Cara membuat dimsum frozen anti gagal. Bagi Anda yang sering merasa bosan di masa pandemi ini, Anda bisa langsung mempraktekkan resep berikut ini di rumah.

Dimsum saat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan khas dari negeri Tiongkok ini sekarang bisa kita temui dengan mudah di sekitar kita.

Kata dimsun berasal dari bahasa kantonis yang berarti “makanan kecil”. Biasanya dimsun dimakan sebagai sarapan pagi. Dimsun sendiri terdiri dari berbagai macam makanan kecil yang biasanya merupakan makanan pendamping minum teh.

Ada beberapa macam makanan olahan dimsun, seperti bakpao, fung zau, siomai, dumpling, hakau, gyoza, dan xialongbao.

Namun, di indonesia mayoritas masyarakat istilah dimsum berarti makanan olahan yang dikukus dengan isian daging (ayam, ikan, atau udang) dan dilapisi dengan kulit pangsit.

Dimsum paling enak dimakan saat masih hangat dan disajikan bersama dengan saos pelengkap.

Namun, di masa pandemi covid-19 seperti saat ini mengharuskan kita menjaga jarak terutama pada fasilitas umum seperti restoran aktifitas dan jam operasionalnya dibatasi. Belum lagi dengan diberlakukannya PSBB, kita hanya bisa dirumah sepanjang hari.

Hal itu tak membuat para pengusaha kuliner hilang akal yang kemudian berinovasi dan dibuatlah dimsum frozen. Dimsum frozen adalah dimsum yang masih mentah dan bisa dijadikan stok makanan Anda. Dimsum frozen ini bisa Anda simpan di dalam freezer kulkas maupun freezer box.

Sebelum Anda mencoba membuat dimsum sendiri di rumah, perhatikan dan pahami terlebih dahulu bagaimana cara membuat dimsum berikut ini.

Cara Membuat Dimsum Frozen

cara membuat dimsum frozen

Bahan-bahan :

  • 200 gr ayam fillet, cincang kasar
  • 100 gr udang kupas, cincang kasar
  • 4 sdm tepung sagu
  • 3 siung bawang putih dihaluskan
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/8 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1 sdt kecap asin
  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 jamur shitake, potong kotak kecil
  • 1 daun bawang, iris
  • 1 buah wortel yang sudah diparut
  • 50 ml air es
  • Kulit siomay secukupnya

Cara membuat :

  1. Cincang kasar ayam fillet dan udang yang telah dikupas. Jika menginginkan tekstur yang lebih halus, Anda bisa menggunakan chopper.
  2. Kemudian campurkan cincangan ayam, udang, potongan jamur shitake, bawang putih halus, daun bawang, kecap asin, lada, garam, gula pasir, minyak wijen, telur dan air es. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Selanjutnya, masukkan tepung sagu dan aduk kembali hingga adonan rata.
  4. Ambil kulit pangsit, basahi dengan sedikit air agar teksturnya lembut saat matang.
  5. Siapkan kukusan. Sambil menunggu air mendidih, Anda bisa memulai untuk membungkus dimsumnya. Ambil 1 sdm adonan, letakkan di kulit pangsit. Kemudian pilin-pilin kulit pangsit dengan rapi hingga tertutup bagian sampingnya.
  6. Tambahkan parutan wortel di bagian atas dimsum. Lakukan hal yang sama hingga adonan dan kulit pangsit habis.
  7. Terakhir, kukus dimsum selama 30 menit. Setelah matang, angkat lalu sajikan dimsun dengan saus.

Dimsum akan lebih nikmat jika disantap saat masih hangat. Apalagi ditambahkan dengan saos sambal.

Dimsum Frozen

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk membuat dimsum sendiri karena tuntutan pekerjaan ataupun kesibukan lainnya, Anda tak perlu khawatir, karena dimsum juga dijual dalam bentuk kemasan. Dimsum dalam kemasan ini bisa langsung Anda kukus, ataupun anda jadikan stok di rumah.

Banyak masyarakat memilih membeli dimsum frozen karena lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu. Anda bisa menyimpan dimsum frozen di dalam freezer kulkas maupun dalam Freezer Box. Penyimpanan dalam freezer ini mampu membuat dimsum menjadi lebih awet dan mudah rusak.

Ketika Anda tiba-tiba menginginkan camilan, Anda bisa langsung mengukus atau menggorengnya sebentar. Sangat praktis bukan? Yuk praktekkan resep dimsum tadi di rumah!  Jangan lupa share informasi ini ke teman atau kerabat kamu ya! Selamat mencoba ^^ .

Untuk mendapakan informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi website kami hanya di Vagus Net.