Pada kali ini saya akan menjelaskan resep es gelato. Hingga bagaimana cara membuat gelato dengan mesin sehingga mudah, praktis, enak dan pastinya menyegarkan.

Es Gelato

cara membuat gelato dengan mesin

Es krim gelato merupakan es krim yang berasal dari Italia yang memunyai tekstur yang sangat lembut. Bahan dasar es krim gelato adalah susu, cara membuat es krim gelato juga bisa dipraktekan sendiri.

Tekstur gelato yang lembut diperoleh dari proses pembuatannya saat pengadukan kecepatannya pelan namun cukup lama. Tak heran juga banyak orang yang gemar makan es krim ini karena kelembutannya.

Gelato sangat cocok disajikan dalam keadaan yang dingin, karena akan menambah cita rasa lembut dipadukan dengan dinginnya es krim ini.

Namun apakah resep untuk membuat gelato berbeda dengan es krim pada umumnya? Untuk lebih tahu mari simak ulasan berikut ini.

Resep dan Cara Membuat Es Krim Gelato dengan Mesin

Bahan

  • 600 ml susu
  • 5 btr telur
  • 140 gr gula pasir
  • ekstrak vanilla
  • Perasa (sesuai selera contoh : bubuk coklat, perasa buah, atau yang lain)

Cara Membuat Gelato dengan Mesin

  1. Langkah yang pertama yaitu membuat adonan dasar. Didihkan air dengan menggunakan panci yang cukup besar, supaya nanti muat untuk mangkok kecil tahan panas.
  2. Pisahkan kuning telur dengan putih telur.
  3. Lalu masak susu dengan wadah yang sedang saja dengan api kecil tunggu hingga berbuih. Sambil menunggu susunya panas kocok kuning telur yang tadi menggunakan mangkok tahan panas.
  4. Masukkan gula kedalam adonan telur kocok hingga mengental, setelah itu masukkan juga ekstrak vanilla.
  5. Angkat susu yang tadi, dan masukkan secara perlahan ke adonan telur sambil diaduk terus sampai adonan kental seperti krim.
  6. Taruh mangkuk berisi adonan telur dan susu tersebut kedalam panci besar yang berisi air mendidih. Aduk campuran menggunakan sendok kayu.
  7. Terus panaskan dan aduk sampai adonan mengental seperti puding angkat dan dinginkan. Jangan biarkanair dipanci masuk ke mangkuk karena dapat mempengaruhi tekstur gelato.
  8. Setelah adonan gelato dingin sekarang saatnya memberi perasa sesuai yang anda inginkan.
  9. Tutup mangkuk adonan utama gelato dengan menggunakan plastik pembungkus. Taruh didalam lemari es selama 3 jam hingga dingin sebelum di masukkan ke dalam freezer es krim.
  10. Gelato dimasukkan ke dalam freezer. Kemudian keluarkan setelah gelato seperuh membeku. Biarkan di luar sebentar kemudian masukkan kembali gelato ke dalam freezer dan lanjutkan pembekuan.
  11. Es krim gelato siap untuk dinikmati.

Sekian postingan penjelasan tentang resep  hingga cara membuat gelato dengan mesin dengan cara yang mudah, praktis, dan pastinya enak.

Dapat kalian coba serta variasikan sendiri di rumah. Semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan. Sehingga dapat meminimalisir dan mengurangi jumlah pengganguran yang ada di negeri kita.

Kalian juga dapat melihat produk mesin gelato showcase untuk mempermudah kalian dalam menyimpan gelato yang telah kalian buat.