagung memang cukup terkenal sebagai pilihan karbohidrat untuk orang yang mempunyai badan kurus. Hal ini disebabkan karena jagung kaya karbohidrat serta kalori yang mampu menambah berat badan bagi mereka yang kekurangan.

6. Cegah Diabetes Dan Hipertensi

Mengkonsumsi dengan secara teratur biji jagung membantu dalam pengelolanan insulin pada diabetesi. Selain itu juga melindungi dari hipertensi, di sebabkan adanya kandungan dari phenolic phytochemicals.

Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka untuk mempertahankan gaya hidup yang normal.

7. Tulang Kuat

Jagung juga mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang diperlukan bagi kesehatan tulangnya. Terpenuhi nutrisi ini mencegah tulang retak saat tua.

8. Baik Untuk Mata

Zat karotenoid pada jagung ini mengurangi risiko tingginya gangguan pada penglihatan mata.

9. Sifat Antikanker

Penelitian telah membuktikan bahwa antioksidan dalam jagung ini bisa melawan kanker. Selain itu juga, sayuran yang termasuk biji-bijian ini sumbur senyawa fenolik yang sangat efektif memerangi tumor pada payudara dan hati.

10. Manfaat Saat Kehamilan

Jagung ternyata kaya asam folat yang bermanfaat bagi seorang ibu hamil. Kekurangan asam folat pada seorang ibu hamil di sebabkan oleh bayi lahir dengan berat badan kurang serta cacat saraf.

11. Bermanfaat Untuk Jantung

Jagung yang diolah menjadi minyak jagung memiliki sifat anti-atherogenic sehingga melindungi dari penyakit kardiovaskular.

12. Cegah Alzheimer

Jagung ternyata mengandung thymine yang cukup membantu fungsi dari sel-sel otak ataupun fungksi kognitif. Senyawa ini juga sangat dibutuhkan bagi sintesis asetilkolin yang sangat penting bagi memori terkait dari fungsi ingatan seperti alzheimer.

Dampak Bahaya Dalam Mengkonsumsi Jagung

Nah setelah manfaat dalam mengkonsumsi jagung ada juga loh resiko jika sering makan juga, jagung merupakan salah satu makan yang paling banyak dimakan untuk keperluan diet oleh sebanyak orang. Alasan nya karena jagung juga di anggap makanan yang cukup mudah di cari dan murah juga.

Akan tetapi ternyata ada juga loh efek dari memakan jagung yang buruk bagi kesehatan manusia. Namun akan tetapi artikel ini hanya akan membahas dan memperjelaskan pada tingkat mengkonsumsi jagung yang tinggi. Lantas apa sih dampak dari memakan jagung yang terlalu banyak? Simak di bawah ini!

Fakta Pertama:

Jika kamu tidak tahu bahwasanya, maka jagung sebenarnya adalah sebuah makanan yang tidak memiliki nilai kesehatan yang baik. Jagung ternyata memiliki banyak sekali isi kandungan gula, serta memiliki gizi yang sangat kurang.

Fakta Kedua:

Jagung ternyata tidak mengandung gluten. Jika anda memang benar tidak tahu, gluten merupakan campuran dari amorf atau bentuk tak beraturan dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma dan juga tepung yang terbuat darinya beberapa serealia, terutama yaitu gandum.

Fakta Ketiga:

Jagung ternyata mengandung serat selulosa dan hal tersebut akan membuat tubuh akan sangat sulit mencerna jagung. Bukan rahasianya lagi jika tubuh kita ini tidak dapat sepenuhnya memecah selulosa. Karena hal ini disebabkan oleh tubuh kita yang tidak memiliki cukup enzim untuk melakukannya.

Jika mengkonsumsi jagung dengan jumlah yang cukup banyak, maka akan menggangu lapisan usus dan menghasilkan masalah di sistem pencernaan. Ini adalah salah satu efek buruk dari memakan jagung.

Fakta Keempat:

Jagung ternyata memiliki kandungan yang bernama lektin, yang juga merupakan protein. Nah, kandungan ini harus dipecah karena akan menjadi asam amino untuk dicerna oleh tubuh kita. Sayangnya tubuh kita tidak akan dapat memecah lektin dan jika ini diteruskan dapat membuat usus iritasi. Tentu saja akan berakhir pada peradangan usus.

Fakta Kelima:

Jagung juga ternyata mengandung bt alias bacillus thuringiensis yang merupakan insektisida dan racun yang sangat berbahaya pastinya. Ketika zat tersebut masuk ke dalam tubuh dan mendapat akumulasi dalam darah, maka dapat mengganggu fungsi organ.

Itulah resiko dari sering nya mengkonsumsi jagung. Setelah itu ada yang tau enggak sih sejarah jasuke itu, nah sekarang akan di beri tahu sejarah adanya jasuke.

Jasuke adalah makanan khas jawa barat yang sangat terkenal. Sesuai namanya yang tertera, makanan ini terbuat dari jagung, susu, dan keju, yang enak untuk disantap di saat bekerja atau duduk santai. Biasanya jasuke atau (jagung, susu, keju) yang dijual dengan cara disajikan menggunakan cup dan harganya pun dimulai dari rp. 3000,-.

Sesuai perkembangan jaman, jasuke telah dibuat menjadi macam macam hidangan, mulai dari sweet jasuke, jasuke mercon, risol jasuke, jasuke cokelat, hingga puding jasuke pun ada.

Awal dari penulis membuat usaha jasuke adalah karena penulis menyukai sayuran jagung yang dapat dijadikan olahan untuk campuran sayuran dalam masakan. Kemudian penulis memiliki ide untuk mengembangkan jagung kedalam jajanan yang sedang populer di kalangan masyarakat.

Selain karena menyukai jagung, modal yang diperlukan untuk membuat kuliner ini juga tidak mahal dan dapat ditemukan dengan mudah di pasar. Oleh karena itu penulis membuat usaha jasuke dengan bahan pendukung susu dan keju yang diminati oleh masyarakat.

Sebaik nya jangan terlalu sering mengkonsumsi Jasuke karena adanya pemanis dari susu kental nya itu, dan jangan terlalu banyak yang manis-manis seperti itu. Itulah informasi tentang Jasuke.

Demikian tadi cara membuat jasuke dan berbagai manfaatnya, untuk anda yang ingin mencoba di rumah bisa menggunakan mesin perontok jagung agar lebih cepat dan efisien. Semoga bermanfaat dan terimakasih.