Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat es krim nangka dengan mudah dan enak. Namun, tahukah kamu apa itu es krim nangka?? Mari kita simak….

Hello pencinta es krim, kali Ini mesin es krim mengulas tentang cara membuat es krim yang berbeda dengan biasanya dan tentunya lezat dinikmati. Yah, siapa yang tidak suka dengan es krim?,  pastinya kalian semua suka dengan olahan makanan yang satu ini. Biasanya kalian hanya menikmati es krim rasa coklat, vanilla, strawbbery saja. Tapi pernah kah anda menikmati es krim rasa nangka?.

Memang di jaman dahulu nangka dijadikan sebagai campuran dala pembuatan es puter. tapi terkstur dari es puter tersebut tidak lah selembut es krim sekarang. Tapi Es Krim Puter jaman dahulu tidak kalah lezat dengan es krim jaman sekarang.

Membuat Es krim nangka sendiri juga lebih menyenangkan dan anda bisa berkumpul dengan keluarga anda dan bisa mengisi waktu luang yang anda miliki bersama keluarga. Jika anda membuat es krim sendiri untuk keluarga anda itu juga adalah salah satu cara untuk mengantisipasi agar keluarga tidak terkena penyakit karena memakan es yang dijual di luar sana yang mengandung banyak pemanis dan perwarna makanan yang menyebabkan sakit.

Cara Membuat Es Krim Nangka Nggak Pake Ribet

es krim nangka2

Bahan Untuk Membuat Es Krim Nangka :

  1. 100 Gram whipped cream bubuk.
  2. 250 Susu UHT plain (dinginkan terlebih dahulu di freezer minimal 4 jam).
  3. 125 Mililiter susu kental manis putih.
  4. 200 gram nangka.

es krim nangka

Langkah Dan Cara Membuat Es Krim Nangka :

  1. Pertama potong nangka dengan bentuk dadu. (Sisihkan sedikit potongan buah nangka tersebut untuk toppingnya nanti).
  2. Masukkan nangka yang sudah di potong dadu dan susu kental manis kedalam blender. Blender nangka dengan susu kental manis putih sampai rata, disisihkan.
  3. Tuangkan whipped cream dan susu UHT kedalam baskom. Mixer whipped cream dan susu uht plain dingin selama 15 menit.
  4. kedua campuran tersebut sudah mengembang. Tambahkan hasil blenderan dan dimixer lagi kurang lebih 30 menit.
  5. Jika sudah tercampur rata dan mengembang masukkan buah nangka cincang kedalam adonan. Aduk dengan menggunakan sendok agar buah nangka tercampur rata.
  6. Adonan es krim kedalam wadah kemudian masukkan kedalam freezer selama 3 jam.
  7. Setelah 3 jam di dalam freezer, keluarkan adonan es krim dan kocok dengan mixer lagi hingga halus. Masukkan kedalam freezer lagi dan tunggu hingga membeku. Es krim nangka siap disantap.

sekarang membuat es krim menjadi simpel dengan menggunakan mesin es krim yang gampang penggunaannya.

Manfaat Nangka Kesehatan

1. Kanker

Manfaat nangka yang pertama adalah kemampuannya mengatasi kanker. Penyakit kanker sebenarnya bisa diobati hanya dengan mengonsumsi buah nangka secara rutin. Hal ini dikarenakan buah nangka memiliki banyak antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien yang mampu mencegah stres oksidatif penyebab timbulnya sel kanker.

Selain itu, vitamin C yang terkandung pada nangka juga mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang membantu mencegah kanker payudara. Jika semua zat dan nutrisi tersebut digabungkan, membuat nangka menjadi makanan yang berpotensi untuk melawan kanker.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat nangka penting lainnya adalah menjaga kepadatan tulang. Tulang sangat penting untuk dijaga kesehatannya agar tidak muncul masalah seperti tulang keropos. Pada umumnya, banyak orang menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium.

Namun, kalsium tidak hanya didapatkan dari susu, buah nangka juga mengandung kalsium yang jumlahnya lebih banyak serta mengandung vitamin C yang membantu menyerap lebih banyak kalsium. Oleh karenanya, tulang Anda akan menjadi lebih padat dan terhindar dari masalah tulang keropos.

Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Karenanya mengonsumsi nangka setiap hari akan membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit tulang seperti osteoporosis dan arthritis. Kandungan potasium dalam buah nangka juga berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuat

Sementara itu, kandungan magnesium pada buah nangka memiliki fungsi untuk menguatkan tulang dan memberi asupan makanan pada tulang. Magnesium berfungsi dalam penyerapan kalsium dan inilah yang membuat tulang tidak mudah keropos.

3. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah dalam tubuh haruslah stabil. Sebab, jika tekanan darah terlalu tinggi akan menimbulkan penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung , stroke, dan lainnya.

Begitu pula dengan kondisi tekanan darah yang terlalu rendah juga tidak akan baik untuk kesehatan Anda. Guna mengatasi tekanan darah yang tidak stabil itu, karenanya Anda harus mendapatkan manfaat nangka. Manfaat buah nangka dipercaya menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Hal ini dikarenakan buah nangka mengandung potassium yang mengatur kadar natrium, sehingga membantu mempertahankan kenaikan tekanan darah. Potasium merupakan senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah nangka agar peredaran darah Anda tetap teratur.

Perlu diketahui, manfaat nangka tidak hanya terbatas hanya di dagingnya saja. Ternyata daunnya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan, daun nangka memiliki kandungan tertentu yang bisa mengurangi kadar gula darah.

4. Mencegah anemia

Saat tubuh kekurangan darah merah atau anemia, maka Anda akan merasa lemas dan letih yang membuat Anda enggan untuk melakukan banyak aktivitas. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mendapatkan manfaat buah nangka guna mengatasi kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh

Sekian cara membuat es krim nangka ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.