Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat es krim lidah buaya dengan mudah dan enak. Namun, tahukah kamu apa itu es krim lidah buaya?? Mari kita simak…

Kali ini mesin es krim akan membahas tentang bagaimana cara membuat es krim lidah buaya. Pasti teman-teman disini sudah tau semua kan apa itu lidah buaya. Tumbuhan yang kaya akan manfaat ini sering dijumpai dimana saja.

Aloe Vera atau dikenal dengan lidah buaya, merupakan tumbuhan berduri yang berasal dari daerah kering benua Afrika. Pada zaman dahulu tumbuhan ini digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit.

Namun diera perkembangan zaman seperti ini lidah buaya tidak hanya digunakan sebagai obat-obatan saja, melainkan untuk dimakan menyehatkan tubuh kita. Ternyata lidah buaya bisa kita jadikan es krim loh temen-temen. Di Indonesia saja baru beberapa orang yang menciptakan inovasi membuat es krim dari lidah buaya.

Untuk itu mesin es krim akan berbagi cara membuat es krim lidah buaya yang mudah dibuat sendiri dan juga menyehatkan. Selain bahan-bahan yang mudah didapat, cara pembuatannya pun juga cukup mudah. Penasarankan gimana cara membuat es krim lidah buaya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Es Krim Lidah Buaya yang Enak dan Hitz

es krim lidah buaya

Bahan-bahan :

  1. 250g Lidah Buaya
  2. Air 150ml
  3. Gula pasir secukupya
  4. Susu kental manis secukupnya
  5. whipped cream 120g

Cara Membuat :

  1. kupas kulit lidah buaya, ambil dagingnya saja.
  2. kemudian potong dadu, beri garam untuk menghilangkan lendirnya.
  3. Lalu rebus lidah buaya hingga matang
  4. Setelah itu, mixer lidah buaya dan whipped cream secara perlahan-lahan
  5. Tambahkan sedikit demi sedikit air, gula pasir, dan susu kental manis. MIxer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.
  6. Setelah itu tuang kedalam cetakan dan masukkan ke dalam Freezer hingga membeku.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit Wajah

Berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah adalah:

1. Melembapkan kulit

Apa pun jenis kulit kamu, pelembap tetap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

3. Membantu menghaluskan permukaan kulit

Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit. Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.

4. Mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

5. Membantu meredakan radang dan gatal

Di bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang memiliki khasiat antiradang dan antimikroba. Khasiat ini berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.

6. Menyebabkan alergi kulit

Pemakaian gel lidah buaya dalam jangka lama bisa menyebabkan alergi kulit seperti peradangan, gatal-gatal dan kemerahan pada kelopak mata. Efek lainnya terhadap kulit termasuk pengeringan, pengerangan, perkembangan bintik ungu dan pecah-pecah. Selain itu, mengoleskan gel dan keluar di bawah sinar matahari bisa menyebabkan ruam kulit dan iritasi atau kemerahan dan terbakar.

7. Menurunkan gula darah

Lidah buaya dikenal menurunkan level gula darah. Tapi, diabetesi atau penderita diabetes harus berhati-hati saat mengonsumsi lidah buaya. Jika Anda hendak operasi, maka ada baiknya tidak mengonsumsi lidah buaya setidaknya 2 pekan sebelum operasi karena lidah buaya bisa mempengaruhi level gula darah dan mengintervensi kontrol gula darah selama dan setelah operasi.

8. Komplikasi dalam kehamilan dan menyusui

Baik gel ataupun lateks lidah buaya mungkin tidak aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Alasannya, lidah buaya bisa merangsang kontraksi uterus dan menyebabkan komplikasi seperti keguguran dan meningkatkan risiko bayi mengalami cacat lahir. Sementara, bayi bisa terpengaruh kondisinya jika ibu yang sedang menyusuinya mengonsumsi jus lidah buaya.

9. Keracunan hati

Dosis tinggi lidah buaya bisa menyebabkan peradangan hati. Keberadaan banyak senyawa bioaktif seperti C-glycoside, anthraquinone, anthrone, lectin, polymannan dan mannan terasitilasi di dalam lidah buaya bisa mengintervensi proses detoksifikasi liver dan ini bisa menyebabkan kerusakan hati.

Sekian cara membuat es krim lidah buaya ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.