Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat capcay goreng dengan mudah dan enak. Namun, tahukah kamu apa itu capcay?? mari kita simak…

Capcay (pinyin: zasui)  adalah dialek dari Hokkian yang berarti harfiah “aneka ragam sayur”. Capcay adalah nama hidangan khas dari Tionghoa yang sangat populer sekali dan  khas ini karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran ini juga tidaklah tentu, namun kita banyak yang salah kaprah menganggap dan mengira bahwa capcai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti “sepuluh sayur”. Cap di dalam dialek Hokkian ini juga berarti sepuluh dan Cay artinya sayur. mesin vacuum sealer.

Cara Membuat Capcay Goreng Paling Maknyusss

capcay

Bahan

  • 1bungkus kekkian ayam
  • 100gr fillet daging ayam
  • 2ikat sawi caisim
  • 1lembar kembang kol
  • 2siung bawang putih
  • 2sdm Bango Kecap Manis
  • 1sdm Royco Kaldu Ayam
  • 1buah tomat
  • 1buah wortel
  • 1sdt merica putih bubuk
  • 2sdm minyak goreng
  • 1sdm saus tomat
  • ½gelas air
  • 1sdm bawang merah goreng

Cara Membuat

1. Panaskan minyak, kemudian kita tumis bawang putih hingga harum.
2. Masukkan fillet daging ayam, kemudian aduk hingga warnanya berubah.
3. Tambahkan wortel, kol, tomat, dan sawi caisim.
4. Masukkan Kecap Manis Bango, air, saus tomat, lada bubuk putih dan Royco Kaldu Ayam.
5. Tambahkan sedikit air dan aduk sebentar hingga ayam empuk.
6. Masukkan kekian ayam dan aduk lagi hingga matang.
7. Taburkan bawang merah goreng dan sajikan

Manfaat Sayur CapCay Bagi Kesehatan:

1. Bergizi tinggi namun rendah lemak
Sayur mayur dan buah-buahan ini sama saja, keduanya rendah lemak namun memiliki jumlah mineral dan vitamin yang tinggi. Semua jenis sayuran, seperti sayur mayur yang berdaun hijau dan orange ini merupakan sumber dari sayuran yang kaya kalium, kalsium, magnesium, zat besi, beta– karoten, vitamin B– kompleks, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

2. Sayur sebagai sumber antioksidan
Sama halnya ini dengan buah-buahan, sayur mayur ini juga memiliki banyak kandungan zat antioksidan. Ia adalah zat yang sangat berperan penting , terutama untuk membantu melindungi tubuh manusia dari melindungi tubuh manusia dari penyakit, menyingkirkan oksidan dan meminimalisir resiko kanker.

Zat oksidan, atau juga sering disebut juga dengan radikal bebas, yaitu molekul yang beracun dan merusak bio molekul dalam sel. Karena ini juga bisa bersifat merusak (mengoksidasi) bio molekul sehat dalam sel, maka oksidan yang tak tertanggulangi ini juga dapat menyebabkan penyakit berat seperti jantung dan kanker.

3. Sumber Serat Tinggi
Sayur-sayuran ini banyak mengandung serat larut dan serat yang tidak larut. Zat yang disebut dengan serat ini juga sangat berguna sekali agar menyerap kelebihan air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban dalam kotoran, dan membantu pengeluaran feses dari tubuh.

4. Menghindari Kegemukan
Mayoritas jenis ini sayuran yang ada adalah sangat rendah lemak dan kalori. Daftar panjang sayuran yang memiliki kalori rendah ini kurang dari 20 per 100 g, adalah seperti blonceng, pare, kubis, bayam, labu, sawi, terong, dll.

Hasil eksperimen ini menyatakan bahwa makan-makanan yang memiliki kalori rendah namun kaya nutrisi bisa membantu tubuh tetap sehat dan bebas penyakit. Jadi lebih banyak mengonsumsi sayur mayur  bisa membuat kita tetap fit, sekaligus menghindari dari obesitas.

5. Membuat Sehat, Cantik dan Terlihat Awet Muda
Diet tinggi sayuran ini tidak hanya bisa membuat kita merasa lebih baik, juga akan membuat kita lebih sehat. Suplemen yang ada di pasaran ini tidak akan melampaui manfaat vitamin dari sumber alami.

Sekian cara membuat capcay goreng ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.