Jagung bakar menjadi makanan favorit pada saat malam tahun baru atau pesta barbeque. Cara membuat jagung bakar manis adalah salah satu pilihan yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Banyak sekali varian rasa yang bisa dicoba untuk membakar jagung. Dari mulai rasa manis hingga rasa ekstrim seperti blackpepper. Bumbu yang dipakai juga macam-macam, tidak hanya margarin atau mentega yang biasa sering dipakai kalau tidak ingin repot membuat bumbu olesnya.

Selain bumbu oles agar jagung bakar terasa enak ternyata harus tau cara membakar jagung yang benar. Dengan begitu rasa yang dimiliki jagung bakar akan terasa enak dan lezat.

Jagung diketahui sebagai bahan pangan pokok penting selain beras dan gandum. Banyak sekali kandungan gizi pada jagung sehingga memiliki banyak manfaat yang dimiliki, jadi sangat bagus untuk dikonsumsi. Apalagi sangat pas untuk yang sedang melakukan Program diet, karena jagung menghasilkan banyak karbohidrat sehingga jadi mudah kenyang.

Bahan yang diperlukan untuk membuat jagung bakar manis sangat mudah didapatkan, bisa dicari di supermarket, pasar tradisional, dan warung yang menyediakan banyak bahan untuk memasak. Peroses pembuatan hingga membakarnya juga tidak terlalu memakan waktu cukup lama.

Dari pada penasaran yuk, langsung aja siapkan bahan yang dibutuhkan dan alat untuk membuat bumbu olesnya dan alat untuk membakarnya!

Cara Membuat Jagung Bakar Manis

Bahan :

  • 3 buah jagung manis

Bumbu untuk olesan :

  • Mentega atau margarin
  • Madu
  • Saos sambal
  • Kecap

Langkah Membuat Jagung Bakar Manis :

  1. Kupas Kulit jagung tapi jagang sampai lepas dari bonggolnya. Lilit kulit jagung agar bisa digunakan untuk pegangan.
  2. Bersihkan jagung dari rambut dan cuci hingga bersih agar tidak ada rambut yang tertinggal. Tiriskan jagung yang sudah selesai dicuci.
  3. Siapkan bumbu olesnya.
  4. Panaskan bakaran, Jika sudah terasa panas taruh jagung diatas bakaran.
  5. Oleskan jagung dengan mentega atau margarin tipis – tipis, bakar jagung hingga setengah matang. Oles lagi jagung dengan madu dan kecap, untuk kecap gunakan tipis saja. Bakar hingga matang, jangan lupa untuk dibulak – balik jagungnya agar tidak gosong karena jagung sangat mudah gosong.
  6. Setelah matang angkat dan oles kembali dengan margarin atau mentega dan madu. Jika ingin memiliki rasa pedas bisa tambahkan saus sambal saat jagung sudah matang.
  7. Sajikan jagung diatas piring.
  8. Selamat menikmati jagung bakar manis!

Untuk menikmati jagung bakar bermacam – macam, ada yang dimakan langsung dan ada juga yang dipipil dan dicampurkan ke dalam salad sayur. Agar pemipilan mudah maka gunakan mesin pemipil jagung. Dengan menggunakan mesin tersebut tidak terlalu memakan waktu lama.

Tidak terlalu sulit bukan cara membuat jagung bakar manis? yuk, langsung aja coba buat jagung bakar manisnya!