Pada artikel kali ini, saya akan membuat artikel tentang Cara Membuat Es Teler Durian Yang Enak dan Spesial. Anda bisa mencobanya dirumah.

Apa Itu Es Teler?

Es Teler merupakan minuman es yang berisi serutan alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental manis, sirup, dan juga santan. Es yang dipakai untuk mmebuat es teler  bisa berupa es serut atau es freezer.

Selain itu, es teler bisa divariasikan dengan isi cincau, kolang-kaling, pacar cina, potongan apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar.

Dengan berbagai macam variasi isian es yang dinamakan es teler tersebut, terkadang membuatnya menjadi susah dibedakan dengan es campur.

Asal Usul Es Teler

Tahun 1967, diSukaharjo, Jawa Tengah, (alm) Tukiman Darmowiyono dan Samijem Darmowiyono beliau merantau ke Jakarta. Sebagai sepasang suami istri, keduanya berniat untuk mengadu nasib di Ibu Kota jakarta.

Untuk menyambung hidup, saat itu Tukiman suaminya berjualan rokok di sebuah gerobak. Sementara Samijem istrinya bekerja sebagai bakul jamu. Untuk menambahkan penghasilan, di gerobaknya Tukiman juga menjaja bakso dan siomay.

Setelah beberapa tahun menjalani pekerjaan itu tanpa henti, berawal dari sebuah mimpi Samijem pun iseng membuat es campur kemudian digelar di samping gerobak rokok sang suami yang berlokasi di Jalan Semarang, kawasan Menteng, Jakarta.

“Sebelumnya saya bermimpi, dalam mimpi itu ada seseorang yang mengatakan, katanya kalau mau suskes harus berjualan dagangan yang segar-segar,” akunya. Setelah saya dicoba, ternyata responnya sangat bagus sekali terutama datang dari para mahasiswa sekitar lokasi.

Tahun 1984, harga pergelas es campurnya hanya Rp250. Semakin hari, es campurnya kian digandrungi. Para mahasiswa itu bahkan menamai es campurnya dengan nama es teler. Sekali sedot langsung teler. Sejak peristiwa itulah, nama es teler makin meroket di Jakarta.

Resep Es Teler Durin

Bahan Membuat Es Teler Durian:
  • Buah durian
  • Buah alpukat
  • buah nangka
  • Kelapa muda
  • Susu kental manis (putih atau coklat, sesuaiselera)
  • Syrup (jika suka)
  • Kolang-kaling
  • Es batu serut.
  • Disini saya tidak mencantumkan jumlah atau berat buah-buahannya. Pokoknya disesuaikan selera saja ya bun
Cara Membuat Es Teler Durian:
  1. Kunci dari es teller yang enak dengan pemilihan bahan-bahan yang berkualitas.\Salah satu saja bahan atau buah yang sedikit busuk akan mengganggu cita rasanya secara keseluruhan.
  2. Selain alpukat dan durian, campurkan semua buah buahan yang sudah dikupas dan dipotong-potong masukkan ke dalam wadah besar. Ukuran potongan buah sesuai selera.
  3. Ambil dan masukkan buah yang tadi sudah tercampur ke dalam mangkok. Tambahkan potongan alpukat dan durian. Untuk buah durian, bisa juga diletakkan dalam keadaan utuh beserta dengan bijinya.
  4. Siram dengan es serut dan kemudian tuang susu kental manis dan syrup di atasnya. Peletakkan es serut sebenarnya bisa juga pada bagian dasar / pertama. Sesuai selera aja ya bun.
  5. Es Teler Durian  sudah jadi dan siap dinikmati.

Manfaat Durian

 durian

  1. Kalium

    Durian juga mengandung kalium yang dipercaya dapat memberikan beragam manfaat  tubuh. Setidaknya durian terkandung 436 mg kalium di dalam 1 buah Kalium sendiri dapat membantu tubuh kita dalam menjaga kesehatan otot, tulang, saraf dan pembuluh darah, serta menurunkan banyak tekanan darah tinggi.

  2. Tinggi karbohidrat
    Bagi orang yang tidak mempunyai masalah dengan gula darah, manfaat durian juga bisa didapat dari kandungan karbohidrat di dalamnya yang cukup tinggi. Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah karbohidrat ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang sangat  mengenyangkan.

Demikian tadi artikel yang saya buat. Resep Es Teler Durian ini cocok di santap dengan Resep Kue Brownies. Anda bisa menyajikan untuk keluarga anda tercinta. Semoga bermanfaat ya.