Kali ini akan berbagai mengenai cara membuat es krim rosella yang berbeda dari sebelumnya dan pastikan anda harus mencobanya.

Yah Rosella, Siapa sih yang tidak tau tentang bunga yang satu ini?.  Rosella sendiri adalah bunga yang biasanya digunakan untuk bahan membuat rasa sirup, minuman, dan kue

Bunga rosella ini adalah bunga yang cantik bunga ini berasal dari benua afrika. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan di dalam buah ini mengkhonsumsi bunga rosella ini adalah bisa meredakan batuk,meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan mencegar persebaran kanker dalam tubuh.

Bosan dengan membuat es krim yang rasa es krim yang itu-itu saja?. Nah untuk kalian yang suka dengan es krim atau bahkan suka membuatnya sendiri di rumah, kalian bisa membuat es krim rosella yang nikmat dan lezat dan lezat disantap bersama keluarga tercinta di rumah.

Untuk es krim yang satu ini kalian hanya membutuhkan bahan-bahan yang bisa anda dapatkan di sekitar anda. Harga dari bahan-bahan tersebut tidaklah menguras kantong anda karena harga bahan tersebut mudah dijangkau untuk kantung anda. Bahan utama dari es krim rosella, yang pastinya dalah buah rosella yang diambil kelopak bunga rosell lalu di keringkan.

Banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita di dalam bunga rosella. Untuk hal itu maka kali ini kami akan membagikan resep cara membuat es krim rosella yang mudah di buat sendiri di rumah dan tentunya sehat untuk tubuh.

Cara Membuat Es Krim Rosella yang Bikin Nambah Terus

es krim rosella1

Bahan Untuk Membuat Es Krim Rosella :

  1. 500 ml santan dari 1 butir kelapa.
  2. 100 gram gula pasir.
  3. 150 gram rosella segar,blender.
  4. 50 gram tepung sagu.
  5. ¼ sendok teh garam.
  6. 1 lembar daun pandan,sobek-sobek.
  7. 1 sendok makan SP (di tim).
  8. Cetakan es loli / cup-cup kecil.

Langkah Dan Cara Membuat Es Krim Rosella :

  1. Campur santan dengan gula pasir, rosella,tepung sagu,dan garam,aduk rata.
  2. Tambahkan daun pandan,setelah mendidih,angkat,dinginkan.
  3. Tuangkan kedalam ke dalam wadah dan simpan didalam freezer hingga beku.
  4. Keluarkan wadah yang berada di dalam kulkas lalu keruk-keruk es dengan garpu.
  5. Jika adonan es sudah hancur, masukkan SP yang sudah ditim. Mixer adonan sampai mengembang dan kental. Jika sudah mengental dan mengembang masukkan ke dalam cetakan es loli dan kasih stik es krim di tengahnya atau tuangkan adonan kedalam cup-cup kecil yang sudah kamu siapkan
  6. Lalu masukan ke dalam frezzer hingga beku minimal 8 jam.
  7. Sajikan setelah beku dan mengeras. Anda bisa menambahkan topping sesuka anda di atasnya atau dicampurkan dalam adonan es krim rosella tersebut.
  8. Jika anda ingin membuat es krim rosella dengan tekstur yang lebih lembut lagi anda bisa menggunakan mesin es krim dalam proses pembuatannya.

Manfaat Es Krim Rosella Bagi Kesehatan:

1. Mengatasi infeksi dan peradangan

Bunga rosella memiliki kandungan vitamin  C yang cukup tinggi. Vitamin C yang ada di dalam bunga rosela bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Jadi, manfaat bunga rosella bisa untuk mengobati beberapa penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri atau adanya peradangan. Bunga rosela bisa meredakan nyeri haid, demma, batuk, pilek, dan lainnya.

2. Mengurangi rasa cemas dan depresi

Bunga rosella ternyata juga memiliki manfaat terhadap kondisi tubuh secara psikis. Manfaat bunga rosella bisa untuk mengurangi rasa cemas dan depresi karena suatu hal tertentu. Ini dikarenakan rosella mengandung flavonoid.

Flavonoid yang terkandung di dalam bunga rosela memiliki sifat antidepresan. Pengonsumsian bunga rosela baik dalam bentuk teh maupun olahan lainnya bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan santai.

3. Mencegah tumor dan kanker

Tumor dan kanker adalah masalah medis yang sangat serius dan menyeramkan. Oleh karena itu, cegahlah sebelum hal itu menyerang Anda. Anda bisa mengonsumsi bunga rosella untuk mencegah tumor dan kanker karena rosela mengandung zat antioksidan dan antikarsinogenik.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Kondisi kesehatan saluran pencernaan sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Saluran pencernaan yang sehat juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Oleh karena itu, kesehatan saluran pencernaan harus tetap dijaga.

Bunga rosella bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Pengonsumsian bunga rosela bisa melancarkan buang air besar sehingga bisa mengatasi sembelit atau sulit buang air besar.

5. Menjaga kesehatan organ hati

Manfaat bunga rosela bisa menjaga kesehatan organ hati agar terhindar dari berbagai jenis masalah medis. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam bunga rosella terbukti mampu mengobati masalah atau gangguan hati.

Kandungan antioksidan pada bunga rosella bisa menangkal radikal bebas dan menetralisir racun yang ada di jaringan dan sel-sel tubuh. Ini membuat kerja hati menjadi lebih ringan karena racun-racun di dalam tubuh sudah banyak terbuang oleh antioksidan.

6. Menurunkan kadar lipid darah

Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan dan organ hati, manfaat bunga rosella juga bisa menjaga kesehatan organ jantung dan pembuluh darah. Bunga rosela bisa menurunkan kadar terigliserida dan kolesterol jahat atau kolesterol LDL di dalam tubuh.

Kadar trigliserida dan kolesterol LDL yang rendah sangat berdampak pada sistem kardiovaskular Anda. Jantung dan pembuluh darah akan tetap sehat jika kadar kolesterol LDL dan trigliserida tetap rendah di dalam darah.

Sekian cara membuat es kri rosella ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.