Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat es krim ubi ungu dengan mudah dan enak. Namun, tahukah kamu apa itu es krim ubi ungu?? Mari kita simak…

Ubi ungu merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang mengandung gizi karbohidrat, ubi ungu juga mempunyai banyak manfaat dan dapat dijadikan untuk bahan berbagai resep makanan, misalnya dijadikan untuk resep membuat kue brownis, bolu kukus, donat, keripik, dan lain sebagainya.

Cara pengolahannya kita kukus terlebih dahulu ubi ungu, kemudian kita haluskan, dan baru kita olah menjadi bahan adonan es krim.bagaimana cara membuatnya?, kita bisa melihat pada ulasan materi tentang resep membuat es krim ubi ungu, dan berikut bahan-bahan harus dipersiapkan untuk pembuatan es krim ubi ungu.

Cara Membuat Es Krim Ubi Ungu yang Sehat Bagi Tubuh

es krim ubi ungu

Bahan yg di butuhkan:

  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Ubi ungu sebanyak 250 gram
  • Agar-agar plain 1 bungkus
  • Susu cair atau uht 200 ml
  • Telur 1 butir
  • Ovalet atau sp 1 sendok teh
  • Vanili bubuk 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara membuat es krim ubi ungu :

  1. Pertama kita kukus ubi ungu terlebih dahulu, setelah matang kita haluskan dan sisihkan.
  2. Kemudian kita campurkan semua bahan-bahan jadi satu dalam wadah atau panci, aduk-aduk rata dan jika terlihat kental kita boleh menambahkan air.
  3. Lalu kita masukkan ubi yang telah dihaluskan tadi, kita aduk-aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
  4. Kemudian kita masak campuaran adonan tadi diatas api yang kecil, sembari kita aduk-aduk dan sampai bergelembung atau meletup-letup.
  5. Setelah itu kita matikan api dan angkat, kemudian adonan kita biarkan menjadi dingin.
  6. Sesudah dingin, kita aduk-aduk adonan hingga lembut dengan menggunakan blender atau mixer.
  7. Setelah lembut kemudian kita tuangkan adonan ice craem kedalam cetakan, lalu masukkan dalam frezer hingga membeku.

Manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan

1. Kaya akan serat

Ubi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Bahkan dibanding dengan kentang, ubi ungu lebih tinggi kandungan seratnya.

Dalam satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 4 gram serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi 15 persen dari nilai harian asupan serat. Sementara dalam satu buah kentang ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9 persen dari nilai harian asupan serat. 

Tingginya kandungan serat dalam ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, serat membuat Anda merasa kenyang setelah makan dan mennjaga nafsu makan.

Ubi ungu juga mengandung jenis serat tertentu yang disebut pati resisten. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Biomedical and Enviromental Science, diet yang kaya akan pati resisten membantu mengurangi risiko obesitas.

Selain itu, asupan serat yang cukup juga dapat menjaga kadar kolesterol Anda tetap rendah, melindungi dari dari penyakit kardiovaskuler, serta mengurangi risiko kenaikan gula darah. 

2. Mengandung karbohidrat kompleks

Dalam satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Sekilas hal tersebut mungkin tidak terdengar terlalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi karena rendah kalori dan tinggi nutrisi, ubi ungu dapat memberikan Anda asupan energi tambahan yang menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan.

Selain itu, kandungan karbohidrat sehat ini juga membantu otak Anda memproduksi glukosa, yang dapat meenjaga konsentrasi dan membuat Andaokus. Tentu, hal ini penting bagi Anda supaya bisa tetap fokus menjalani diet.

3. Membantu mengontrol gula darah

Warna ungu dari ubi ungu berasal dari senyawa yang disebut anthocyanin, yang diketahui memiliki sifat antioksidan kuat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan anthocyanin dalam ubi ungu membantu menekan lonjakan gula darah setelah makan akibat resistensi insulin. Hal ini membuat ubi ungu memiliki manfaat untuk membantu mengelola kadar glukosa darah dan berpotensi mengurangi komplikasi dari penyakit diabetes.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut para peneliti, mengonsumsi ubi ungu efektif mengurangi tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi. Sayuran, buah-buahan, atau umbi-umbian berwarna ungu kaya akan karotenoid, asam fenolat, dan antosianin, yaitu zat pemberi warna ungu yang memiliki sifat antioksidan. Fungsi antioksidan tersebut ialah mengurangi peradangan kronis yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke.
Ubi ungu juga memiliki kadar kalium dan asam klorogenik yang tinggi. Zat ini dinilai mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Dan tahukah Anda jika ubi ungu lebih baik dimakan beserta dengan kulitnya? Cara ini dirasa paling baik untuk mendapatkan khasiat maksimal antioksidan dari ubi ungu.

5. Menjaga berat badan

Ubi ungu baik dikonsumsi oleh penderita obesitas. Dalam sebuah penelitian kecil terhadap pasien obesitas disimpulkan bahwa menambahkan dua porsi ubi ungu setiap hari selama satu bulan dalam asupan makanan tidak akan membuat berat bedan naik. Sekaligus, tekanan darah mereka pun berkurang.

6. Antikanker

Ubi berwarna, seperti ubi ungu, memiliki jumlah komponen antikanker yang tinggi. Sekali lagi, ini berkat antioksidan yang kerap kali dikaitkan dapat mengurangi risiko kanker. Asupan makanan yang kaya antioksidan, seperti karotenoid, dapat menetralkan radikal bebas sehingga menurunkan risiko kanker lambung, ginjal, usus besar, dan payudara. Namun perlu diingat bahwa sifat antikanker tersebut hanya berlaku jika ubi ungu dalam keadaaan segar. Jika sudah disimpan selama beberapa bulan, sifat antikanker ubi ungu akan berkurang.

Sekian cara membuat es krim ubi ungu ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.